Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Limbah Hotel Pyramid, Kadis DLH: Belum Ada Indikasi Pencemaran

- Apahabar.com Selasa, 25 Februari 2020 - 21:46 WIB

Limbah Hotel Pyramid, Kadis DLH: Belum Ada Indikasi Pencemaran

Saluran pipa milik Hotel Pyramid Suites yang diduga telah mencemari lingkungan sekolah. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Hotel Pyramid Suites, Jalan Skip Lama, Banjarmasin Tengah menjadi sorotan. Pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Antasan Besar 7 yang berbelakangan dengan hotel mengeluhkan adanya dampak yang ditimbulkan oleh bangunan hotel terhadap sekolah.

Komisi IV DPRD Banjarmasin yang datang melihat langsung kondisi sekolah, Jumat (21/2) mendapati beberapa persoalan yang dihadapi, seperti patok hotel yang melampaui dan dianggap mencaplok aset sekolah, kerusakan bangunan sekolah atas bangunan hotel dan limbah pembuangan hotel yang dianggap mencemari lingkungan sekolah.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin saat mengetahui adanya laporan masuk terhadap pencemaran lingkungan di sekolah tersebut bereaksi.

Kepala Dinas LH Kota Banjarmasin, Mukhyar memerintahkan bawahannya untuk melihat langsung laporan terhadap bau menyengat dan pembuangan limbah yang diduga mencemari sekolah tersebut.

“Setelah saya pinta jajaran saya melihat ke sana, mereka belum menemukan adanya indikasi Hotel Pyramid Suites membuang limbah sembarangan dan bisa menimbulkan terhadap tercemarnya lingkungan sekitar, khususnya SDN Antasan Besar 7,” kata Mukhyar saat dihubungi, Selasa (25/2).

Mukhyar mengemukakan, menyikapi laporan diterima pihaknya sudah menurunkan petugas untuk melakukan terhadap sistem pengelolaan dan pembuangan limbah Hotel Pyramid Suites.

“Secara kasat mata petugas kami belum ada menemukan Hotel Pyramid Suites membuang limbah sembarangan atau menyalurkan ke belakang SDN Antasan Besar 7, pembuangan limbah khususnya limbah cair langsung diolah dan disalurkan melalui Intalasi Pengelohan Air Limbar (IPAL) yang dimiliki Hotel Pyramid Suites,” ujar Mukhyar.

Meski demikian, Mukhyar menerangkan pihaknya  dalam waktu dekat kembali akan menurunkan tim  untuk memeriksa secara lebih teliti lagi terhadap sistem dan pengelolaan pembuangan limbah di hotel terserbut.

“Sebab  pada Senin sore (24/2) kemarin, sewaktu kami menurunkan petugas  dalam melakukan pemeriksaan pembuangan limbah pada Hotel Pyramid Suites waktu sangat sempit,” tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan Mukhyar, selain melakukan pemeriksaan ulang, pihaknya sudah meminta agar pihak SDN Antasan besar 7 agar mengambil foto dan video aktifitas Hotel Pyramid Suites jika benar membuang limbahnya ke sekitar sekolah tersebut.

“Terkait pembuang limbah sembarangan dan mengancam pencemaran lingkungan kami tidak akan mentolerir, kita akan tindak tegas,” pungkasnya.

apahabar.com

Pihak DLH Kota Banjarmasin bertemu langsung dengan pihak manajemen hotel guna mendapatkan keterangan langsung atas persoalan yang muncul. Foto-Istimewa

Baca Juga: Puluhan Siswa Dibekali Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Bangsa  

Baca Juga: Kuasa Hukum Pimred Banjarhits Desak Kumparan Bertanggung Jawab

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Gelar Operasi Patuh, Masker Juga Menjadi Perhatian
apahabar.com

Kalsel

Imbas Corona, Biddokkes Polda Kalsel Pending Sejumlah Agenda

Kalsel

Resmi, 10 Kapolsek di Tanah Bumbu Kalsel Diganti
apahabar.com

Kalsel

Malam Idul Fitri, Warga Tapin Ramaikan di Pusat Kota
apahabar.com

Kalsel

Jumlah Pasien Sembuh Terus Lampaui Kasus Positif Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Grand Final Putri Pariwisata Kalsel 2019, Wakil Tabalong Maju di 3 Besar
apahabar.com

Kalsel

Lewat Kunjungan, Peserta Diklat Dispersip Tiru Banyak Hal  
apahabar.com

Kalsel

Razia Jelang Tahun Baru, Wisnu: 2 Pengunjung Grand Positif Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com