Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

KLHK Tindaklanjuti Arahan Jokowi untuk Lakukan Rehabilitasi Lahan

- Apahabar.com Senin, 17 Februari 2020 - 07:00 WIB

KLHK Tindaklanjuti Arahan Jokowi untuk Lakukan Rehabilitasi Lahan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Presiden Joko Widodo. Foto-Antara/HO-KLHK

apahabar.com, BOGOR – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni melakukan rehabilitasi lahan guna mengatasi sedimentasi di Waduk Gajah Mungkur, di Wonogori, Jawa Tengah.

“Mendapat arahan dari Presiden, saya langsung menggelar rapat bersama jajaran eselon I yang juga dihadiri wakil menteri LHK,” kata Menteri LHK, Siti Nurbaya melalui pernyataan tertulisnya, Minggu (16/02).

Menurut Siti Nurbaya, pada rapat koordinasi tersebut, dirinya menginstruksikan kepada pejabat eselon I dan jajarannya agar segera bertindak melaksanakan arahan Presiden. “Langkah awal yang dilakukan adalah menyiapkan persemaian bibit tanaman untuk penghijauan,” katanya.

KLHK mempersiapkan pembibitan tanaman secara besar-besaran, yakni sekitar 50 juta hingga 100 juta bibit pohon dalam satu provinsi. “Bibit tersebut disalurkan kepada masyarakat melalui KBD (kebun bibit desa). Karena itu di desa-desa tempat rehabilitasi lahan, harus dibangun KBD,” katanya.

Menurut Nurbaya, tercatat ada sekitar 25.000 desa di Indonesia yang lokasinya berada di dekat hutan, yang dibangun KBD.

Pada rehabilitasi lahan di sekitar Waduk Gajah Miungkur yakni di Desa Jatisara, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, guna mencegah erosi tebing serta mengurangi laju sedimentasi ke waduk, dilakukan penanaman pohon, pembangunan satu unit dam penahan, serta pembuatan teras bangku, guludan dan trucuk.

“Kombinasi berbagai perlakuan tersebut dilakukan secara menyeluruh pada satu sistem lahan, sehingga pola pencegahan erosi tebing dan longsor bisa efektif. Penataan ruang, pengendaliannya, serta pengembalian fungsi retensi air di setiap segmen bentang alam harus menjadi perhatian semua pihak,” katanya.

Nurbaya menambahkan, terkait rehabilitasi lahan ini, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghijauan dan menjaga ekosistem.

Beberapa tataman penghijauan, seperti sengon, tanaman buah, vetiver, dan porang, menurut Nurbaya, baik ditanam di lahan yang curam dan rawan longsor, karena akar pohon tersebut mampu mengingat tanah dengan kuat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Sabtu (15/2). Presiden yang didampingi antara lain, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Negara Pratikno, Menteri LHK Siti Nurbaya,Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang kemudian bersama masyarakat setempat, juga melakukan rehabilitasi lahan menanam tanaman vetiver di sekitar Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri.(Ant)

Baca Juga: Keluarga Mahasiswa asal Kaltara: Terima Kasih Pak Jokowi

Baca Juga: Survei Indo Barometer: Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Meningkat

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Transit Merkurius Usai, Siap-Siap Mengamati Gerhana Matahari Cincin
apahabar.com

Nasional

Mendagri: Jangan Pilih Lagi Kepala Daerah yang Tak Serius Tangani Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pemulangan 660 WNI Eks ISIS ke Indonesia, Jokowi: Masih Diperhitungkan Plus Minusnya
apahabar.com

Nasional

Luangkan Waktu Khusus untuk Jenguk Ani Yudhoyono
apahabar.com

Nasional

New Normal, Pemerintah Pusat Evaluasi Rencana Pembukaan Mal
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Tes SKD CPNS Mulai Digelar Serentak
apahabar.com

Nasional

PKPPKD: Kaltim Disalip Kalteng Terkait Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan
apahabar.com

Nasional

Sempat Tak Percaya Suami Meninggal, Begini Firasat Istri Herman Seventeen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com