ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Kaltim

Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:42 WIB

Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam

Redaksi - apahabar.com

Officer Communication & Relation Pertamina Area Kalimantan, Fajri Pradana Putra (dua dari kanan) befoto bareng Lurah Lawe-Lawe dan warga saat pembukaan lahan calon Kampung Inggris di Lawe-Lawe, Sabtu. Foto-Antara

Officer Communication & Relation Pertamina Area Kalimantan, Fajri Pradana Putra (dua dari kanan) befoto bareng Lurah Lawe-Lawe dan warga saat pembukaan lahan calon Kampung Inggris di Lawe-Lawe, Sabtu. Foto-Antara

apahabar.com, PENAJAM – PT Pertamina (Persero) Revinery Unit V Balikpapan berandil besar dalam pembangunan kampung Inggris di Penajam Paser Utara (PPU).

BUMN migas ini akan membantu pengembangan kampung di Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam.

Pembangunan kampung tersebut bakal dilakukan secara bertahap. Saat ini masih dilakukan pembukaan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

“Kalau pengajuan dari yayasan untuk pembangunan infrastruktur Kampung Inggris sekitar Rp300 juta, sedangkan dari kami akan menyetujui anggarannya secara bertahap,” ujar Officer Communication & Relation Pertamina Area Kalimantan, Fajri Pradana Putra di Penajam, Sabtu (15/2) dilansir apahabar.com dari Antara.

Pembukaan lahan calon Kampung Inggris ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, Hamdam. Persetujuan bertahap ini dilakukan karena Pertamina ingin proses pembangunannya juga dilakukan bertahap, sambil melihat respon masyarakat dalam pemanfaatan sarana prasarana yang telah disiapkan. Termasuk yang saat ini pihaknya hanya membantu pembersihan lahan.

Ia ingin tahap awal setelah lahan tersebut siap adalah membangun pendopo. Setelah pendopo jadi dan respons masyarakat besar terhadap infrastruktur itu, termasuk antusias proses transfer keterampilan berbahasa Inggris juga tinggi, baru kemudian dilanjutkan menambah fasilitas lain.

Ia berharap setelah pendopo terbangun, infrastruktur itu bukan hanya digunakan untuk belajar bahasa Inggris, namun lokasinya bisa menjadi Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM), seperti kegiatan Karang Taruna, Posyandu, maupun lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Kami berharap kawasan Kampung Bahasa Inggris ini menjadi pusat pembelajaran yang terintegrasi dengan berbagai hal seperti pertanian, perkebunan, peternakan, pemberdayaan, pendidikan, bahkan pelestarian yang interkoneksi dengan kemampuan berbahasa Inggris,” ucap Fajri.

Dilanjutkannya, Pertamina bersedia membantu pengembangan Kampung Inggris yang digagas oleh Yayasan Sansis Children Village karena ada beberapa pertimbangan, pertama adalah karena kegiatan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu di Pendopo Kelurahan Lawe-Lawe dengan jumlah warga belajar cukup banyak.

Kedua adalah karena Kelurahan Lawe-Lawe merupakan wilayah ring satu bagi Pertamina, yakni adanya Terminal Lawe-Lawe, ketiga adalah sebelumnya Pertamina sudah melakukan pendataan dan menemukan bahwa pola pemberdayaan dan pendidikan keterampilan Bahasa Inggris ini diyakini akan terus berlanjut.

“Dalam pengembangan Kampung Inggris ini Pertamina tidak ingin eksklusif, maka dipersilakan CSR dari perusahaan lain untuk masuk membantu mengembangkan SDM lokal. Mari kita bergandengan tangan untuk sama-sama membangun daerah,” ucap Fajri.

Baca Juga: Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam

Baca Juga: Keinginan Perusda di Barito Utara Ditolak Pertamina

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Demo Tolak Pabrik Semen Ricuh Lagi, AMPK: Statement Wagub Bukan Solusi
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Gandeng Daerah Lain Pacu Hilirisasi Produk
apahabar.com

Kaltim

Kabar Gembira, 3 Menara Telekomunikasi di Mahulu Segera Aktif
apahabar.com

Kaltim

Dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Baqa, Kepala Dinas Pasar Samarinda Ditahan
apahabar.com

Kaltim

Resmi, Syarifuddin HR Jadi Pilihan Urang Banjar di Ibu Kota RI
apahabar.com

Kaltim

Warga Kalimantan Tuntut UU Minerba Dibatalkan
apahabar.com

Kaltim

Protes Pembatasan Batu Bara, Kaltim Bersurat ke Jokowi
apahabar.com

Kaltim

Pekan Depan, Rusia Dijadwalkan Tinjau Proyek KA Kaltim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com