Kebakaran Jalan Manggis, Los Bedakan Diduga Sengaja Dibakar Sopir di Banjarmasin Setop Logistik ke Palangka Raya, Ada Apa? Resmi, Batola Laksanakan PSBB Jilid Kedua Horee, Insentif Tenaga Medis di Banjarmasin Segera Dibayar Kebakaran Jalan Manggis, Korban Tinggal Baju di Badan




Home Kalsel

Senin, 24 Februari 2020 - 19:44 WIB

Dituding KKN, Kepala DLH Banjarmasin Patahkan Tuduhan LSM

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Kepala DLH Banjarmasin Mukhyar memperlihatkan STNK mobil swiper. Foto-Istimewa

Kepala DLH Banjarmasin Mukhyar memperlihatkan STNK mobil swiper. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada aksi demo di Kejaksaan Tinggi Kalsel, LSM menyebut ada KKN atau persekongkolan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin pada proses lelang akses jalan zona pembuangan sampah di TPA Basirih.

Tudingan LSM itu membuat Kepala DLH Banjarmasin, Muhkyar geram. Ia menyebut

tuduhan para demonstran tersebut tidak berdasar. “Misalnya mengenai proses lelang akses jalan, kita tidak ada sangkut pautnya dalam menentukan siapa yang menjadi pemenang tender,” ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Kotabaru Tuntut Pemekaran Kabupaten Kambatang Lima

Sebab setiap ada paket lelang dalam suatu proyek di lingkungan Pemkot Banjarmasin adalah wewenang instansi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Banjarmasin.

“Yang menentukan pemenang tender itu LPSE, bagi penawar yang mampu melengkapi persyaratan dan penawaran terendah, itu lah yang diputuskan oleh LPSE,” tegasnya.

Baca juga :  Pria di Pasar Baru Nyaris Mampus di Tangan Musuh Bebuyutan

Ditambahkannya, hingga saat ini sudah ada tujuh tender yang mengajukan penawaran dalam proses lelang tersebut. Namun belum ada pemenang tendernya.

“Lagian proses ini bisa kita pantau perkembangannya melalui situs resmi LPSE, jadi kita tidak akan bisa main-main dengan hal ini,” ungkapnya.

Tidak hanya sampai disitu, ia menuturkan kalau tuduhan mereka juga melebar ke ranah lain seperti pengadaan swiper (mobil pembersih jalan raya). Baru 3 minggu pegawai dari Badan Pemeriksa Keuangan melakukan audit tentang pengadaan mobil swiper. Ditegaskan Mukhyar, kalau hasil pemeriksaan tidak ada temuan.

“Kalau yang mereka tuduhkan tentang keberadaan mobil swiper itu sama sekali tidak benar, mobil itu jelas ada di halaman kantor Pemkot Banjarmasin,” tuturnya.

Menurutnya, mobil swiper milik Pemkot Banjarmasin itu memang hanya dioperasikan ketika malam hari saja. Hal itu bertujuan agar tidak mengganggu pengguna jalan selama pengoperasian mobil penyapu jalan tersebut.

Baca juga :  Dukung Mahasiswa, Nenek Rohana Ikut Aksi Lilin di Gedung DPRD Kalsel

“Mobil swiper beroperasi itu mulai dari jam 10 sampai selesai, bahkan sampai jam 3 pagi baru selesai. Jadi yang mempertanyakan keberadaan mobil ini kemungkinan hanya tidak tahu jam pengoperasiannya,” tandasnya.

Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin, Marzuki menambahkan, hingga saat ini pemkot sudah memiliki 5 buah Mobil swiper untuk membersihkan jalan.

“Dalam satu malam kita bagi pengoperasian mobil ini, 2 buah di Jalan A Yani, 1 Jalan Lambung Mangkurat, 1 Jalan Jati dan 1 di Jalan S Parman dan Hasan Basri,” pungkas pria dengan sapaan Jack itu.

Baca Juga: Tolak Omnibus Law, Demo Mahasiswa di DPRD Kalsel Diwarnai Adu Mulut

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Silpa Banjarmasin Meningkat Ratusan Miliar, Dewan Pertanyaan Kinerja SKPD
apahabar.com

Kalsel

Banding Gugur, Walhi: Bahaya Mengintai Meratus
apahabar.com

Kalsel

Ops Ketupat Intan, Empat Posko Didirikan di Tanbu
Vihara Budha Sasana Pelaihari Siap Sambut Imlek Besok

Kalsel

Vihara Budha Sasana Pelaihari Siap Sambut Imlek Besok
apahabar.com

Kalsel

Satlantas Polresta Banjarmasin Gelar Operasi Keselamatan Intan
apahabar.com

Kalsel

Arus Lalu Lintas Banjarmasin-Hulu Sungai Padat Merayap
apahabar.com

Kalsel

Rela Rogoh Kocek Pribadi, Komunitas GJB Banjarmasin Peduli Sesama
apahabar.com

Kalsel

Lebaran Pertama, Kediaman Mardani H Maming Ramai Dikunjungi Masyarakat