ga('send', 'pageview');
Warga Dayak Meratus Berduka, Damang Ayal Kusal Wafat Satgas Covid-19 Visitasi Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin, Mau Buka Lagi? Alasan Mencengangkan Paman di Kotabaru Tega Cabuli Adik Sendiri 3 Pekan Razia Masker di Banjarmasin: Berludah hingga Pengemudi Mobil Didenda, Simak Penjelasan Dinkes Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali

Cegah Erosi, Polres Kotabaru Tanam Ribuan Rumput Vetiver di Punggung Mamake

- Apahabar.com Sabtu, 29 Februari 2020 - 04:30 WIB

Cegah Erosi, Polres Kotabaru Tanam Ribuan Rumput Vetiver di Punggung Mamake

Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Syafruddin, bersama Bupati Sayed Jafar, dan Forkopimda saat penanaman ribuan rumput di punggung gunung Mamake, Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Kepolisian Resort (Polres) Kotabaru, Kalimantan Selatan mengerahkan personelnya untuk menanam 2500 bibit rumput bernama Vetiver/ Chrysophogan Zizaionides.

Ribuan bibit rumput itu ditanam tepat di punggung pegunungan Mamake, Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Rabu kemarin.

Aksi mulia itu tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Utamanya, mencegah terjadinya erosi atau bencana tanah longsor di Mamake sebagai kawasan wisata milik Bumi Saijaan.

Kapolres Kotabaru, Ajun Komisaris Besar Polisi, Andi Adnan Syafruddin mengatakan penanaman rumput atau pohon merupakan bentuk tindakan dan kewajiban untuk kelestarian lingkungan.

Perlu disadari, hutan berperan sebagai penyangga kehidupan sekaligus menyediakan hasil hutan, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi. Termasuk, jasa lingkungan lainnya sebagai penghasil oksigen, rekreasi, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Baca juga :  Pelayanan Saat Covid-19, Imigrasi Kelas II Batulicin Jumput Bola ke Kotabaru

Saat ini, sebut Kapolres, semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, dan lahan di sekitar terlihat gersang.

Akibatnya, memasuki musim hujan sering terjadi bencana banjir dan erosi atau longsor. Sebaliknya, pada musim kemarau kita selalu mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Saat ini, sambung Kapolres, aktivitas untuk menghutankan kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau belum menjadi kebiasaan masyarakat.

“Nah, artinya itu semua merupakan pertanda bahwa lingkungan kita harus mendapatkan perhatian serius sejak dini, dan ke depan terhindar dari bencana. Mari kita dukung program pemerintah penanaman baik dalam skala besar maupun skala kecil dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” imbau Kapolres Andi menutup.

Baca juga :  Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali

Aksi peduli lingkungan yang dirangkai dengan penanaman rumput selain diikuti ratusan personel Polres tersebut dihadiri Bupati Sayed Jafar dan AKBP Andi Adnan Syafruddin, Kapolres Kotabaru.

Selain itu, tampak pula Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, Dandim 1004, Letkol Inf Rony Fotriyanto, Sekda, Said Akhmad, Kasi Intel, Dwi Hadi Purnomo, dan anggota DPRD Kotabaru Awaludin.

Baca Juga: Kenaikan Gaji Guru Honorer Kalsel Jadi Momentum Perbaikan

Baca Juga: Warga Riau Keturunan Banjar Pulang Kampung, Hadiri Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: PIL, Korban Suami Mengamuk di Pelaihari Lolos dari Maut

Baca Juga: Visa Ditangguhkan, Ratusan Jemaah di Kalsel Batal Umrah!

Reporter: Masduki
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, Hibah Majelis Taklim di Kotabaru Dipastikan Cair!
apahabar.com

Kalsel

Semangat Kurang, Siap- Siap Gulung Tikar
apahabar.com

Kalsel

Asyik Nongkrong, Pembacok Remaja Depan UIN Antasari Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalsel

Petugas Mulai Keteteran Amankan Titik Api di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kabar Covid-19 Kalsel Hari Ini: 1 Sembuh, 2 PDP Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Dewan dan Tokoh Dayak-Bugis Bantah Isu Konflik Suku Di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Situs SKPD Marak Diretas Hacker, Diskominfo Banjarbaru: Mungkin Mereka Kecewa
apahabar.com

Kalsel

Kapolresta Banjarmasin Ingatkan Kembali Fungsi Polri dalam Apel Jam Pimpinan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com