Akhir Pekan Ini, Wisata Siring Banjarmasin Resmi Ditutup Lagi Dokter Kalsel Gugur karena Covid-19, IDI: Sudah 55 Terjangkit! Ibunya Reaktif Tes Covid-19, Bayi di Banjarmasin Meninggal Dunia Rapid Test di Banjarmasin Rp 500 Ribu, Dinkes Siapkan Sanksi Klarifikasi Oknum Dokter Banjarbaru Dugaan KDRT Istri Pertama




Home Kalsel

Kamis, 6 Februari 2020 - 20:57 WIB

Jadi Cagar Budaya, Makam Sultan Suriansyah Perlu Perbaikan

Redaksi - Apahabar.com

Audensi Komisi II DPRD Banjarmasin bersama masyarakat Kuin Utara dan Dinas Pariwisata membahas perbaikan Makam Sultan Suriansyah. Foto- apahabar.com/ Ahya Firmansyah

Audensi Komisi II DPRD Banjarmasin bersama masyarakat Kuin Utara dan Dinas Pariwisata membahas perbaikan Makam Sultan Suriansyah. Foto- apahabar.com/ Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagai salah satu situs sejarah dan wisata religi, Makam Sultan Suriansyah di kawasan Kuin Utara, punya peranan penting bagi masyarakat Banjarmasin.

Sayangnya, sejumlah bangunan Makam Sultan Suriansyah kini mulai mengalami kerusakan. Bagian atap pun bocor sehingga cukup mengganggu masyarakat atau peziarah.

Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin, M Faisal Hariyadi usai menerima perwakilan masyarakat Kuin Utara mengatakan, saat ini memang perlu pembenahan maupun perbaikan sarana di Makan Sultan Suriansyah Banjarmasin.

“Sebagai situs sejarah dan wisata religi, dari laporan masyarakat kondisinya saat ini cukup memperihatinkan. Perlu segera dilakukan perbaikan karena ini salah satu icon kota Banjarmasin,” ucap Faisal, Kamis (6/2).

Baca juga :  Bina Silaturahmi, Wakapolda Kalsel Kunjungi Walikota Banjarmasin

Dijelaskan Politisi PAN itu, Makam Sultan Suriansyah saat ini pengelolaannya memang bukan di bawah Dinas Pariwisata Banjarmasin.

“Bagaimana caranya Makam Sultan Suriansyah bisa diperbaiki. Kami tidak mempersoalkan soal pengelolaan. Yang paling penting diperbaiki dulu,” harapnya.

Pertemuan masyarakat bersama wakil rakyat yang diikuti Wakil Ketua DPRD Banjarmasin HM Yamin dan Kepala Dinas Pariwisata Banjarmasin, Ehsan Elhaque.

Menurut Ehsan Pemkot Banjarmasin tidak bisa sepenuhnya melakukan perbaikan bangunan Makam Sultan Suriansyah. Dikarenakan bukan aset milik Pemkot Banjarmasin.

Baca juga :  Dua Fraksi DPRD Atensi Besaran Sisa Anggaran 2019 Pemprov Kalsel

Secara aturan lanjut Ehsan, ada keterbatasan dalam mengeluarkan anggaran seperti rehabilitasi gedung yang saat ini perlu mendapat perbaikan.

“Kami bukannya tidak mau melakukan perbaikan hanya saja secara aturan tidak bisa dilakukan mengingat bukan aset milik Pemkot Banjarmasin. Namun untuk kebersihan dan keamanan kami bantu agar kawasan Makam Sultan Suriansyah tetap bersih dan aman,” tandasnya.

Baca Juga: Tulisan Siring Laut Kotabaru Ambyar Diterjang Angin!

Baca Jug: Perangi Giji Buruk, Bulog Kampanyekan Beras Bervitamin

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Usai KPK, Temuan Tambang Ilegal di Tala Jadi Atensi DPR RI
apahabar.com

Kalsel

Pasien Positif Covid-19 di Tanbu Bertambah 2 Orang
apahabar.com

Kalsel

Cicipi Kue berbahan Ikan, Mama Lita ‘Master Chef’: Kuliner Banjar Go Internasional
apahabar.com

Kalsel

Hanya 20 Persen Napi di Banjarmasin Salurkan Hak Suaranya
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 di Tabalong Tembus 3 Digit, Kesembuhan Capai 40 Persen
apahabar.com

Kalsel

Tiga nama kuat Kandidat Calon Wabup HST
apahabar.com

Kalsel

Cegah Corona, Rumah Zakat Kalsel Semprot Disinfektan di Masjid Hasanuddin Madjedi
apahabar.com

Kalsel

Sempat Diguyur Hujan, Udara Marabahan Tetap Bau Asap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com