Penyerang Polsek Daha Simpatisan ISIS, Legislator Kalsel: Agamanya Kurang Breaking News: PDP Kabur di Banjarbaru Akhirnya Ditemukan! Pertama, Kalsel Uji Terapi Pengobatan Pasien Covid-19 Pengganti Vaksin Toko Buah di Teweh Diserbu Pria Bersajam, Dua Perempuan Terluka Polisi Bongkar Makam Korban Pembunuhan Ibu Kandung di Teweh




Home Kalbar

Rabu, 12 Februari 2020 - 13:46 WIB

Gubernur Sutarmidji Target Kalbar Segera Bebas Pungli

Uploader - Apahabar.com

Ilustrasi. Foto-Google image

Ilustrasi. Foto-Google image

apahabar.com, PONTIANAK – Gubernur Kalbar, Sutarmidji menargetkan ke depan provinsi ini bebas pungutan liar atau pungli. Itu dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan terciptanya pemerintahan yang bersih.

“Pertama-tama kita patut bersyukur karena tim saber pungli kita mendapat apresiasi yang sangat luar biasa. Artinya bekerjanya sudah sangat baik, tapi untuk ke depannya agar Kalbar ini bebas pungli harus ditingkatkan lagi dan adanya keseriusan dari semua masyarakat,” kata Sutarmidji pada sambutannya di acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Saber Pungli Kalbar tahun 2020 di Pontianak, Rabu (12/2).

Ia mengatakan kecepatan, kemurahan ataupun efisiensi dari pelayanan ke depannya akan menjadi penentu daya saing untuk semuanya.

“Karena ke depannya daya saing ditentukan oleh kecepatan, kemurahan, atau efisiensi dari suatu pelayanan, dan tanpa itu tidak mungkin tercapai,” ujarnya.

Baca juga :  Seorang Jurnalis Kalbar Gunakan Hak Pilihnya di Rumah

Baca Juga: Bupati Tanbu: Instansi Pelayanan Publik Rawan Pungli dan Gratifikasi

Menurutnya dengan mendekatkan harga nilai jual objek pajak (NJOP) dengan harga pasar dan juga mendorong BPN agar mempercepat zonasi diharapkan bisa mengurangi ruang untuk berbuat pungli.

“Saya juga mendorong BPN untuk satu percepatan zonasi dari harga tanah sehingga itu jadi pembanding. Jika itu bisa, maka akan menjadi ruang untuk negosiasi harga transaksi menjadi sempit atau pun juga pemerintah daerah mendekatkan harga NJOP pada 80 persen harga pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen (Pol) Widiyanto Poesoko juga menyampaikan bahwa pungli juga berdampak dari berbagai sudut pandang, yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahan keamanan.

“Kalau dari sudut ideologi pungli dapat merusak sisi ideologi bangsa Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila, kemudian dari sudut politik dampaknya kepada wibawa pemerintah dan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah. Sedangkan dari sudut ekonomi akan berdampak menimbulkan ekonomi biaya tinggi, kalau dampak dari sudut sosial budaya akan menyebabkan budaya negatif akan semakin berkembang dalam masyarakat dan sedangkan dari sudut pandang pertahanan, dan keamanan berdampak pada keresahan dan mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat,” paparnya.

Baca juga :  Terbesar Kelima, Bengkayang Komit Cegah Perdagangan Anak

Sementara itu Waka Polda Kalbar, Brigjen (Pol) Imam Sugianto menyatakan, apresiasi dan penghargaan yang didapat oleh saber pungli perlu dijadikan modal dasar, sebagai tolak ukur dan motivasi kerja agar lebih semangat lagi mengerjakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab sehingga dapat mewujudkan situasi masyarakat yang bebas pungli dalam mewujudkan Indonesia maju. (ant)

Baca Juga: Cegah Pungli, Polsek Batulicin Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalbar

Alasan WNI di Perbatasan Miliki KTP Malaysia
apahabar.com

Kalbar

Polda Kalbar Musnahkan 1,3 Kg Sabu dari Penangkapan 7 Tersangka
apahabar.com

Kalbar

Akibat Kabut Asap, Pesawat Wing Air Gagal Mendarat di Bandara Pangsuma Kalbar
apahabar.com

Kalbar

Ribuan Pohon Ditanam BI di Lahan Eks Tambang
apahabar.com

Kalbar

BMKG: Kalbar Waspadai Angin Kencang
apahabar.com

Kalbar

Gara-Gara Bansos, Sekdes di Kalimantan Kena Keroyok
apahabar.com

Kalbar

Kebakaran di Sekadau Kalbar, Satu Keluarga Tewas Terpanggang
apahabar.com

Kalbar

Masyarakat Singkawang Diimbau Tak Terpancing Isu Aksi 22 Mei