Enam Bulan Pandemi Corona di Kalsel, ICU dan Ruang Isolasi Makin Sesak Resmi, Sandiaga Uno Dukung Cuncung-Alpiya di Pilbup Tanbu 2020 Bendera RI Rasa Polandia di SKPD Kotabaru, Sore Hari Baru Diturunkan Pulang dari Banjarmasin, 1 Anggota DPRD Tabalong Positif Covid-19 Hasil Liga Inggris, Kalah 3-1 dari Liverpool, Pelatih Arsenal Arteta Langsung Berburu Gelandang Kreatif

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO

- Apahabar.com Selasa, 4 Februari 2020 - 06:30 WIB

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO

Kaligrafi Arab. Foto-Republika/Putra M. Akbay

apahabar.com, RIYADH – Negara-negara Arab segera mendaftarkan kaligrafi Arab dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Kementerian Kebudayaan Arab Saudi menggelar lokakarya dan pertemuan koordinasi di Riyadh untuk membahas soal pendaftaran kaligrafi Arab ke UNESCO.

Setidaknya, 16 negara Arab berpartisipasi dalam pertemuan yang berlangsung selama lima hari yang diselenggarakan dalam kemitraan dengan Organisasi Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Liga Arab (ALECSO). Langkah ini akan memperkuat kehadiran kaligrafi Arab di forum dan konferensi lokal dan internasional.

Kementerian itu lantas menugaskan Masyarakat Pelestarian Warisan Budaya Saudi (SHPS) untuk melakukan pengelolaan berkas dengan bekerja sama dengan Komite Nasional Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Saudi. Mereka selanjutnya akan menyerahkannya secara penuh kepada UNESCO pada Maret mendatang.

Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Saudi, Hattan bin Mounir bin Samman, mengatakan kaligrafi Arab memiliki nilai yang luar biasa karena sejarahnya yang panjang dan keunikannya sebagai salah satu aspek terkaya identitas budaya Arab dan Islam.

“Kaligrafi Arab telah dan akan terus menjadi fokus dan semangat para ahli, pemangku kepentingan dan mereka yang terlibat dalam urusan budaya, pendidikan dan sains, yang tertarik pada warisan budaya dan manusia,” kata Hattan, dilansir di Arab News, Senin (3/2).

Direktur Jenderal SHPS, Abdulrahman Al-Eidan, mengatakan seni kaligrafi Arab adalah wadah pengetahuan penting yang berisi budaya Arab dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Al-Eidan mengatakan, mendaftarkan kaligrafi Arab ke UNESCO melengkapi pengumuman menteri kebudayaan bahwa 2020 adalah tahun kaligrafi Arab.(rep)

Baca Juga: Haul ke-4 KH Irsyad Zein, Penulis Manakib Guru Sekumpul

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul ke-15, Jokowi dan Kiai Ma`ruf Belum Pasti Hadir

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Live Streaming Tabligh Akbar Prof Dr Habib Basim
apahabar.com

Habar

Saat Haul Guru Sekumpul Pedagang Dilarang Menaikkan Harga Jualan
apahabar.com

Religi

Khutbah dan Nasihat Terakhir Umar Bin Abdul Aziz untuk Umat
apahabar.com

Religi

Cerita Mengagumkan dari Perjuangan Hidup Kiai Hamid Pasuruan
apahabar.com

Habar

Mau Mengundang Ustadz Somad, Begini Alurnya
apahabar.com

Habar

Sambut Silaturahmi IPNU-IPPNU, Pengajar Manbaussa’adah; ke-NU-an akan Jadi Mata Pelajaran
apahabar.com

Habar

NU Putuskan Awal Rajab Jatuh Selasa Ini
apahabar.com

Religi

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Guru Bawai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com