apahabar.com
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan mengadakan sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM) di Aula Kecamatan Paringin Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan mengadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM), di Aula Kecamatan Paringin Selatan, Rabu (05/02).

Agus Wanto selaku narasumber dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Kalimantan memaparkan tujuan dari program kampung iklim untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat menjaga hutan agar tidak terjadi longsor saat musim hujan dan mencegah kebakaran hutan serta dapat mengelola sampah dengan baik.

Baca Juga: Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Cuncung Bicara Pancasila, Radikalisme, Hingga Khilafah

“Bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dalam pengelolaan lingkungan hidup serta upaya mitigasi dan adaptasi akibat dampak perubahan iklim,” ucapnya.

Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Endang Camsudin, mengatakan pihaknya ingin meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan berupaya melaksanakan seluruh program yang terkait dari Kementerian Lingkungan Hidup, salah satunya adalah program kampung iklim.

“Kami Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan selaku komite untuk mengembangkan program kampung iklim ini. Kami akan melakukan sosialisasi, melakukan pembinaan, terkait dengan pengembangan kampung iklim di Kalimantan Selatan,“ ucapnya seraya berharap akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bisa berperan dalam program kampung iklim ini.

Baca Juga: UKPBJ HST Sosialisasi Pengadaan Barang Jasa, Wabup Berry: Kita Harus Lakukan Percepatan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Puja Mandela