MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Jokowi Wacanakan Bangun Tol Hubungkan Kalsel dan Ibu Kota Negara

- Apahabar.com Sabtu, 8 Februari 2020 - 19:03 WIB

Jokowi Wacanakan Bangun Tol Hubungkan Kalsel dan Ibu Kota Negara

Presiden Joko Widodo dan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Sabtu (08/02). Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARBARU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen mendorong kemajuan wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pintu gerbang Ibu kota Negara yang baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi juga membuka wacana pembangunan jalan tol untuk menghubungkan Kalsel dan Ibu kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Saya sudah tanya ke Gubernur Kalsel berapa jam dari sini ke Kaltim jika dibangun jalan tol, kata gubernur 3 hingga 4 jam saja. Bahkan dari Batulicin, bisa tembus 1,5 jam,” kata Presiden yang disambut tepuk tangan meriah dari undangan yang hadir di acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (08/02).

Jokowi mengaku baru mengetahui jika posisi antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu ataupun Kotabaru di Kalsel sangat berdekatan.

“Kondisi jarak yang dekat ini tentu memudahkan kita untuk mengintegrasikan antar wilayah di Kalimantan khususnya Kaltim dan Kalsel,” jelasnya.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyiapkan lahan seluas 300 ribu hektare apabila dibutuhkan untuk pengembangan Ibu kota Negara yang baru.

“Gubernur ini masih desak terus ke Presiden. Berarti masih belum terima kelihatannya,” ucap Jokowi sembari berkelakar.

Saat menyinggung Ibu kota Negara, Kepala Negara pun menayangkan video desain calon Ibu kota Negara yang berkonsep ramah lingkungan, dekat dengan alam serta modern sejalan dengan kemajuan teknologi abad 21 yang diberi nama Nagara Rimba Nusa oleh sang pemenang sayembara desain Ibu kota Negara.

HPN tahun ini mengangkat tema besar “Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Gerbang Ibu Kota Negara”. Dengan tema tersebut, pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mendukung sepenuhnya kemajuan Kalsel menyongsong Ibu Kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(Ant)

Baca Juga: Ke Australia, Jokowi Bahas Investasi dan Kerja Sama Ekonomi

Baca Juga: Jokowi Akan Atur Platform Pers Digital Asing

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

‘Tak Sengaja’ Bunuh Harimau Bunting, Halawa Dihukum 3 Tahun Penjara Plus Denda Rp100 Juta
Apahabar.com

Nasional

Gubernur Jabar Siap Disuntik Sinovac, Kandidat Vaksin Covid-19 China
apahabar.com

Nasional

Soal Obat Covid-19, KSAD: Masih Menunggu Hasil Review BPOM
apahabar.com

Nasional

Tempat Ibadah Mulai Buka di Makassar, Jemaah Diwajibkan Ini
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Paman Birin Diminta Jokowi Siapkan Lahan
apahabar.com

Nasional

Jubir Presiden: Perayaan Kemerdekaan RI Momentum untuk Bangkit
apahabar.com

Nasional

Warga Nduga Pingsan karena Cuma Makan Satu Kali
apahabar.com

Nasional

Hari Ini Jokowi Dipastikan Teken Keppres Baiq Nuril
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com