Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor!

Deretan Para Juara Lomba Perpustakaan dan Bercerita di HST

- Apahabar.com Kamis, 27 Februari 2020 - 19:49 WIB

Deretan Para Juara Lomba Perpustakaan dan Bercerita di HST

Para juara lomba berfoto bersama usai menerima hadiah di Gedung Murakata Barabai, Kamis (27/8). Foto: Joni for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Sebanyak 117 peserta mengikuti kejuaraan lomba perpustakaan dan bercerita di Hulu Sungai Tengah (HST). Lantas, 15 peserta berhasil keluar sebagai juara lomba yang digelar Dinas Perpustakaan setempat, Kamis (27/2).

Untuk lomba bercerita, juara pertama diraih Siti Nur Qanita, pelajar SDN Barabai Timur 2. Kemudian disusul Nabela Syarefa perwakilan SDN Barabai Timur 3 di peringkat dua. Selanjutnya Asyifa Putri Kamila dari SDN Barabai Timur 1 di peringkat tiga.

“Peserta lomba bercerita tingkat dasar ini adalah pelajar kelas 4 dan 5. Materi lomba adalah cerita rakyat Kalimantan Selatan yang dibawakan dengan bahasa Indonesia,” kata ketua pelaksana lomba, Noor Asiah Ariani usai penyerahan hadiah kepada para pemenang di Gedung Murakata Barabai, Kamis (27/2) sore.

Sementara untuk lomba perpustakaan, lanjut Kasi Pembinaan dan Pengembangan Dinas Perpustakaan HST itu, ada 4 tingkatan yang mengikuti.

Mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan atas serta tingkat desa atau kelurahan.

Jika dirinci, dari tingkat dasar ada 27 perpustakaan, menengah pertama ada 34, menengah atas ada 25 dan tingkat desa atau kelurahan ada 19.

“Totalnya ada 105 peserta untuk lomba perpustakaan. Kalau digabung dengan lomba membaca cerita, totalnya 117,” terang Asiah.

Pemenang pertama lomba perpustakaan tingkat dasar diraih SDIT Al-Khair, lalu diperingkat dua dan tiga masing-masing SDN Hantakan dan SDN 1 Barabai Timur.

Pada tingkat menengah, juara pertama diraih SMPN 19 HST, peringkat kedua diraih MTSN 7 HST dan posisi ke tiga diraih oleh MTSN 4 HST.

Sedangkan pada tingkat menengah atas, juaranya SMKN 1 Barabai, kedua adalah SMAN 8 HST, dan ketiga yakni MAN 2 HST.

Untuk tingkat desa, dua juara berhasil diborong desa dari Kecamatan Batang Alai Selatan yakni, juara pertama Perpustakaan Laskar Pelangi Desa Mahela dan Perpustakaan Sejati Desa Lok Besar.

Sementara juara dua ditingkat desa itu diraih Pepustakaan Sumber Ilmu dari Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa.

Semua juara itu berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri profesional. Seperti H Misbah munir, Rahmiyati, M Fuad Rahman, Hj Nor Asiah Aryanie dan Rahmadi.

Sekretaris Dinas Perpustakaan, Husni Bakhtiar berharap dengan lomba itu, dapat menghidupakan budaya baca dan mengembangkan media baca bagi perpustakaan.

Ia juga berharap perpustakaan-perpustakaan di berbagai tingkatan itu mengembangkan berbagai macam bacaan dan media untuk menambah cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

Tak lupa Husni mengingatkan agar perpustakaan harus bisa menarik minat baca anak tentang buku buku budaya daerah dan nusantara. Disamping itu membina bakat, membiasakan anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif, inovatif dan siap berkompetensi.

“Membudayakan kegemaran membaca pada satuan pendidikan tidaklah mudah. Upaya membudayakan harus ditanamkan pada anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam situasi yang kondusif, harmonis komunikatif,” tutup Husni.

Para pemenang lomba sendiri berhak mendapat penghargaan berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Baca Juga: Kabar dari HST, Gerakan Bersama untuk Kenyamanan Perjalanan Jamaah Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: Kunjungi Dinkes HST, Wabup Berry Temukan Masalah

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pj Bupati Balangan H Syaifullah Singgung Pentingnya Peningkatan Pelayanan
apahabar.com

Kalsel

Baru 6 Pembangkit Listrik di Kotabaru Beroperasi 24 Jam
apahabar.com

Kalsel

Jaga Kondusifitas, Polres HSS Gelar Patroli Malam
Pemakaman Penderita Covid-19 Tapin, Keluarga Wajib Baca Imbauan MUI

Kalsel

Pemakaman Penderita Covid-19 Tapin, Keluarga Wajib Baca Imbauan MUI
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Perusakan Reklame Banjarmasin Curi Atensi Eks Kapolri
apahabar.com

Kalsel

Hasil Tracking di Tapin, 2 Wanita Belasan Tahun Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Gubernur Kalsel Minta Bupati dan Wali Kota Turun Langsung Atasi Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Ketua Komisi I DPRD Banjarmasin Sayangkan Penjagaan Pos Tanpa Pemeriksaan Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com