Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Kemarin, 1.948 Jemaah Umrah Batal Berangkat

- Apahabar.com Jumat, 28 Februari 2020 - 04:15 WIB

Kemarin, 1.948 Jemaah Umrah Batal Berangkat

Para calon jemaah umrah hanya bisa pasrah batal berangkat ke Tanah Suci. Foto-ANTV/Rusdy M

apahabar.com, JAKARTA – Seribuan lebih jemaah umrah gagal berangkat ke tanah suci Mekah setelah Pemerintah Arab Saudi menyetop umroh untuk melindungi negaranya dari penyebaran virus corona.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umroh dan Haji Khusus (Siskopatuh), jumlah jemaah yang dijadwalkan berangkat pada Kamis (27/02) mencapai 4.448 orang.

Namun, Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan, hanya ada 2.500 jemaah umrah yang sudah terbang ke Arab Saudi sejak pagi tadi. Artinya, ada 1.948 jamaah yang batal berangkat.

“Mereka yang batal berangkat, sebanyak 1.540 orang dari Bandara Soetta Cengkareng, 364 orang dari Bandara Juanda, dan 44 jamaah dari Bandara Kertajati,” ujar Arfi dalam keterangan tertulis seperti dikutip apahabar.com dari Republika.co.id, Kamis (27/02).

Menurut Arfi, seribuan jemaah umrah yang batal berangkat tersebut kini sudah banyak yang kembali ke kediamannya masing-masing.

“Saat ini, sebagian besar dari mereka sudah meninggalkan bandara dan kembali ke kediaman masing-masing. Masih ada satu travel yang belum pulang ke daerahnya karena nunggu penerbangan jam 21.40 WIB,” ucapnya.

Arfi menambahkan, Kementerian Agama akan melakukan rapat koordinasi dengan kementerian terkait, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), dan maskapai penerbangan untuk membahas penanganan atas dampak kebijakan ini.

“Jangan sampai jamaah yang seharusnya berangkat, tidak mendapatkan hak-haknya akibat kegagalan berangkat. Semua demi kemaslahatan dan perlindungan kepada jemaah umrah,” kata Arfi.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, mengatakan, hari ini sudah ada tiga penerbangan yang mendarat di Arab Saudi. Selain itu, ada juga 200 jemaah yang mendarat dengan Saudia Arlines SV200.

“Tidak lama lalu, ada 433 jemaah dengan Lion Air JT 100. Mereka bisa masuk imigrasi untuk kemudian ke Makkah untuk berumrah,” kata Endang Jumali di Jeddah, Kamis (27/02).

Menurut Endang, KUH KJRI terus memantau kedatangan jemaah umrah Indonesia. Diperkirakan sampai malam ini masih ada beberapa penerbangan yang akan mendarat di Jeddah, Arab Saudi. “Berdasarkan data yang kami terima, saat ini masih ada empat penerbangan yang belum mendarat,” tutupnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengeluarkan pernyataan penghentian umroh mulai Kamis (27/02) hari ini. Hal ini dilakukan otoritas Saudi untuk melindungi negaranya dari penyebaran virus Corona. Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel membenarkan informasi penghentian sementara umroh tersebut. “Benar, Info dari Kemenlu KSA (Saudi Arabia),” ujar Maftuh dalam pesan teksnya, Kamis (27/02).(Rep)

Baca Juga: Serikat Penyelenggara Haji dan Umrah Surati Jokowi

Baca Juga: Lion Air Masih Layani Penerbangan Umrah ke Arab Saudi

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: 5.249 Pasien Sembuh, 21.745 Positif
apahabar.com

Nasional

Gegara Tak Nyalakan Lampu Motor, Polisi Peras WN Jepang Viral
apahabar.com

Nasional

Tinjau RS Darurat Wisma Atlet, Presiden Berharap Tidak Sampai Digunakan
apahabar.com

Nasional

Sutopo: Jangan Sebar Hoax Tsunami di Banggai Sulteng
apahabar.com

Nasional

Mantan Calon Bupati dari PDIP Beri Camry ke Mahfud Md?
apahabar.com

Nasional

Bertemu di Istana Bogor, Jokowi dan Pimpinan MPR Bicarakan RUU HIP
apahabar.com

Nasional

Cuaca Ekstrem Siap Terjang Indonesia, Begini Strategi BNPB
apahabar.com

Gaya

Taruh Uang di Bawah Jok, Rp 20 Juta Raib
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com