BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Haul Guru Sekumpul, Ratusan Sapi yang Disembelih Kesehatannya Terjamin

- Apahabar.com Rabu, 26 Februari 2020 - 06:30 WIB

Haul Guru Sekumpul, Ratusan Sapi yang Disembelih Kesehatannya Terjamin

Sapi yang didatangkan ke Penampungan Sapi di Gang Nusa Indah Sekumpul, Martapura. Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Untuk memastikan daging sapi yang akan dikonsumsi jamaah Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, higienis dan bebas dari penyakit, tim ahli kesehatan hewan terlebih dahulu memastikan kesehatan hewan sapi yang bakal disembelih.

Hingga saat ini, sudah 124 ekor sapi diperiksa kesehatannya. Tiga dokter hewan dan beberapa petugas medis, diturunkan Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Habib Fathurrahman Gagas Jalan Kaki dari Banjarmasin Menuju Haul Guru Sekumpul  

“Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap 124 ekor sapi selama dua hari, di penampungan Gang Nusa Indah Sekumpul, Martapura,” ujar Kepala Disnakbun, Dondit Bekti melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Djoko Santoso, Selasa (25/2).

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan sapi untuk haul ini rutin dilakukan menjelang haul tiap tahunnya. Hal ini tentunya, supaya aman dikonsumsi jamaah haul.

Haul Guru Sekumpul, Ratusan Sapi yang Disembelih Kesehatannya Terjamin

Tim dokter kesehatan hewan dari Disnakbun Banjar berfoto bersama usai memeriksa kesehatan ratusan sapi di penampungan Gang Nusa Indah Sekumpul, Martapura. Foto-istimewa

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebelum pemeriksaan kesehatan sapi dilakukan, pihak Disnakbun terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak relawan di Posko Induk Sekumpul.

“Dari hasil pemeriksaan, semua sapi dinyatakan sehat dan layak konsumsi. Dan selanjutnya, kami akan kembali melakukan pemeriksaan dan pengawasan saat penyembelihan nantinya,” tutur Djoko.

Ia juga memastikan, bahwa semua sapi yang akan disembelih berkelamin jantan. “Artinya, pihak relawan haul sudah paham betul terhadap peraturan. Karena sesuai peraturan tidak boleh menyembelih sapi betina karena bisa mengganggu populasi hewan,” jelas Djoko.

Jika tahun lalu total jumlah sapi yang disembelih untuk haul sebanyak 187 ekor, untuk tahun ini, Djoko memperkirakan bisa bertambah sampai 200 ekor.

“Saat ini kami baru memeriksa 124 ekor, nanti kalau sapi tiba di penampungan lagi maka kami akan lakukan pengecekan kesehatan lagi,” katanya.

Ia menambahkan, jika nantinya ada ditemukan sapi yang terindikasi punya penyakit, tim kesehatan hewan dari Disnakbun Banjar sudah siap melakukan pengobatan dan penanganan.

Baca Juga: Sambut Tamu VVIP Haul Guru Sekumpul, Pengamanan Diperketat

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ibu dan Anak Partai Berbeda Masuk Daftar Anggota DPRD Tala
apahabar.com

Kalsel

30 Anggota PMI HST Ikut TKRD di Tangkisung
apahabar.com

Kalsel

Tindak Lanjut BPJS Ketenagakerjaan, Kades serta Aparatur Desa se-HST Dimonitoring
apahabar.com

Kalsel

Ungkapan Duka Mendalam Pembakal di HST, Istri Mudanya Dibunuh Anak Kandung
dinkes

Kalsel

Kasus Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes Tahun Lalu, Pemkot Sebut Masih Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Kemeriahan Lebaran di Tapin, Warga Gelar Lomba Balap karung
apahabar.com

Kalsel

Diduga Disembunyikan Makhluk Halus, Bocah Sungai Bilu Ditemukan di Martapura
apahabar.com

Kalsel

Niat Melerai, Pemuda Tewas Ditusuk di Pemurus Dalam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com