Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR Hujan dan Angin Kencang di Tapin, Pohon Tumbang Picu Kemacetan Piknik Cafe di Kotabaru; Memanjakan Lidah, Suguhi Pemandangan Alam nan Indah

Dipengaruhi Wabah Corona, Rupiah Masih Melemah

- Apahabar.com     Rabu, 26 Februari 2020 - 21:30 WITA

Dipengaruhi Wabah Corona, Rupiah Masih Melemah

Ilustrasi rupiah. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore melemah akibat masih dipengaruhi wabah COVID-19 atau virus corona baru.

Rupiah ditutup melemah 53 poin atau 0,39 persen menjadi Rp13.940 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.887 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu, mengatakan merebaknya kasus COVID-19 membuat pemerintah dan Bank Indonesia terus melakukan upaya untuk menahan gelombang perlambatan ekonomi yang saat ini sudah mulai terasa.

Namun, pemerintah masih terus berusaha dan optimis bahwa dampak Virus COVID-19 tidak terlalu berbahaya. Indonesia saat ini merupakan salah satu negara yang bebas dari epidemi virus tersebut dan terus membantu memberikan penanganan tentang penyakit tersebut.

“Optimisme ini membuat pelaku pasar kembali percaya terhadap pasar dalam negeri walaupun sore ini rupiah terus melemah. Namun pelemahan ini dampak dari data eksternal yang begitu kuat, sehingga baiknya data ekonomi dalam negeri tidak bisa mengangkat sentimen positif bagi mata uang garuda,” ujar Ibrahim.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kasus virus Covid-19 terus meningkat di luar China dengan jumlah kasus baru per hari hampir menyamai jumlah infeksi baru virus terkonfirmasi di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Berdasarkan data laporan situasi harian resmi WHO per 25 Februari 2020 yang dikutip di Jakarta, Rabu, sebanyak 908 kasus baru Covid-19 terjadi secara global dengan rincian 518 kasus baru terjadi di China dan 390 kasus terjadi di luar China.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp13.885 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp13.885 per dolar AS hingga Rp13.945 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp13.966 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.893 per dolar AS.(Ant)

Baca Juga: Geliat Sektor Batu Bara, Hino Buka Showroom di Tapin

Baca Juga: Yuan Kembali Menguat Terhadap Dolar AS

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ekbis

Presiden Jokowi Targetkan Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia di 2024
apahabar.com

Ekbis

Juli 2020, Perputaran Uang di Bandara AP II Capai Rp1,9 Triliun
apahabar.com

Ekbis

Hari Ini, Rupiah Mantap Libas Dolar AS
Harga Minyak

Ekbis

Prospek Permintaan Lebih Tinggi dan Pasokan Ketat, Harga Minyak Naik
Menkop dan UKM Gagas Kamar Ekspor, Permudah UMKM di Kalsel Jajakan Produk

Ekbis

Menkop dan UKM Gagas Kamar Ekspor, Permudah UMKM di Kalsel Jajakan Produk
apahabar.com

Ekbis

Kontribusi Positif, Sejumlah Lapangan Migas Pertamina Lampaui Target Produksi
apahabar.com

Ekbis

MHM Dorong Pemerintah dan Konglomerat Rangkul Pelaku UMKM di Indonesia
Siapkan BLT untuk PKL

Ekbis

Siapkan BLT untuk PKL dan Warteg, Pemerintah Salurkan Melalui TNI/Polri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com