BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Biar Tak Boros, Mau Tau Caranya?

- Apahabar.com Senin, 10 Februari 2020 - 07:00 WIB

Biar Tak Boros, Mau Tau Caranya?

Ilustrasi perencanaan keuangan. Foto-kavuitimur.wordpress.com

apahabar.com, JAKARTA – Pengelolaan keuangan pribadi itu urusan wajib. Lantas bagaimana caranya agar tidak boros?

Untuk mengelola keuangan, kita harus mengetahui prinsip dalam mengelola anggaran. Setelah itu, praktikan lah untuk mengatur pendapatan kita agar kondisi keuangan stabil.

Seperti dikutip buku ‘Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi’ karya Herlina P. Dewi yang terbit tahun 2015, langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengelola keuangan yaitu membuat buget bulanan.

Buget bulanan berfungsi agar alokasi uang terlihat jelas. Dengan membuat buget bulanan, maka kita tahu uang yang didapat akan dipakai untuk apa saja.

Sebaiknya segera alokasikan uang sesuai anggaran yang sudah dibuat sebelumnya saat sudah menerima gaji. Caranya yaitu dengan membaginya langsung ke dalam amplop-amplop yang sudah diberi nama agar lebih aman dan terkendali. Selain itu bisa juga langsung membayarkannya pada setiap awal bulan.

Kita harus disiplin dan teratur dalam menerapkan anggaran bulanan. Anggaran bulanan membantu kita mengontrol pengelolaan pendapatan selama sebulan.

Jika punya pinjaman, segera lunasi segala tagihan dan angsuran tersebut setelah menerima gaji. Sisihkan uang untuk membayar utang dan menabung. Hidup akan lebih ringan jika sudah membayar tagihan.

Jangan lupa untuk mencatat setiap uang yang digunakan. Semua pemasukan dan pengeluaran bulanan harus terkelola dengan baik yaitu dengan mencatatnya. Semua uang yang dikeluarkan harus sesuai anggaran bulanan. Jadi, biasakan untuk mencatat semua pengeluaran harian.

Milikilah rekening bank secukupnya. Semakin banyak rekening yang dimiliki, maka semakin banyak biaya administrasi yang harus ditanggung setiap bulan. Sebaiknya, pilihlah bank yang mempunyai biaya administrasi rendah.

Setelah membuat rencana anggaran dan mencatat semua pengeluaran harian, hitunglah pengeluaran yang sudah dilakukan pada akhir bulan. Bandingkan dengan bujet yang sudah dibuat.

Tindakan ini sangat penting dilakukan agar kita mengetahui apakah anggaran yang dibuat sesuai untuk kita atau malah defisit. Jika anggaran bulanan berbeda dari kenyataan, maka anggaran harus direvisi.

Lalu bandingkanlah pengeluaran bulanan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah dari setiap bulan pengeluaran kita konsisten atau berubah-ubah. (okz)

Baca Juga: Jokowi Sebut IA-CEPA Bakal Tingkatkan Keterbukaan Perdagangan dan Investasi

Baca Juga: Indonesia Harap IA-CEPA Tingkatkan Investasi Australia

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Target Apple di Awal Tahun Meleset, Harga Jual Menjadi Masalahnya
apahabar.com

Ekbis

Kucurkan Modal UMKM di Kalimantan, Pertamina Tunggu Partisipasi Pengusaha
apahabar.com

Ekbis

Dampak Banjir Jakarta, Soetta Siap Layani 21 Rute Pengalihan Bandara Halim
apahabar.com

Ekbis

Mengintip Kiat Sukses Habib Hamid, Petani Jamur Tiram asal Martapura
apahabar.com

Ekbis

Libur Nataru: Pesawat Naik, Tiket Bioskop di Banjarmasin juga Melonjak
apahabar.com

Ekbis

Kecemasan Terhadap Pandemi Mereda, Rupiah Ditutup Menguat
apahabar.com

Ekbis

Banyak Platform Online Tunjang Produktivitas di Era New Normal
Pemerintah

Ekbis

Tahun Ini, Pemerintah Proyeksikan Serapan Biodiesel 8,5 Juta Kiloliter
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com