Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Dibuka Ma’ruf Amin, Festival Jelajah Nusantara Pamerkan Artefak Rasulullah

- Apahabar.com Minggu, 16 Februari 2020 - 18:37 WIB

Dibuka Ma’ruf Amin, Festival Jelajah Nusantara Pamerkan Artefak Rasulullah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat festival Jelajah Nusantara di Museum Purbakala Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Foto-Medcom.id/Hendrik S

apahabar.com, SERANG – Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka festival Jelajah Nusantara di Museum Purbakala Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Festival tersebut memamerkan artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Festival itu rencananya akan berkeliling di 18 daerah yang ada di Indonesia.

“Acara seperti ini bisa menjadikan pembelajaran bagi masyarakat, agar lebih mengenal Rasulullah dan para sahabat, dan bisa mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ma’ruf Amin, Serang, dilansir apahabar.com dari liputan6.com, Minggu (16/02).

Dikatakannya, peninggalan Rasulullah dan para sahabat bisa menjadikan pembelajaran bagi masyarakat, terutama anak muda saat ini, agar bisa mencontoh suri tauladan dan kepribadian Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, kehidupan berbangsa dan bernegara dapat lebih maju.

“Artefak ini mempunyai kedudukan penting bagi umat Islam, yang lahir setelah beliau wafat sehingga dapat mengenalnya lebih nyata. Dan dengan ini pula, umat islam dapat berharap keberkahan, seperti yang dilakukan para sahabat dan dengan pulanya umat Islam dapat mengambil pelajaran merawat artefak sejarah,” terang Ma’ruf Amin.

Pemilihan Museum Kesultanan Banten yang berada di komplek situs Kesultanan Banten dan Masjid Agung Kesultanan Banten, lantaran kerajaan Islam yang pernah berjaya itu pada jamannya memiliki jaringan yang luas dengan kerajaan Islam lainnya. Bahkan disegani oleh kerajaan Islam lainnya di dunia pada massa nya.

Selain itu, di dekat museum terdapat makam-makam para Sultan Banten beserta para keluarganya. Sehingga tak hanya berziarah, namun wisatawan juga bisa mengunjungi pameran artefak Rasulullah dan para sahabatnya di Museum Kesultanan Banten.

“Kesultanan Banten telah dikenal luas sebelum Indonesia merdeka, bahkan memiliki jaringan luas sampai ke Turki. Memiliki banyak tokoh agama yang besar. Oleh karena itu, pameran artefak Rasulullah ini bisa menjadi berkah bagi Indonesia,” jelas Ma’ruf Amin.(Lip6)

Baca Juga: Ma’ruf Amin Minta Sulbar Bersiap sebagai Penyangga Ibu Kota Baru

Baca Juga: Ma’ruf Amin Akan Orasi Dalam Ijtima 3.000 Ulama di Bogor

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Jika Jemaah Haji Kalsel Berangkat Tahun Depan, Kemenag Janji Sesuai Urutan
apahabar.com

Habar

Sidang Isbat Digelar 5 Mei, Berikut Lokasi-lokasi Rukyatul Hilal di Kalsel
apahabar.com

Habar

Pemerintah Berharap Saudi Izinkan Jemaah Indonesia Lakukan Umrah
apahabar.com

Habar

12 Ribu Relawan Sudah Terdaftar, Panitia: Kebersihan dan Kesehatan Masih Diperlukan
apahabar.com

Habar

Jelang Haul, PD Pasar Bauntung Batuah Beri Sanksi Ini Bagi Pedagang yang “Menaikkan Harga”
apahabar.com

Habar

Menag: Ongkos Haji Indonesia Termurah se-Asean
apahabar.com

Habar

Raja Salman: Makah, Madinah dan Riyadh Lockdown!
apahabar.com

Habar

Haul ke-4 KH Irsyad Zein, Penulis Manakib Guru Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com