apahabar.com
Ketua DPC PDIP Tanah Bumbu, Saipul Rahman (tengah). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Berbagai rangkaian kegiatan meriahkanHari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke-47 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Mulai dari kegiatan olahraga, kesenian daerah hingga berbagai hiburan lainnya.

Parade kesenian adat budaya daerah salah satunya juga ikut menyemarakkan HUT partai wong cilik tersebut, yakni kesenian Kuda Lumping atau biasa disebut Jaranan.

“Melalui momentum hari ulang tahun PDIP ini, kita akan kembali mencoba untuk melestarikan kesenian tradisional adat budaya daerah yang sudah mulai pudar,” ujar Ketua DPC PDIP Tanbu, Saipul Rahman, Sabtu (15/02).

Saipul Rahman menyebut saat ini kesenian daerah sudah sangat jarang ditampilkan, terlebih di daerah perkotaan.

“Sangat jarang tampil, kalaupun ada itupun mungkin hanya di pelosok desa yang masih kental dengan tradisi dan saat acara tertentu saja,” tuturnya.

Untuk itu, kata Bang Ipul yang akrab sapaannya, agar tetap eksis dan bertahan, kesenian adat budaya harus tetap ditampilkan di tengah-tengah modernnya zaman untuk menjaga kelestariannya.

“Kita berharap dengan ini kesenian adat daerah, khususnya kuda lumping tetap eksis di mata masyarakat seiring dengan berkembangnya zaman dan kesenian modern lainnya,” tandasnya.

Sebelumnya HUT PDIP ke-47 di Tanbu juga dimeriahkan dengan lomba balogo, festival body contest, senam sehat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ultah, Bos BKW Bangun Musala ‘Tajerian Noor’ di Kotabaru

Baca Juga: Update Banjir Amuntai: BPBD Siaga, Polisi Jemput Tahanan

Baca Juga: Besok, 7 Mahasiswa Kalsel di China Tiba dari Natuna

Baca Juga: Sensus Penduduk 2020 Secara Online, BPS Terjunkan Ribuan Relawan

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif