Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Ibu Melahirkan Dirujuk dengan Speed Boat

- Apahabar.com Sabtu, 29 Februari 2020 - 20:56 WIB

Haul Guru Sekumpul, Ibu Melahirkan Dirujuk dengan Speed Boat

Tim relawan gabungan saat mengevakuasi wanita yang ingin melahirkan melalui Dermaga 6 Posko Kesehatan Pintu Air Bersatu. Foto-apahabar.com/hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Di tengah padatnya jemaah Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, speed boat tim emergency tampak bolak-balik membawa pasien.

Bermacam pasien ini dirujuk melalui jalur air Irigasi Riam Kanan, persis di Jalan Irigasi, Tanjung Rema, Martapura menuju RSUD Ratu Zalecha.

Pantauan apahabar.com, pasien yang dievakuasi lantaran didera bermacam masalah. Mulai dari kecelakaan, hingga hendak melahirkan.

Di dermaga evakuasi 7, misalnya, menjelang Magrib tadi ada seorang kakek luka parah di bagian kepala akibat terjatuh di lanting irigasi saat mandi.

“Pas mandi lantingnya roboh karena sudah lapuk,” ujar salah satu relawan di posko irigasi.

Rina, salah satu perawat dari posko kesehatan di sana bilang identitas kakek yang dievakuasi itu bernama H Alimansen (80), asal Kapuas, Kalteng.

Dari laporannya, setidaknya sudah ada 50 pasien yang ditangani di posko kesehatan dari Dinkes Pemprov Kalsel tersebut.

“Kebanyakan pasien memang sudah ada penyakit bawaan, seperti maag, darah tinggi, kelelahan, juga panas,” tutur Rina, tim medis dari Dinkes Kalsel.

Beralih ke Dermaga 6, Posko Pintu Air Bersatu, terpantau para relawan kesehatan dan tim emergency lebih sibuk.

Pasalnya, di sana lebih banyak menerima kedatangan pasien. Terpantau sesaat setelah Salat Magrib ada pasien yang hendak melahirkan. Kondisinya sudah pendarahan.

Beruntung, tim kesehatan bersama petugas emergency dari Basarnas dan BPBD sigap mengevakuasi pasien hamil itu melalui jalur air.

“Sudah pendarahan. Pasiennya dari jemaah luar,” ujar salah satu petugas di posko tersebut. Belum diketahui identitas wanita yang melahirkan tersebut.

Menurut salah satu dokter di posko kesehatan tersebut, dr Rizki Fadillah, setidaknya sudah ada 4 pasien yang dirujuk ke RSUD Ratu Zalecha, termasuk pasien yang ingin melahirkan tadi.

Secara umum ia menjelaskan total sudah sekitar 90 pasien yang diantar ke Posko Kesehatan di Pintu Air tersebut. Pasien yang datang bervariasi.

“Mulai dari KLL (kecelakaan lalu lintas) hipertensi, observasi pertigo. Namun kebanyakannya kelelahan dan maag, dengan gejala pusing hingga pingsan,” paparnya.

Bagi pasien yang dirujuk ke RSUD Ratu Zalecha, diantarkan menggunakan speed board ke Dermaga 1 di Sungai Paring. Di sana, tim evakuasi langsung menyambut dan dibawa ke RSUD Ratu Zalecha.

Posko kesehatan tersebut merupakan salah satu rumah sakit lapangan yang disediakan Dinkes Banjar dan Dinkes Kalsel bekerja sama dengan Basarnas, BPBD, TNI-Polri, dan relawan haul lainnya.

Selain itu, juga stanby tiga orang dokter dan 10 perawat kesehatan. Tim kesehatan di Posko Pintu Air Bersatu itu dari IAI Apotiker, RSUD IA MOIEZ Samarinda, Dinkes Banjar juga PKM Pengaron.

Secara keseluruhan, ada 9 Dermaga Evakuasi yang berada di Irigasi Riam Kanan, dengan puluhan speed boat.

Sebelumya, tadi malam, ada juga dua jemaah yang melahirkan. Kabar tersebut berasal dari PMI Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Kapolda: Partisipasi Masyarakat Sangat Membantu

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Saiful Kayuh Gerobak Sampah ke Martapura

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Ribuan Pekerja Migran Indonesia Pulang Melalui Batam

Nasional

Ribuan Pekerja Migran Indonesia Pulang Melalui Batam
apahabar.com

Nasional

Polisi Gelar Trauma Healing untuk Anak-Anak Pengungsi di Wouma
apahabar.com

Nasional

Jenazah Ani Yudhoyono Disemayamkan di Aula Riptaloka KBRI
apahabar.com

Nasional

Gempa, Wisatawan Pangandaran Sempat Panik
apahabar.com

Nasional

Presiden Terima Laporan Kesiapan Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Nasional

Ramadan, Budi Waseso: Harga Telur Sulit Dikendalikan
apahabar.com

Hukum

Ini Ancaman Hukuman Terhadap Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Pasien Sembuh 3.287, Positif 15.438
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com