Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Kepulangan Mahasiswa Dari China Disoroti Banyak Pihak, Ketua IDI Kalsel Buka Suara

- Apahabar.com Senin, 10 Februari 2020 - 14:40 WIB

Kepulangan Mahasiswa Dari China Disoroti Banyak Pihak, Ketua IDI Kalsel Buka Suara

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel, Dr.(cand.) dr. Mohammad Rudiansyah. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepulangan empat mahasiswa Kalimantan Selatan yang menimba ilmu di Kota Nanjing, Provinsi Jiansu, China, menimbulkan kewaspadaan banyak pihak. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin dan Dinas Kesehatan Kalsel menyatakan mereka dalam keadaan sehat dan dapat dipulangkan ke daerah masing-masing.

Sebelumnya, keempat mahasiswa tersebut telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan melalui alat pemindai tubuh saat keluar dari wilayah Cina hingga tiba di Kalsel. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel, Dr.(cand.) dr. Mohammad Rudiansyah menilai aman atas kondisi mereka.

“Iya (aman),” kata dia saat dihubungi¬†apahabar.com, Senin (10/2) siang

Kata Rudi, suhu normal seseorang berkisar 37.2 derajat celcius. Saat baru turun pesawat, mayoritas suhu tubuh mereka berkisar 38 derajat celcius. Namun menurun menjadi 36 derajat celcius usai menjalani pemeriksaan di Klinik KKP selama satu jam.

Dipaparkan Rudi, secara umum coronavirus tidak berbahaya yang termasuk self limited disease atau sembuh sendiri. Tetapi, jika infeksi coronavirus menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru), dapat menyebabkan pneumonia.

“Terutama pada orang lanjut usia, orang dengan penyakit jantung, atau orang dengan sistem kekebalan yang lemah,” sebut dokter spesialis penyakit dalam ini.

Walau begitu, terdapat juga tipe virus ganas yang berakibat fatal pada kematian. Awal Januari 2020 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi jenis baru: 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) di China tepatnya di daerah Wuhan, yang kemudian dikenal dengan Wuhan Coronavirus atau Pneumonia Wuhan.

Hampir setiap orang kata dia, bisa saja mendapatkan infeksi coronavirus setidaknya sekali dalam hidup mereka, kemungkinan besar pada anak kecil.

Baca Juga: Empat Mahasiswa China asal Kalsel Kena Bully karena Corona

“Di Amerika Serikat, coronavirus lebih umum terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Indonesia tentu saja sering sekali, paling sering musim hujan,” bebernya.

Untuk mengetahui gejala yang dialami seseorang apakah flu biasa atau terdeteksi gejala virus corona. Dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium, termasuk kultur hidung dan tenggorokan, serta pekerjaan darah.

“Hasil tes tidak akan mengubah pengobatan gejala, yang biasanya hilang dalam beberapa hari,” lanjutnya.

Dia menekankan, yang perlu menjadi perhatian adalah apabila terjadi infeksi coronavirus yang berat sehingga harus dilakukan penanganan khusus bahkan sampai perawatan ICU.

“Dalam rangka penyelamatan jiwa, karena angka kematiannya tinggi dan sangat cepat terjadi perburukan kondisi,” paparnya

Terakhir, dia mengimbau masyarakat dapat melakukan pencegahan yang paling efektif seperti menghindari kontak dengan penderita. Menjaga kebersihan pribadi seperti selalu mencuci tangan, baik dengan air mengalir dan sabun maupun antiseptik instan atau alkohol. Menggunakan masker apabila ada orang yang batuk, pilek dan demam.

“Cara penanganannya juga sederhana, istirahat yang cukup, banyak minum dan obat pereda gejala seperti anti demam tapi hindari pemberian aspirin,” tutup dia.

Baca Juga: Pulang dari China, Segini Suhu Tubuh 4 Mahasiswa Kalsel

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hujan Kembali Diperkirakan Turun di Akhir Pekan
apahabar.com

Kalsel

Malam Tahun Baru di Hotel Mercure Banjarmasin, Pengunjung Dikawal Orang Berpakaian Loreng Lengkap Bersenjata
apahabar.com

Kalsel

Mendagri Resmikan PKN GNRM di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Geger !! Temuan Mayat Mengapung di Bantaran Sungai Martapura
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Bebas Zona Merah, Berikut Sebaran Covid-19 Per Kelurahan

Kalsel

Bank Perkreditan Rakyat Martapura Dibobol..!!
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Ritual Basarahan Penutup Aruh Adat Dayak Meratus
apahabar.com

Kalsel

Warga Negara Asing di Batulicin Miliki KTP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com