Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Demi Visit Kalsel 2020, Perkemahan Bela Negara Tingkat Nasional Dihelat di Banua

- Apahabar.com Minggu, 2 Februari 2020 - 17:19 WIB

Demi Visit Kalsel 2020, Perkemahan Bela Negara Tingkat Nasional Dihelat di Banua

Gerakan Pramuka (GP) Nasional didampingi Gerakan Pramuka Kalsel telah melakukan survei lokasi perkemahan di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menjadi tuan rumah even nasional Perkemahan Bela Negara, pada Juni 2020 mendatang.

Gerakan Pramuka (GP) Nasional didampingi Gerakan Pramuka Kalsel telah melakukan survei lokasi perkemahan di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan.

“Adapun tujuan tim ke Loksado yakni melaksanakan survei perkemahan bela negara. Rencana akan dilaksanakan pada Juni 2020. Even berlangsung selama kurang lebih 6 hari, di mana pusat kegiatan dilaksanakan di Kiram Park,”, ucap Ketua Harian Gerakan Pramuka Kalsel, Muhammad Rusli.

Rusli mengatakan jumlah peserta yang akan berhadir pada perkemahan bela negara nanti sekitar 1.400 orang. Itu merupakan perwakilan pramuka dari 34 provinsi dan Kwartir Daerah.

“Nanti peserta perkemahan bela negara dibagi menjadi lima tim dan ditempatkan pada lima lokasi selama kurang lebih dua hari,” tambahnya.

Adapun lima lokasi itu mewakili desa dengan karakteristik alam masing-masing. Di antaranya seperti desa Lok Baintan, Tiwingan Lama, Cempaka, Tabanio, dan Loksado.

Sementara itu, Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Joko Mursitho mengungkapkan rombongan survei ini  terdiri dari Andalan Nasional Komisi Bela Negara GP, Kepala Biro Bidang Bela Negara GP, Bendahara Kwarda GP, dan Andalan Daerah GP.

“Setiap tim akan ditugaskan berbaur dengan masyarakat setempat dan membuat video pendek mengenai tempat yang menjadi lokasi perkemahan,” ungkap Joko.

Saat survei di Loksado, Joko terkagum melihat keindahan Air Terjun Haratai.

“Sungguh masih sangat asri. Sepanjang jalan menuju air terjun, pemandangan sangat indah. Ini harus kita pelihara dan jaga,” jelasnya.

Pasca- survei di Loksado, Rusli memberikan ucapan terima kasih atas fasilitasi Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melalui KPH Hulu Sungai yang selalu siap sedia.

“Kami tim survei perkemahan bela negara mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas bantuan yang diberikan.  Inti dari semua ini adalah untuk mendukung program Visit Kalsel 2020,” pungkasnya.

Baca Juga: Ketika Polisi di Kandangan Tanam Ribuan Pohon

Baca Juga: Majukan UKM, Bank Kalsel Kandangan Salurkan Dana Pinjaman Rp 40 miliar

Reporter: Muhammad Robby

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Nekat, Kurir 2 Kg Sabu Tabrakan Mobil ke Portal Syamsudin Noor
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 4 Mei: Tambah 3 Positif dan 1 Pasien Wafat
Marbot

Kalsel

Viral Pemerkosaan Sedarah di Banjarmasin, Polisi Tangkap Oknum Marbot Masjid
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarmasin Terima 1.698 Dus Surat Suara
apahabar.com

Kalsel

Rumah Relawannya Diresmikan, Andin Berencana Gandeng Ulama di Pilkada Banjar
apahabar.com

Kalsel

Satu Rumah Tungku Pembuat Arang Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Endro, Korban Selamat KM Pieces Masih Syok
apahabar.com

Kalsel

8 Kasus Pelecehan Anak di Banjarmasin, Pelaku Didominasi Orang Dekat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com