Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Dewan Pers Verifikasi Faktual apahabar.com

- Apahabar.com     Kamis, 6 Februari 2020 - 11:53 WITA

Dewan Pers Verifikasi Faktual apahabar.com

Pemimpin Umum apahabar.com Budi Ismanto menyerahkan berkas administrasi yang telah diverifikasi secara langsung oleh Dewan Pers melalui Wakil Ketua Hendry Chairudin Bangun. Tampak menemani Pemimpin Redaksi apahabar.com, Milhan Rusli (paling kanan). Foto-apahabar.com/Rifad Sebastian

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Pers memverifikasi faktual apahabar.com, salah satu media massa berbasis siber di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairudin Bangun datang bersama dua staf-nya ke kantor apahabar.com di Jalan Mayjen Sutoyo, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (6/2).

Mereka meneliti berkas administrasi yang telah diajukan apahabar.com, dan telah dinyatakan lengkap oleh Dewan Pers.

Dalam verifikasi, sejumlah hal menjadi perhatian Hendry, antara lain kesejahteraan jurnalis, badan hukum, dan kepemilikan saham media massa.

“Konsumsi tambahan untuk menunjang kerja jurnalis juga harus dipenuhi oleh perusahaan media,” tutur Hendry di dapur redaksi, lantai dua apahabar.com, Kamis (6/2).

Hendry juga memastikan komposisi redaksi apahabar.com diisi oleh puluhan jurnalis yang handal.

Ini dibuktikan, salah satunya dengan sertifikasi kompetensi. Mulai dari jenjang jurnalis utama di level pemimpin redaksi, madya di jajaran redaktur, dan muda di kalangan reporter.

Dari verifikasi faktual ini, Hendry memastikan berkas administrasi apahabar.com telah dinyatakan Dewan Pers lengkap. Tak ada catatan yang ditinggalkan.

Akhir dari verifikasi ini akan ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Dewan Pers kepada apahabar.com. Penyerahan dijadwalkan pada saat momen puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, apahabar.com telah resmi terverifikasi secara administrasi di Dewan Pers.

“Verifikasi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kami ke publik bahwa apahabar.com dikelola secara benar dan profesional,” tutur Pemimpin Redaksi apahabar.com, Milhan Rusli.

apahabar.com

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun saat berada di ruang redaksi, lantai dua kantor apahabar.com, Kamis (6/2).Foto- apahabar.com/Rifad Sebastian

Verifikasi, kata dia, penting di tengah pergeseran platform media yang semakin kompetitif dalam era globalisasi.

“Suatu kebanggaan untuk apahabar.com setelah melalui serangkaian proses bisa diterima oleh Dewan Pers,” jelas Milhan, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) perwakilan Kalsel ini.

Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 mengamanatkan perusahaan pers untuk berlaku profesional. Salah satunya terdaftar di Dewan Pers.

Meminjam data SMSI, media massa berbasis siber di Kalsel sudah berjumlah ratusan dan terus berkembang pesat. Namun baru segelintir yang terdaftar di Dewan Pers.

Menurut Milhan, tidak sulit untuk mendaftar di Dewan Pers. Persyaratan bisa diakses di laman Dewanpers.or.id. Segala kelengkapan berkas perusahaan menyusul kemudian.

“Sekarang kan semua bisa secara online,” ujar Milhan.

Proses verifikasi apahabar.com memakan waktu enam bulan. Terhitung sejak media massa berbasis internet ini hadir pada akhir 2018 silam.

“Semua telah kami lengkapi. Redaksi kami dipenuhi oleh jurnalis tersertifikasi, apahabar.com tunduk pada aturan Dewan Pers, dan jurnalisnya patuh pada kode etik,” jelas Milhan.

apahabar.com berbasis di Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan. Media siber ini dinaungi PT Media Digital Gemilang.

Hadir sejak akhir 2018, guna memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Kalimantan dan Indonesia.

Selain artikel, apahabar.com menyajikan produk jurnalistik berupa infografis, foto, maupun video yang ciamik.

Dalam per hari, jumlah tayangan halaman rata-rata apahabar.com mencapai 70-100 ribu, dengan jangkauan pembaca lebih dari 20-40 ribu/hari, atau 110 ribu/pekan.

Pembaca terbesar apahabar.com berasal dari kelompok usia produktif, yakni 25-34 tahun, 18-24 tahun, dan 35-44 tahun.

Selain Dewan Pers, sebagai media yang mengedepankan reportase secara realtime, akurat dan mendalam, apahabar.com telah mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Terbukti, saat ini apahabar.com sudah memiliki belasan ribu pengikut baik di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, ataupun Youtube.

Baca Juga: apahabar.com Resmi Terverifikasi di Dewan Pers

Baca Juga: Dewan Pers Mediasi Kasus Banjarhits dengan Tokoh Kaharingan

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Sangkut di Dahan Pohon, Kontainer Jatuh di Martapura
apahabar.com

Kalsel

Polisi Pastikan Rekontruksi Kasus Mutilasi Sungai Tabuk Digelar
apahabar.com

Kalsel

57 Tahun Berdiri, Polres HST Akhirnya Terima Hibah
apahabar.com

Kalsel

Mengintip IG Bacalon Wali Kota Banjarmasin: Petahana Paling Melek, Eks Sekda Tergaptek
Pesan Kamtibmas Kapolsekta Banjarmasin Utara di Mesjid Baitul Aqabah Sungai Andai

Kalsel

Pesan Kamtibmas Kapolsekta Banjarmasin Utara di Mesjid Baitul Aqabah Sungai Andai
Tinggal Kenangan

Dinas PUPR Kalsel

Goodbye Macet! Jembatan Alalak II Kini Tinggal Kenangan
apahabar.com

Kalsel

Evakuasi Dramatis Buruh Kesetrum di Hulu Sungai Tengah
apahabar.com

Kalsel

Hadir di Kabupaten Agamis, Kapolres Banjar Agendakan Shubuh Keliling
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com