Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Fikry Minta Dinas Pendidikan Berkontribusi Tingkatkan IPM

- Apahabar.com     Kamis, 20 Februari 2020 - 16:43 WITA

Fikry Minta Dinas Pendidikan Berkontribusi Tingkatkan IPM

Achmad Fikry saat bersilaturahmi bersama para ASN di Dinas Pendidikan Rabu (19/02) kemarin. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, menginginkan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia) IPM melalui sektor pendidikan.

“Kita berkoar-koar pembangunan di HSS itu berhasil. Bisa saja. Namun, ada ukuran standar nasional yaitu IPM. Makin meningkat IPM suatu daerah makin menentukan hasil pembangunannya,” kata Fikry saat bersilaturahmi bersama para ASN di Dinas Pendidikan, Rabu (19/02) kemarin.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Fikry memiliki ekspektasi besar kepada Kepala Dinas Pendidikan, Hj. Siti Erma, yang baru dilantik pada 8 Februari lalu. Hj. Siti diminta untuk dapat menjalankan amanah dan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: HSS Targetkan Serap PAD Rp 4,3 Miliar di Dua Sektor Potensial

Hal lain yang dianggap penting adalah cara pemerintah daerah untuk meningkatkan IPM tersebut. Fikry ingin semua kegiatan yang dilakukan berdampak pada peningkatan IPM.

“Ibarat bertempur kita jangan menghamburkan pelur. Namun harus jelas menuju sasaran, harus jelas untuk peningkatan IPM,” ujarnya.

Ia pun meminta kerjasama yang baik terutama di internal Dinas Pendidikan HSS, salah satunya untuk menekan angka putus sekolah. Jika ada anak yang tidak sekolah, ia meminta bidang terkait untuk menangani.

“Jangan sampai kita kehilangan jejak. Kalau perlu kita langsung yang mengawal anak-anak untuk mendaftarkan ke jenjang selanjutnya, termasuk juga mengawal bakat anak agar tidak hilang di tengah jalan,” katanya.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan ada dua hal yang dilayani oleh jajaran Dinas Pendidikan yaitu murid dan guru.

“Guru berkaitan dengan hak-hak mereka. Sedangkan murid meyakinkan proses belajarnya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Bupati juga meminta karena saat ini tidak ada UPT di kecamatan, maka perannya bisa diambil alih oleh K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah). Begitu pula dengan pengawas sekolah.

Bupati meminta agar perannya bisa ditambah agar tidak hanya mengawasi saat proses belajar mengajar tetapi juga bisa melihat kondisi fisik sekolah.

“Minta bantu para pengawas sekolah. Jangan sampai didahului orang mengekspos sekolah kita jelek. Jangan sudah terlalu parah baru kita berbuat. Berilah informasi secepat mungkin kepada dinas agar bisa segera ditindaklanjuti” katanya.

Silaturahmi dengan jajaran Dinas Pendidikan HSS diikuti oleh Kepala Dinas Hj. Siti Erma, para pejabat administrator, pejabat pengawas, pelaksana, pengawas SMP, SD dan TK, dan Kepala SKB.

Baca Juga: HSS Jadi Tuan Rumah Bimtek Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HSS

Kebakaran Jelang Salat Jumat di HSS, 1 Rumah Ludes
apahabar.com

HSS

Penerimaan Rendah, Pemkab HSS Berencana Naikkan Pajak Sarang Walet

HSS

Puluhan Warga Desa Muning Baru HSS Gunakan Tripikon-S Kelola Limbah BAB
HSS

HSS

Bupati Fikry Lantik Pimpinan BAZNAS HSS Periode 2020-2025
apahabar.com

HSS

Pawai Obor Tandai Napak Tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV 2019 Dimulai
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gelar Lomba Baca Puisi Perjuangan untuk Pelajar Via Daring
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Ajak Semua Pihak Taat Bayar Pajak
HUT TNI

HSS

HUT TNI ke-76, Wabup HSS Beri Tumpeng pada Prajurit Kodim 1003 Berprestasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com