Begal Sadis Mengintai Sopir Travel, Simak Imbauan Tim Macan Kalsel  Vonis Mati Pembawa Sabu Ratusan Kilo di Tabalong, Terdakwa Langsung Banding Dihantam Covid-19, Pajak Hiburan Kota Banjarmasin 0 Persen! Pembantaian Sekeluarga di Sigi Sulteng, TNI Terjunkan Pasukan Khusus Berjuang untuk Keluarga, Legimin Tetap Semangat Jualan Kerupuk di Tengah Pandemi

Cegah Erosi, Polres Kotabaru Tanam Ribuan Rumput Vetiver di Punggung Mamake

- Apahabar.com Sabtu, 29 Februari 2020 - 04:30 WIB

Cegah Erosi, Polres Kotabaru Tanam Ribuan Rumput Vetiver di Punggung Mamake

Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin, bersama Bupati Sayed Jafar, dan Forkopimda saat penanaman ribuan rumput di punggung gunung Mamake, Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Kepolisian Resort (Polres) Kotabaru, Kalimantan Selatan mengerahkan personelnya untuk menanam 2500 bibit rumput bernama Vetiver/ Chrysophogan Zizaionides.

Ribuan bibit rumput itu ditanam tepat di punggung pegunungan Mamake, Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Rabu kemarin.

Aksi mulia itu tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Utamanya, mencegah terjadinya erosi atau bencana tanah longsor di Mamake sebagai kawasan wisata milik Bumi Saijaan.

Kapolres Kotabaru, Ajun Komisaris Besar Polisi, Andi Adnan Syafruddin mengatakan penanaman rumput atau pohon merupakan bentuk tindakan dan kewajiban untuk kelestarian lingkungan.

Perlu disadari, hutan berperan sebagai penyangga kehidupan sekaligus menyediakan hasil hutan, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi. Termasuk, jasa lingkungan lainnya sebagai penghasil oksigen, rekreasi, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Saat ini, sebut Kapolres, semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, dan lahan di sekitar terlihat gersang.

Akibatnya, memasuki musim hujan sering terjadi bencana banjir dan erosi atau longsor. Sebaliknya, pada musim kemarau kita selalu mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Saat ini, sambung Kapolres, aktivitas untuk menghutankan kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau belum menjadi kebiasaan masyarakat.

“Nah, artinya itu semua merupakan pertanda bahwa lingkungan kita harus mendapatkan perhatian serius sejak dini, dan ke depan terhindar dari bencana. Mari kita dukung program pemerintah penanaman baik dalam skala besar maupun skala kecil dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” imbau Kapolres Andi menutup.

Aksi peduli lingkungan yang dirangkai dengan penanaman rumput selain diikuti ratusan personel Polres tersebut dihadiri Bupati Sayed Jafar dan AKBP Andi Adnan Syafruddin, Kapolres Kotabaru.

Selain itu, tampak pula Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, Dandim 1004, Letkol Inf Rony Fotriyanto, Sekda, Said Akhmad, Kasi Intel, Dwi Hadi Purnomo, dan anggota DPRD Kotabaru Awaludin.

Baca Juga: Kenaikan Gaji Guru Honorer Kalsel Jadi Momentum Perbaikan

Baca Juga: Warga Riau Keturunan Banjar Pulang Kampung, Hadiri Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: PIL, Korban Suami Mengamuk di Pelaihari Lolos dari Maut

Baca Juga: Visa Ditangguhkan, Ratusan Jemaah di Kalsel Batal Umrah!

Reporter: Masduki
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kasus Oknum Guru di Karang Bintang, GP Ansor Dukung Sikap Tegas Polres Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Camat Kusan Hilir : Seharusnya Beras yang Rusak Dikembalikan
bencana

Kalsel

Antisipasi Bencana, Ini Titik Evakuasi di Kecamatan Jaro Tabalong
apahabar.com

Kalsel

BEM ULM Gelar LKTI Tingkat Nasional, Mahasiswa Malang Tampilkan Aplikasi Deteksi Makanan Palsu
apahabar.com

Kalsel

Kader Golkar Tunggu Pidato Politik Akbar Tanjung
apahabar.com

Kalsel

KPU HSS Lakukan Perakitan Kotak Suara di GOR Aluh Indut Kandangan
apahabar.com

Kalsel

Geger, Bocah SD di Limpasu HST Tewas dengan Kepala Putus!
apahabar.com

Kalsel

Dibuka 10 Desember, Berikut Rute Masuk Terminal Baru Bandara Syamsuddin Noor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com