apahabar.com
Ilustrasi. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak terima dituding nunggak bayar ledeng, Bahruddin membantah saat didatangi pegawai kantor PDAM Bandarmasih, Kota Banjarmasin. Pria berprofesi sebagai petani ini lantas menunjukkan bukti pembayaran yang dilakukan tiap awal bulan.

Warga Jalan Tatah Pelatar, Desa Belayung Baru RT 06 No 1 ini lantas menjelaskan jika tudingan itu tidak benar.

Meski sebagai petani, dia merasa penghasilannya selama ini sudah lebih dari cukup, apalagi sekadar untuk membayar air ledeng.

Selama ini, ia mengaku membayar air ledeng ke panitia masjid setempat, karena semua warga di tempat tinggalnya biasa bayar di sana. Sehingga tak perlu lagi ke kantor pelayanan PDAM Bandarmasih.

Dari situ, terang Bahruddin, pengurus masjid membayarkan tiap tagihan air bersih ke perusahaan milik daerah ini.

“Setiap tanggal 1 selalu bayar kita, itu ada bukti notanya,” ujarnya.

apahabar.com
Bahruddin, warga Jalan Tatah Pelatar, Desa Belayung Baru RT 06 No 1 menerima hadiah motor matic dari PDAM Bandarmasih. Foto-Istimewa.

Dia membantah tudingan PDAM yang menganggap dirinya melakukan perbuatan curang dengan mengotak atik meteran air.

Sehingga, dengan demikian perusahaan milik daerah tersebut mengalami kerugian yang besar. Dan jumlah kerugian tersebut ditimpalkan PDAM kepada Bahruddin.

Namun tiba-tiba, bukannya pihak PDAM menerima penjelasan Bahruddin. Sebaliknya malah hanya menyerahkan sepucuk surat dari Humas PDAM Bandarmasih.

Cerita pun berubah, setelah dibuka ternyata isi surat itu menyatakan bahwa Bahruddin berhak menerima hadiah sepeda motor matic. Rupanya, tudingan terhadap dirinya itu hanya sekadar membuatnya kaget.

Seperti biasa, PDAM memberikan hadiah bagi pelanggan yang taat bayar air ledeng, tiap 1-5 awal bulan. Dan Bahruddin merupakan salah satu dari sekian banyak pelanggang yang sudah menerima hadiah.

“Kita kaget dapat undian ini rasanya senang dan gembira. Dan kita harapkan pelanggan lain mencontoh kita,” harapnya usai membaca secarik kertas itu.

Tak hanya, Bahruddin. PDAM juga menyerahkan hadiah serupa kepada Ana, warga Jalan RK Ilir, Kelurahan Kelayan Barat RT 10 No 27, Banjarmasin.

“Kita himbau pelanggan lain disiplin membayar tagihan tanggal 1 setiap bulan,” katanya.

Humas PDAM Bandarmasih, M Nur Wakhid mengungkapkan yang menerima merupakan taat bayar tagihan air bersih selama setahun. Yakni tiap bulan tanggal 1-5.

“Diluar dugaan kita ketika melihat antusiasme mereka yang heboh sampai menangis,” kata Wakhid.

Nur Wakhid menerangkan hadiah yang diberikan ini akan diserahkan pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47 tahun, Senin (17/2). Rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Baca Juga: Pelanggan Teladan PDAM Bandarmasih Dihadiahi Umrah hingga Sepeda, Intip Nama-namanya

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin