Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Dituding KKN, Kepala DLH Banjarmasin Patahkan Tuduhan LSM

- Apahabar.com Senin, 24 Februari 2020 - 19:44 WIB

Dituding KKN, Kepala DLH Banjarmasin Patahkan Tuduhan LSM

Kepala DLH Banjarmasin Mukhyar memperlihatkan STNK mobil swiper. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada aksi demo di Kejaksaan Tinggi Kalsel, LSM menyebut ada KKN atau persekongkolan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin pada proses lelang akses jalan zona pembuangan sampah di TPA Basirih.

Tudingan LSM itu membuat Kepala DLH Banjarmasin, Muhkyar geram. Ia menyebut

tuduhan para demonstran tersebut tidak berdasar. “Misalnya mengenai proses lelang akses jalan, kita tidak ada sangkut pautnya dalam menentukan siapa yang menjadi pemenang tender,” ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Kotabaru Tuntut Pemekaran Kabupaten Kambatang Lima

Sebab setiap ada paket lelang dalam suatu proyek di lingkungan Pemkot Banjarmasin adalah wewenang instansi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Banjarmasin.

“Yang menentukan pemenang tender itu LPSE, bagi penawar yang mampu melengkapi persyaratan dan penawaran terendah, itu lah yang diputuskan oleh LPSE,” tegasnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini sudah ada tujuh tender yang mengajukan penawaran dalam proses lelang tersebut. Namun belum ada pemenang tendernya.

“Lagian proses ini bisa kita pantau perkembangannya melalui situs resmi LPSE, jadi kita tidak akan bisa main-main dengan hal ini,” ungkapnya.

Tidak hanya sampai disitu, ia menuturkan kalau tuduhan mereka juga melebar ke ranah lain seperti pengadaan swiper (mobil pembersih jalan raya). Baru 3 minggu pegawai dari Badan Pemeriksa Keuangan melakukan audit tentang pengadaan mobil swiper. Ditegaskan Mukhyar, kalau hasil pemeriksaan tidak ada temuan.

“Kalau yang mereka tuduhkan tentang keberadaan mobil swiper itu sama sekali tidak benar, mobil itu jelas ada di halaman kantor Pemkot Banjarmasin,” tuturnya.

Menurutnya, mobil swiper milik Pemkot Banjarmasin itu memang hanya dioperasikan ketika malam hari saja. Hal itu bertujuan agar tidak mengganggu pengguna jalan selama pengoperasian mobil penyapu jalan tersebut.

“Mobil swiper beroperasi itu mulai dari jam 10 sampai selesai, bahkan sampai jam 3 pagi baru selesai. Jadi yang mempertanyakan keberadaan mobil ini kemungkinan hanya tidak tahu jam pengoperasiannya,” tandasnya.

Kabid Kebersihan DLH Banjarmasin, Marzuki menambahkan, hingga saat ini pemkot sudah memiliki 5 buah Mobil swiper untuk membersihkan jalan.

“Dalam satu malam kita bagi pengoperasian mobil ini, 2 buah di Jalan A Yani, 1 Jalan Lambung Mangkurat, 1 Jalan Jati dan 1 di Jalan S Parman dan Hasan Basri,” pungkas pria dengan sapaan Jack itu.

Baca Juga: Tolak Omnibus Law, Demo Mahasiswa di DPRD Kalsel Diwarnai Adu Mulut

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gelar Pasar Murah Jelang Haul Sekumpul ke 15, Lurah: Gas Elpiji Diprioritaskan Warga Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Di Barito Kuala, Bantuan Bahan Pokok Mulai Didistribusikan
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Sejumlah Wilayah Banjarbaru Terendam Banjir
apahabar.com

Kalsel

GeSeDuri BPJS Kesehatan Barabai, Jumat Berkah Bagi Pengayuh Becak di HST
apahabar.com

Kalsel

Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Kalsel Hari Ini, Simak Wilayah Mana Saja!
apahabar.com

Kalsel

Warga Kandangan dan Tiga Kabupaten Kalsel Lainnya Perhatikan Peringatan BMKG Ini!
apahabar.com

Kalsel

Peringatan HUT RI ke-75, Kapolda Kalsel Serahkan Penghargaan pada Pemenang Lomba KTB
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Xenia vs Truk di Kabupaten Banjar, Empat Korban Dilarikan ke IGD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com