Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel Titah Jokowi di Mataraman Kalsel: Segera Perbaiki Jembatan BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako

Istana Pastikan 245 WNI dari Wuhan Sehat

- Apahabar.com Minggu, 2 Februari 2020 - 12:18 WIB

Istana Pastikan 245 WNI dari Wuhan Sehat

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah telah mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, Minggu (2/2). Mereka yang berjumlah 245 orang itu dipastikan dalam keadaan sehat.

Istana Kepresidenan melalui juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman memastikan mereka yang dijemput dinyatakan sehat sesuai standar WHO (World Health Organization).

Baca Juga: Peneliti Apresiasi Langkah Cepat Jokowi Evakuasi WNI dari Wuhan

“Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO,” kata Fadjroel Rachman dikutip apahabar.com dari Antara, Minggu.

Pemerintah menurutnya, telah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi ini berdasarkan Inpres Nomor 4/2019 dibawah koordinasi dua Menteri Koordinator, Menkopolhukam dan Menko PMK.

Fadjroel menambahkan, segera setelah tiba di tanah air, sesuai pernyataan Menlu, Menkes, Panglima TNI, maka 245 WNI tersebut akan menjalani transit observasi di pangkalan militer TNI di Natuna yang memiliki fasilitas lengkap rumah sakit yang dikelola tim dokter dari tiga mantra (AD, AU, AL).

Petugas menyemprotkan cairan khusus kepada setiap Warga Negara Indonesia dari Wuhan yang tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Berdasarkan pantauan Antara, setiap WNI yang turun dari tangga pesawat langsung disemprot. Mereka berputar demi memastikan seluruh pakaian dan bagian luar tubuhnya terkena cairan itu.

Selesai disemprot, WNI memasuki pesawat TNI AU yang sudah siaga di Bandara Hang Nadim Batam, untuk membawa seluruhnya ke Kabupaten Natuna.

Disemprot Cairan Khusus

WNI nampak sehat, meski beberapa di antaranya terlihat lelah setelah menempuh sekitar 6 jam perjalanan dari China. Seluruh WNI juga terlihat mengenakan masker saat turun dari pesawat.

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Batam memperkirakan waktu perpindahan WNI dari Batik Air ke pesawat TNI AU hanya tidak lebih dari satu jam.

Sebelumnya, Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny membenarkan bahwa pesawat akan disemprot disinfektan, sesuai prosedur keamanan kesehatan.(ant)

Baca Juga: Pesawat Tim Penjemput 245 WNI Mendarat di Bandara Wuhan China

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dugaan Kekerasan ke Jurnalis saat Demo, Kadiv Humas Polri: Kami Melindungi Wartawan
apahabar.com

Nasional

Kantor Hanura di Cipayung Jakarta Disegel, Ada Apa?
apahabar.com

Nasional

Jokowi Anggarkan Rp 1,9 Trliun untuk Reboisasi Nasional
apahabar.com

Nasional

Saat Tunjuk Najmul Akhyar jadi Sekjen, Apkasi Salurkan Bantuan Bencana Rp3,1 M

Nasional

Resmi Bebas dari Mako Brimob, Ahok Dijemput Putra Sulung
apahabar.com

Nasional

Ujian Nasional Dihapus, Menteri Nadiem: Jamin Tak Buat Siswa Lembek
apahabar.com

Nasional

Warga Sebut Perusuh di Slipi Bukan Penduduk Setempat
apahabar.com

Nasional

Wanita 350 Kg Takut Dioperasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com