Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Jokowi Bahas Dua Hal Besar dengan Presiden Singapura

- Apahabar.com Selasa, 4 Februari 2020 - 15:59 WIB

Jokowi Bahas Dua Hal Besar dengan Presiden Singapura

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara dan Presiden Singapura Halimah Yacob beserta suami di teras belakang Istana Kepresidrnan Bogor, Selasa (04/02). Foto-Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga/am

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan membahas dua hal besar dengan Presiden Republik Singapura Halimah Yacob, saat menerima kunjungan kenegaraan pemimpin Negeri Singa itu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (04/02).

Saat memberikan pernyataan pers bersama di Istana Bogor, Presiden Jokowi menyampaikan menghargai komitmen Singapura melanjutkan kerja sama dua negara.

“Suatu kehormatan bagi saya menerima kunjungan presiden Singapura Presiden Halimah Yacob dan delegasi ke Indonesia. Dalam pertemuan belakang tadi kita membahas dua hal besar, yaitu kemajuan hubungan setelah pertemuan saya dengan PM Lee Oktober 2019 yang lalu dan kerja sama investasi serta hubungan masyarakat,” kata Jokowi.

Baca Juga: Bersama Presiden Singapura, Jokowi Tanam Pohon Damar di Istana Bogor

Jokowi menyampaikan ini merupakan kunjungan pertama Presiden Halimah ke Indonesia. Dia menekankan Singapura merupakan tetangga dekat Indonesia.

Menurut Jokowi, hubungan erat yang telah dibangun kedua negara tidak hanya di bidang ekonomi, namun juga hubungan antarmasyarakat.

“Saya sangat puas dengan kemajuan kerja sama kita,” ujar Jokowi.

Kemajuan kerja sama Indonesia-Singapura antara lain ditunjukkan dengan pertama, ditandatanganinya negosiasi perjanjian persetujuan penghindaran pajak berganda.

Kedua, selesainya perundingan dan telah ditandatanganinya kerja sama penegakan hukum kepabeanan antara Ditjen Bea Cukai dengan Singapore Police Coast Guard.

Ketiga, implementasi rising fellowship program berupa pelatihan sejumlah kepala daerah dari Indonesia.

Keempat, telah disepakatinya perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore. Kelima, realisasi dan penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4.0.

“Selain itu, kita juga membahas kerja sama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia,” tutur Jokowi.

Jokowi menyampaikan Singapura adalah negara sumber investasi terbesar di Indonesia sejak 2014. Dirinya sangat menghargai komitmen Singapura untuk terus melanjutkan kerja sama investasi termasuk proyek infrastruktur di Indonesia.

Sementara di bidang pendidikan beberapa kerja sama yang akan didorong antara lain pertama, proyek penguatan kerja sama di blok 71 serta kolaborasi blok bisnis Indonesia dan unit bisnis salah satu universitas di Singapura.

Kedua, kerja sama pelatihan bagi pengajar dosen politeknik difasilitasi Singapore politeknik dan kementerian perindustrian Republik Indonesia.

Ketiga, kerja sama pelatihan antara YPAC dan Singapore Internasional Foundation dan Singapora Head Services.

Keempat kerja sama pendidikan serta research and development antara universitas kedua negara.

“Saya juga mengajak Presiden Halimah untuk terus mendorong penguatan kerja sama pendidikan dan R&D. khususnya di bidang pelatihan vokasi dan hubungan antarmasyarakat,” papar Jokowi menjelaskan.

Sementara itu, Presiden Singapura Halimah Yacob menyampaikan Presiden Jokowi dan dirinya sepakat bahwa ekonomi Indonesia dan Singapura terus meluas.

Dia juga mengaku puas atas berbagai kerja sama yang dilakukan Singapura dengan Indonesia, salah satunya proyek bersama pembangunan Kendal Industrial Park.

“Posisi Singapura sebagai negara yang menjadi salah satu sumber investasi terbesar bagi Indonesia sejak enam tahun terakhir menunjukkan kepercayaan Singapura atas perkembangan ekonomi Indonesia,” kata Presiden Halimah.(Ant)

Baca Juga: Jokowi Sebut Virus Corona Sebagai Bencana

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Selamat, Akhirnya Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Bertekad Bawa Indonesia Jadi Negara Besar

Nasional

Isu Potensi Gempa Megathrust, Warga Diminta Tingkatkan Literasi Agar Tidak Kagetan

Nasional

Industri Gim Indonesia Jauh Tertinggal dari China
apahabar.com

Nasional

Herman Seventeen yang Caleg PKB Meninggal, Cak Imin: Dia Orang Baik
apahabar.com

Nasional

Baru 2 Warga Ajukan Pencantuman Penghayat Kepercayaan di E-KTP
apahabar.com

Nasional

Jemaah  Haji yang Hilang Karena ke Toilet Masih Belum Ditemukan
apahabar.com

Nasional

Ma’ruf Ajak Santri Ath Thahiriyah Melek Teknologi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com