Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Genjot Ekspor, Pelindo I Andalkan Minyak Sawit

- Apahabar.com Rabu, 5 Februari 2020 - 07:00 WIB

Genjot Ekspor, Pelindo I Andalkan Minyak Sawit

PT Pabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus mengoptimalkan seluruh layanan bisnis dalam pengelolaan pelabuhan untuk meningkatkan ekspor CPO nasional. (Antara/PT Pelindo I)

apahabar.com, TANJUNGPINANG – PT Pelindo I (Persero) terus mengoptimalkan seluruh layanan bisnis dalam pengelolaan pelabuhan.

Salah satunya dalam mengoperasikan terminal curah cair di pelabuhan, khususnya melalui dua pelabuhan besarnya yakni Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I, M. Eriansyah menjelaskan bahwa layanan terminal curah cair sangat prospektif dengan potensi ekspor minyak sawit mentah (CPO) yang terus meningkat. CPO menjadi salah satu kontributor utama terhadap kinerja ekspor nasional.

“Sepanjang 2019, Pelabuhan Belawan melakukan ekspor CPO dan turunannya sebanyak 3.273.978 ton, tumbuh 12,60 persen dibandingkan dengan tahun 2018 yang sejumlah 2.907.383 ton,” kata M.Eriansyah dilansir apahabar.com dari Antara.

CPO dan turunannya ini, kata dia, diekspor menuju negara-negara di Asia Selatan seperti, Pakistan dan India serta ada juga yang diekspor ke Belanda.

Saat ini, lanjutnya, Pelindo I memiliki fasilitas pipa terpadu di dermaga yang menghubungkan dengan ratusan tangki timbun CPO yang ada di area Pelabuhan Belawan yang didukung dengan 84 jalur pipa, 6 loading point, serta dilengkapi dengan 3 unit tangki CPO dengan kapasitas masing-masing 3.000 metrik ton (MT).

Pelabuhan Belawan memiliki dermaga sepanjang 3.436 meter yang dilengkapi dengan 9 Mobile Crane, 4 Forklift Diesel, 1 Excavator, 5 Dump Truck, 4 Grab Bucket Guven, dan 4 Dry Bulk Hopper Guven.

Sama halnya dengan Pelabuhan Dumai yang menjadi pelabuhan ekspor komoditi CPO terbesar di Pulau Sumatera.

“Pelabuhan Dumai mampu mengekspor CPO dan turunannya sebanyak 4.751.701 ton selama tahun 2019 untuk diekspor menuju India, China, Jepang, dan penjuru Eropa. Angka tersebut naik 5,77 persen dibandingkan dengan tahun 2018 yang sebanyak 4.492.454 ton,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menyebut Pelabuhan Dumai saat ini diproyeksikan sebagai pelabuhan ekspor CPO terbesar di Indonesia yang memiliki tiga dermaga. Dermaga A sepanjang 348 meter untuk general cargo dan 20 meter untuk pelabuhan penumpang, Dermaga B sepanjang 800 meter untuk terminal curah cair, serta Dermaga C sepanjang 500 meter untuk peti kemas dan curah kering.

Saat ini fasilitas dan peralatan yang berada di Pelabuhan Dumai antara lain, 1 Harbour Mobile Crane, 3 Mobile Crane, 1 Reach Staker, 3 Forklift, 4 Excavator, 8 Wheel Loader, 13 Dump Truck, 1 Mini Dozer, 9 Kapal Tunda, 9 Kapal Pandu, dan 1 Speed Boat.

“Dengan kecenderungan peningkatan nilai ekspor CPO setiap tahunnya, Pelindo I terus berupaya meningkatkan fasilitas bongkar muat untuk curah cair. Seperti di Pelabuhan Dumai, kami meningkatkan fasilitas loading point (pengiriman) curah cair dari yang semula hanya mampu memompa 200-300 ton per jam menjadi 500 ton per jam,” sebut Eriansyah.

Dengan optimalisasi fasilitas bongkar muat untuk curah cair CPO dan turunannya, Pelindo I yakin ekspor CPO melalui pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya terus meningkat serta didukung dengan hinterland dan industri CPO di sekitar wilayah operasional Pelindo I.

“Terlebih lagi, saat ini pemerintah gencar melakukan pembangunan infrastruktur yang mampu mempercepat distribusi barang dan menurunkan biaya logistik,” tuturnya. (ant)

Baca Juga: Akselerasi Negeri, Telkomsel Kembali Dukung Cap Go Meh Singkawang 2020

Baca Juga: Desember 2019, Ekspor Kaltim Naik 7,12 persen

Baca Juga: Setoran Haji di Bank Kalsel Syariah Melonjak Drastis, Tembus Rp15,6 M

Baca Juga: Hipmi Siap Lahirkan Sentra Ekonomi Desa

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tiket AirAsia Hilang di Agen Online, Intervensi Kompetitor?
apahabar.com

Ekbis

Belanja Online Saat Idul Fitri? Waspada Penjahat Siber
apahabar.com

Ekbis

RAFI 2020: Trafik Melonjak, Telkomsel Pamasuka Siagakan 52.100 BTS

Ekbis

Beda Respons Pedagang Soal Darurat Covid-19 di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Tertekan Kenaikan Dolar AS, Harga Emas Turun Lagi
apahabar.com

Ekbis

Harga Gula Naik, Mendag Cek Satgas Pangan
apahabar.com

Ekbis

Ekonomi Digital Jadi Senjata Tarik Investor Asing ke Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Respons PSBB Total, Bank Mandiri Sesuaikan Operasional Cabang di Jakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com