apahabar.com
Infografis-apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Dua wilayah pesisir Kalimantan Selatan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kotabaru terancam diguyur hujan lebat hari ini. Bahkan potensi itu disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat (14/2), memprakirakan potensi itu muncul pada malam hari, antara pukul 20.00-23.00 Wita.

Dalam laman resminya, BMKG menunjukkan kecepatan angin khususnya Batulicin, ibu kota Tanbu, mencapai 20 km/jam. Meski begitu, suhu udara diprakirakan 26 derajat celcius dan tingkat kelembaban 85 persen. Kondisi serupa juga dialami Kotabaru.

Meski kedua wilayah itu berpotensi besar diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang, namun BMKG juga mengingatkan agar warga di wilayah lainnya di Kalsel untuk waspada

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah kab/kota Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Tapin, Barito Kuala, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG dalam laman resminya, Jumat (14/2).

Potensi hujan lokal pada malam hari juga nampak di beberapa wilayah 13 kab/kota Kalsel. Terkecuali, Banjarmasin, Marabahan (Barito Kuala), Pelaihari (Tanah Laut), dan Tanjung (Tabalong).

Sebelumnya, potensi hujan lokal juga terlihat pada siang hari. Namun potensinya hanya hujan lokal. Seperti Banjarbaru, Banjarmasin, Batulicin, Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Kotabaru, Martapura (Banjar), dan Rantau (Tapin).

Sementara pada pagi hari, seluruh wilayah Kalsel diprakirakan bebas hujan. Rata-rata dalam keadaan berawan dan cerah berawan. Secara umum suhu udara ada di kisaran 24-34 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembangan antara 55-100 persen.

Baca Juga: Pengemudi Mobil Bawa Ratusan Miras Masih Misteri

Baca Juga: Saat Rapat Paripurna, Hormansyah Minta Ketegasan Pemprov Atasi Banjir HSU

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin