Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting

- Apahabar.com Selasa, 4 Februari 2020 - 22:11 WIB

Cegah Anak Terjerumus Narkoba, Ririen Nadjmi: Perhatian Orang Tua Itu Penting

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani. Foto-Humas Pemko Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengingatkan pentingnya perhatian orang tua untuk membendung penyalahgunaan narkotika.

Ririen menyampaikan materi tentang “Peran Seorang Ibu Dalam Mencegah dan Menanggulangi Bahaya Narkoba” pada Acara Diseminasi Informasi P4GN melalui Talkshow Kepada Keluarga di Wilayah Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru, Selasa (4/1).

Tampak hadir Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Sugito, Lurah Landasan Ulin Barat M Faisal Rizal, Ketua TP PKK Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kasi Kesos Kecamatan Liang Anggang, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Kominfo Banjar Sediakan Media Center

Ririen menyampaikan tentang pengertian narkoba yang merupakan zat atau obat yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang (Ada yang tinggi dan rendah).

Sementara menurut Undang-Undang Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika adalah zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, dan bisa menyebabkan kecanduan.

“Semua istilah ini, baik “narkoba” atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai resiko kecanduan bagi penggunanya,” ujar Ririen.

Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.

“Namun kini presepsi itu disalahgunakan akibat pemakaian yang telah di luar batas dosis,” terangnya.

Menurutnya, masalah penyalahgunaan narkoba yang melibatkan generasi muda menjadi momok yang menakutkan bagi bangsa ini.

Generasi muda yang menjadi penerus cita-cita bangsa harusnya bebas dan bersih dari penyalahgunaan narkotika.

“Upaya pencegahan yang dapat dilakukan dalam keluarga antara lain menciptakan kedekatan dan komunikasi antara orang tua dan anak,” paparnya.

Yang mana, salah satu investasi waktu terbaik dan yang paling bijaksana adalah meluangkan waktu bersama keluarga.

“Interaksi orang tua dan anak sangat penting untuk menumbuhkan kedekatan di antara mereka, misalnya dengan mengobrol atau pergi bersama di waktu luang. Kedekatan ini penting untuk menciptakan rasa nyaman bagi anak-anak,” ungkap Ririen.

Mereka, lanjutnya, dapat menganggap orang tua selayaknya teman, dimana setiap permasalahan dapat mereka sampaikan kepada orang tua.

“Nah, yang berbahaya adalah ketika anak tidak berani menceritakan permasalahan yang ia dihadapi kepada orang tua,” sambungnya.

Untuk itu, salah satu bentuk komunikasi yang dapat dilakukan orang tua saat ini adalah dengan meluangkan sedikit waktunya untuk sekadar sms atau menelepon anak-anak mereka. “Anak akan merasa diperhatikan,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Sugito menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Banjarbaru yang telah bersinergi dengan BNN Kota Banjarbaru dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba di Kota Banjarbaru.

Baca Juga: Bupati Banjar Minta Penyuluh Tani Tak Gaptek!

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hotel Bandara Syamsuddin Noor, Jadi Kebanggaan Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Cara Pemkot Banjarbaru Lindungi Nakes dari Paparan Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Darmawan Jaya Resmikan Koperasi Syariah 212 Mart
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Demi Kelancaran Pembangunan Aerocity, Pemkot Banjarbaru Tak Ingin Terhambat Dana
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kunjungi Guntung Paikat, Pjs Wali Kota Banjarbaru Juga Ingin Penataan Sungai Kemuning
AMB MTB XC Dimulai, Nadjmi : Selamat Bersepeda!

Pemko Banjarbaru

AMB MTB XC Dimulai, Nadjmi : Selamat Bersepeda!
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Beri Pelayanan Terbaik, Pemkot Banjarbaru Raih Penghargaan dari Ombudsman
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pelatihan Pembuatan Tas Handmade Macrame Digelar di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com