3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Dosa-Dosa Diakibatkan Lidah yang Tak Bertulang

- Apahabar.com Minggu, 2 Februari 2020 - 06:15 WIB

Dosa-Dosa Diakibatkan Lidah yang Tak Bertulang

Ilustrasi mualaf tengah berdoa. Foto-onislam.net

apahabar.com, JAKARTA – Ada istilah yang mengatakan bahwa lidah tidak bertulang. Dalam Islam, ternyata perkara lidah pun menjadi pembahasan yang cukup serius.

Lidah ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dosa-dosa. Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah dalam buku “Jagalah Lisan” yang mengungkap lima dosa-dosa yang bisa dilakukan karena kita tidak menjaga lisan. Berikut penjelasannya:

1. Ucapan kesyirikan dan kekufuran

Misalnya seorang mengucapkan atas kehendak Allah SWT dan atas kehendak fulan. Sebagaimana diriwayatkan dari Hudzaifah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda:

“Janganlah kalian mengatakan, ”Jika dikehendaki Allah dan dikehendaki fulan.” Tetapi katakanlah, ”Jika dikehendaki Allah kemudian dikehendaki fulan.” (HR Ahmad)

2. Sumpah palsu

Sumpah palsu yaitu sumpah secara dusta dengan sengaja untuk mengambil harta/hak orang lain atau untuk suatu dosa dan pengkhianatan. Diriwayatkan dari ’Abdullah bin ‘Amru RA, dia bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Apa itu sumpah palsu?” Rasulullah SAW menjawab, “Yaitu (sumpah) yang digunakan untuk mengambil harta seorang Muslim, padahal dia dusta.” (HR Bukhari)

Sumpah palsu merupakan salah satu dosa besar. Diriwayatkan dari ’Abdullah bin ’Amru RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda:

“Dosa-dosa besar (adalah); menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh jiwa, dan sumpah palsu.” (HR Bukhari)

3. Mencela dan menghina

Mencela seorang Muslim adalah suatu kefasikan. Sebagaimana diriwayatkan pula dari ‘Abdullah (bin Mas’ud) RA, bahwa Nabi SAW bersabda: “Mencela seorang Muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran.” (HR Bukhari)

4. Ghibah

Ghibah adalah menceritakan keburukan saudara sesama Muslim yang saudaranya tersebut tidak menyukainya. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tahukah kalian apakah ghibah itu?” Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui. Rasulullah SAW bersabda, “Yaitu engkau menceritakan saudaramu yang tidak ia suka.” Ada yang bertanya, “Bagaimana jika apa yang aku katakan benar-benar ada pada saudaraku?” Beliau menjawab, “Jika padanya benar-benar ada apa yang engkau katakan, maka engkau telah menghibahnya. Jika tidak ada, maka engkau telah membuat kebohongan atasnya.” (HR Muslim)

5. Namimah

Naminah (adu domba) adalah seorang menyampaikan pembicaraan satu orang kepada orang yang lainnya dengan tujuan untuk menimbulkan keretakan hubungan di antara mereka (al-Kabair, adz-Dzahabi.)

Dan di antara salah satu penyebab siksa kubur adalah suka mengadu domba di antara manusia. Nabi SAW pernah melalui dua kuburan, lalu bersabda:

“Sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa dan keduanya disiksa bukan karena (dosa yang dianggap) besar. Salah satu dari keduanya suka mengadu domba dan yang lainnya tidak bertabir ketika dia buang air kecil.” (HR Bukhari).(Rep)

Baca Juga: Ini Bukti Cinta Allah kepada Hamba-Nya

Baca Juga: Mualaf Dosmauli S, Dulu Benci Islam Kini Pejuang Agama

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Mimpi Rasulullah, Ahli Maksiat Ini Bertobat
apahabar.com

Hikmah

Tidur Tanda Kekuasaan Allah, Berikut Dalilnya dalam Alquran
apahabar.com

Hikmah

Ini Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram
apahabar.com

Hikmah

Para Ulama yang Mendoakan Imam Syafi’ie dalam Shalat Puluhan Tahun
apahabar.com

Hikmah

Keutamaan dan Pahala Azan bagi Para Muazin
apahabar.com

Hikmah

Menelan Ingus Saat Puasa, Batalkah?
apahabar.com

Hikmah

Menjadi Pemuda yang Dirindukan Rasulullah, Sulitkah?
apahabar.com

Hikmah

Mengapa Iman Saja Tak Cukup, Perlu Cinta kepada Allah SWT
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com