apahabar.com
 Puluhan remaja yang terindikasi berbuat mesum di kamar hotel terjaring razia Satpol PP Banjarmasin, Jumat pagi. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kenakalan remaja sepertinya masih menghantui Kota Baiman, sebutan Banjarmasin.

Momen Valentine atau Hari Kasih Sayang ternyata kerap disalahgunakan oleh beberapa pasangan mesum. Muda-mudi ini memilih untuk ‘ngamar’ bareng.

Walhasil ketika petugas Satpol PP Banjarmasin menggencarkan razia pada Jumat pagi (14/2) mereka langsung kocar-kacir.

Dari pantauan apahabar.com, bahkan ada pasangan yang tampak marah dengan mengeluarkan nada tinggi.

Beberapa pasangan lain tampak masih dalam posisi telanjang bulat. Secara spontan remaja itu menuntupi badannya dengan selimut saat petugas datang untuk melakukan penggerebekan.

Korban Ayam Masak Habang di Aluh-Aluh Jadi 100 Orang

Di kamar lain, didapati petugas sebuah kamar yang diisi oleh 7 remaja bau kencur. “Empat orang laki laki, tiga orang perempuan. Mereka terindikasi pesta minuman keras,” ujar Kepala Bidang Tindak Pidana Umum Satpol PP Banjarmasin, Dani Matera kepada apahabar.com.

Penertiban, kata Dani, demi menindaklanjuti sosialisasi dan imbauan Wali Kota Ibnu Sina kepada pengelola hotel pada pukul 20.00.

Pengelola hotel diminta tidak menerima tamu yang berstatus pasangan bukan suami istri. Sebab ketika melakukan mereka otomatis melanggar peraturan daerah.

Dari razia pagi tadi, terdapat 28 pasangan yang tidak bisa menunjukkan berkas dokumen nikah. Mereka di antaranya juga tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Sosialisasi ini juga merealisasikan visi-misi Banjarmasin Barasih Wan Nyaman (Baiman),” tuturnya.

Melawan, Siswa di Kotabaru Lolos dari Serangan Buaya Liar

Lalu apakah sosialisasi sebelum efektif?

Menurutnya, razia bertepatan momen Hari Valentine masih terbilang produktif.

Bayangkan, lanjut dia, ketika tidak ada sosialisasi sebelumnya. Kemungkinan jumlah pasangan mesum bertambah banyak daripada hasil penjaringan sekarang. Apalagi pengelola hotel ‘nakal’ masih kerap menerima tamu di luar nikah.

“Kenapa banyak terjaring, karena hotel yang kita sasar juga banyak. Jadi yang melanggar imbuan bukan hanya pengunjung, pengelola hotel juga ketahuan,” pungkasnya.

Untuk pengelolaan hotel demikian, Pemkot Banjarmasin mengancam bakal menutup tempat usaha tersebut secara paksa jika masih kedapatan menerima pengunjung di luar nikah.

“Kita panggil dulu mereka, jika mengindahkan teguran kami baru disegel seperti hotel yang pernah sebelumnya,” katanya.

Adapun petugas Satpol PP dalam melaksanakan razia Hari Valentine membagi beberapa tim ke setiap kecamatan Kota Banjarmasin.

Wawali Berang, Banyak ABG ‘Ngamar’ Saat Valentine di Banjarmasin

Baca Juga: Gara-Gara Pesan Mesum, Pencabulan Siswi di Kotabaru Terbongkar

Baca Juga: Diduga Hendak Mesum, Oknum Kades Tewas di Dalam Mobil

Baca Juga: Wawali Berang, Banyak ABG ‘Ngamar’ Saat Valentine di Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah