apahabar.com
Pembukaan Kajuaraan Karate Lemkari Kabupaten Banjar Open se-Kalimantan Selatan, yang digelar di Gedung Islamic Center lantai 3, Martapura, Sabtu (15/2). Foto-apahabar.com/hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor membuka Kajuaraan Karate Lemkari Kabupaten Banjar Open se-Kalimantan Selatan, yang digelar di Gedung Islamic Center lantai 3, Martapura, Sabtu (15/2).

Kejuaraan Lemkari ini diikuti 315 peserta dari pelajar dan mahasiswa se-Kalsel. Selain itu, ada beberapa perguruan berasal di luar Kalsel, seperti dari Balikpapan.

Gubernur Kalsel kerap disapa Paman Birin mengatakan, Kejuaraan Lemkari di Kabupaten Banjar ini merupakan salah satu bentuk pembinaan karateka di Banua.

“Pembinaan adalah kunci utama melahirkan para atlet. Jika pembinaan kurang, maka jangan berharap banyak soal prestasi,” kata Paman Birin.

Saat ini, lanjut gubernur, seluruh dunia berlomba-berlomba memajukan olahraga. Oleh karena itu, katanya, kita yang di Kalsel jangan sampai tertinggal. Salah satunya olahraga karate.

“Dari kejuaarn yang berkualitas insya Allah akan menghasilkan atlet yang terbaik. Apalagi peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa, ini adalah bibit masa depan,” katanya.

Lantas bagaimana kejuaraan yang berkualitas menurut Paman Birin?

“Setiap pertandingan jangan sampai bakakalahian (berkelahi). Atlet harus mengutamakan sportifitas. Wasit juga harus adil dan jujur. Kita ingin dapat juara sejati,” tandas Paman Birin.

Turun hadir pada pembukaan Kejuaraan Karate Lemkari, Ketua Lemkari Banjar Irwan Bora, Sekda Banjar HM Hilman, dan Kadinkes Banjar dr Diauddin.

Baca Juga: Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi II Bakal Digelar di Kalsel

Baca Juga: Karate Open Tournament, Paman Birin: Karateka Sejati Anti Korupsi

Reporter: Hendra
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin