Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres Live Streaming SCTV & Link Siaran Langsung Liga Champions Ajax vs Liverpool, Prediksi Pemain!

Jokowi Harapkan BUMN-Swasta Bantu Danai Riset

- Apahabar.com Kamis, 6 Februari 2020 - 19:46 WIB

Jokowi Harapkan BUMN-Swasta Bantu Danai Riset

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (06/02). Foto-Antara/Indra Arief

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan peran BUMN dan swasta untuk membantu pendanaan riset, agar tidak hanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (06/02), mengatakan riset dan penelitian harus dilakukan menyeluruh, dan dekat dengan aplikasi serta kebutuhan di dunia industri. Maka itu, ia tidak ingin riset dilakukan secara tidak komprehensif dan tidak aplikatif dalam kehidupan masyarakat.

Kepala Negara menekankan proses riset dan hilirisasi riset agar dapat menghasilkan produk unggulan.

“Pendanaan riset yang memadai, sehingga tidak setengah-setengah. Hal ini membutuhkan bukan hanya konsolidasi anggaran riset yang bersumber dari APBN tapi juga butuh dorongan pendanaan riset dari BUMN maupun sektor swasta,” katanya.

Dalam riset, Jokowi meminta adanya peta jalan (road map) yang mengadaptasi konsep hilirisasi. Dengan begitu, peta jalan itu memuat aspek-aspek hilirisasi riset hingga ke tahap produksi massal.

Dalam proses riset, Jokowi mengharapkan perguruan tinggi dan para ilmuwan dapat menerapkan konsep yang aplikatif dengan dunia industri.

“Hasil riset yang dihasilkan lembaga dan ini harus tersambung dengan dunia industri. Sehingga bisa diproduksi secara massal dan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat dan dunia usaha,” katanya.

Jokowi mengapresiasi produk teknologi berbasis riset yang sudah dihasilkan seperti kapal selam buatan PT. PAL di Surabaya. Kemudian juga, pesawat tanpa awak (drone), katalis, teknologi konstruksi kapal dan juga teknologi “stem cell”.

“Kemudian teknologi konstruksi kapal yang memungkinkan membuat kapal nelayan yang dijamin aman namun dengan harga yang lebih murah. Kemudian juga teknologi stemcell ortopedi yang dikembangkan oleh UI dan RSCM dan juga banyak lagi yang lainnya,” ujarnya.(Ant)

Baca Juga: Bahas Ratifikasi IA-CEPA, Jokowi Akan Berkunjung ke Australia

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Kementerian dan Pemda Selesaikan Tumpang Tindih Lahan

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Ekonomi Kalsel Tumbuh 4,08 Persen, Pengamat: Masih Dikuasai Asing
apahabar.com

Ekbis

Rabu Pagi, Rupiah Masih Melemah 6 Poin
apahabar.com

Ekbis

Cara KPw BI Kalsel Libatkan Masyarakat Kendalikan Inflasi
apahabar.com

Ekbis

Asosiasi UMKM Sulit Masuki Pasar Modal
apahabar.com

Ekbis

Biar Tak Boros, Mau Tau Caranya?
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Rp1 Juta per Gram, Simak 4 Taktik Investasinya
apahabar.com

Ekbis

Aksi Buru Saham Murah, Simak Dampaknya pada IHSG Hari Ini
apahabar.com

Ekbis

Senin Pagi, Rupiah Menguat 0,28%
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com