Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Indonesia Setop Penerbangan ke China Mulai 5 Februari

- Apahabar.com     Minggu, 2 Februari 2020 - 20:47 WITA

Indonesia Setop Penerbangan ke China Mulai 5 Februari

Kabin krew dengan mengenakan baju steril melakukan persiapan akhir di dalam pesawat tipe A-330 milik Batik Air ID 8618 yang akan digunakan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah akhirnya bersikap dengan menghentikan penerbangan ke China mulai 5 Februari 2020. Keputusan itu mengemuka ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, rapat di Pangkalan Halim tersebut juga membahas rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyusul merebaknya wabah virus Corona yang melanda China.

“Baru saja rapat terbatas yang dipimpin oleh Bapak Presiden dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma,” kata Retno seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (2/2).

Retno menyampaikan beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut. Pertama, sejumlah 243 orang, termasuk 5 orang Tim Aju (tim pendahulu) yang dipulangkan dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, telah tiba dengan selamat di Natuna.

“Mereka akan melalui masa observasi selama 14 hari. Masa observasi ini juga akan dilakukan oleh 42 tim penjemput WNI dari Wuhan, sehingga total orang yang akan menjalankan observasi adalah 285. Sampai saat ini alhamdulillah mereka dalam kondisi sehat,” jelas Retno.

Kedua, Retno mengatakan bahwa Menteri Kesehatan bersama dengan tim akan membuka kantor di Natuna. “Juru bicara dari Menteri Kesehatan dari waktu ke waktu akan menyampaikan update perkembangan,” imbuhnya.

Ketiga, Retno menyebut bahwa penerbangan langsung dari dan ke daratan China ditunda untuk sementara mulai hari Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB.

Keempat, lanjut Retno, semua pendatang yang tiba dari daratan RRT dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia.

Kelima, kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di daratan RRT untuk sementara dihentikan.

“Keenam, pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China,” tandasnya. (lip6)

Baca Juga: Tim Evaluasi Monitor Program Indonesia Mengajar di HSS  

Baca Juga: Indonesia Hentikan Sementara Kebijakan Bebas Visa Turis China

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Alasan 11 Tahun Aturan Zonasi BPK Kota Banjarmasin Masih Sulit Diterapkan
apahabar.com

Tak Berkategori

Usai Libur Panjang, Rupiah Hari Ini Diperkirakan Menguat
apahabar.com

Tak Berkategori

Tiga Kapal DLU Disiapkan untuk Arus Mudik di Batulicin
apahabar.com

Tak Berkategori

Motif Korban pembeli Tuyul, Polisi: Pengen Tobat Jadi Waria
apahabar.com

Tak Berkategori

Mengenang Abah Guru Sekumpul (13), Berguru pada 179 Ulama, Tersebar dari Banjar hingga Tanah Suci
Presiden Jokowi

Tak Berkategori

Presiden Jokowi: G20 Harus Dorong Penguatan Peran UMKM dan Perempuan Melalui Aksi Nyata
apahabar.com

Tak Berkategori

Inflasi Kalsel 0,27 Persen, Peran Pemda dan BI Dinilai Urgen!
Para Satpam dengan seragam baru mengikuti upacara HUT Satpam di Polda Kaltim. apahabar.com / istimewa

Tak Berkategori

Mirip Polisi India, Seragam Baru Satpam Bikin Tak Percaya Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com