Ansharuddin Curhat, Eh Wabup Balangan Maradang INNALILLAHI, Anggota TNI Ditemukan Membusuk di Indekos Banjarmasin Kesbangpol dan KPU Jamin Hak 8.620 Pemilih Difabel di Kalsel Terpenuhi Tabir Kematian 2 Bocah di Benawa HST, Korban Dipocong Hidup-Hidup oleh Ibu Kandung Pembunuhan Wakar di Kelayan B Sudah Direncanakan, Pelaku Khilaf karena Luka Lama

Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam

- Apahabar.com Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:42 WIB

Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam

Officer Communication & Relation Pertamina Area Kalimantan, Fajri Pradana Putra (dua dari kanan) befoto bareng Lurah Lawe-Lawe dan warga saat pembukaan lahan calon Kampung Inggris di Lawe-Lawe, Sabtu. Foto-Antara

apahabar.com, PENAJAM – PT Pertamina (Persero) Revinery Unit V Balikpapan berandil besar dalam pembangunan kampung Inggris di Penajam Paser Utara (PPU).

BUMN migas ini akan membantu pengembangan kampung di Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam.

Pembangunan kampung tersebut bakal dilakukan secara bertahap. Saat ini masih dilakukan pembukaan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

“Kalau pengajuan dari yayasan untuk pembangunan infrastruktur Kampung Inggris sekitar Rp300 juta, sedangkan dari kami akan menyetujui anggarannya secara bertahap,” ujar Officer Communication & Relation Pertamina Area Kalimantan, Fajri Pradana Putra di Penajam, Sabtu (15/2) dilansir apahabar.com dari Antara.

Pembukaan lahan calon Kampung Inggris ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, Hamdam. Persetujuan bertahap ini dilakukan karena Pertamina ingin proses pembangunannya juga dilakukan bertahap, sambil melihat respon masyarakat dalam pemanfaatan sarana prasarana yang telah disiapkan. Termasuk yang saat ini pihaknya hanya membantu pembersihan lahan.

Ia ingin tahap awal setelah lahan tersebut siap adalah membangun pendopo. Setelah pendopo jadi dan respons masyarakat besar terhadap infrastruktur itu, termasuk antusias proses transfer keterampilan berbahasa Inggris juga tinggi, baru kemudian dilanjutkan menambah fasilitas lain.

Ia berharap setelah pendopo terbangun, infrastruktur itu bukan hanya digunakan untuk belajar bahasa Inggris, namun lokasinya bisa menjadi Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM), seperti kegiatan Karang Taruna, Posyandu, maupun lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Kami berharap kawasan Kampung Bahasa Inggris ini menjadi pusat pembelajaran yang terintegrasi dengan berbagai hal seperti pertanian, perkebunan, peternakan, pemberdayaan, pendidikan, bahkan pelestarian yang interkoneksi dengan kemampuan berbahasa Inggris,” ucap Fajri.

Dilanjutkannya, Pertamina bersedia membantu pengembangan Kampung Inggris yang digagas oleh Yayasan Sansis Children Village karena ada beberapa pertimbangan, pertama adalah karena kegiatan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu di Pendopo Kelurahan Lawe-Lawe dengan jumlah warga belajar cukup banyak.

Kedua adalah karena Kelurahan Lawe-Lawe merupakan wilayah ring satu bagi Pertamina, yakni adanya Terminal Lawe-Lawe, ketiga adalah sebelumnya Pertamina sudah melakukan pendataan dan menemukan bahwa pola pemberdayaan dan pendidikan keterampilan Bahasa Inggris ini diyakini akan terus berlanjut.

“Dalam pengembangan Kampung Inggris ini Pertamina tidak ingin eksklusif, maka dipersilakan CSR dari perusahaan lain untuk masuk membantu mengembangkan SDM lokal. Mari kita bergandengan tangan untuk sama-sama membangun daerah,” ucap Fajri.

Baca Juga: Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam

Baca Juga: Keinginan Perusda di Barito Utara Ditolak Pertamina

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Cerita Wagub Hadi Sering Digabungkan dalam Grup WA
apahabar.com

Kaltim

Bentrokan Dua Kelompok Pemuda di Penajam, Satu Tewas Ditusuk
apahabar.com

Kaltim

Kabupaten Termuda di Kaltim Hijau, Balikpapan Merah
apahabar.com

Kaltim

Diamankan Pasca Tagih Utang Proyek, 13 Anggota Ormas di Samarinda Positif Narkoba
apahabar.com

Kaltim

BPBD Petakan Titik Rawan Banjir di Calon Ibu Kota RI
apahabar.com

Kaltim

Tiga Kali Kirim Wartawan, Jepang Tertarik dengan Kaltim?
apahabar.com

Kaltim

HUT TNI, Kapolres Samarinda Kejutkan Korem
apahabar.com

Kaltim

Masjid Agung Penajam Bakal Disulap Mirip Masjid Nabawi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com