Pengungsi Sempat Reaktif, BBPPKS Kalimantan Sediakan Ruang Isolasi Pria Paruh Baya di Balikpapan Ditemukan Tewas Tergantung Pascabanjir HST, Tumpukan Sampah di Kota Barabai Capai 2.000 Rit Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Vulkanik Setinggi 500 Meter Update Covid-19 di Tanbu: Positif 18 Orang, Sembuh 12

Mukmin Harus Jadi Kuat, Begini Hadis Rasulullah

- Apahabar.com Kamis, 6 Februari 2020 - 06:15 WIB

Mukmin Harus Jadi Kuat, Begini Hadis Rasulullah

Ilustrasi. Foto-lancarrezeki.blobspot.com

apahabar.com, JAKARTA – Rasulullah SAW menyerukan agar individu Muslim menjadi pribadi yang kuat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW.

“Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih disukai Allah daripada Mukmin yang lemah, walaupun ada kebaikan pada keduanya.” (HR Muslim dan Ibnu Majah)

Menurut Sayyid Muhammad Nuh, yang dimaksud kuat dalam hadis tersebut adalah tekad yang jujur, semangat pantang menyerah, keinginan kokoh, cerdas, dan tubuh yang sehat.

Dengan demikian kekuatan yang dimaksud meliputi tiga hal, yaitu: ruh, akal, dan fisik. Tatkala ketiganya kuat, maka akan terbentuklah manusia paripurna yang disukai Allah. Untuk menjadi kuat, ketiga unsur tersebut harus dipelihara kesehatannya. Tentu caranya memeliharanya berbeda.

Pertama, ruh. Unsur ini adalah sumber kekuatan bagi unsur-unsur lainnya. Ruh yang sehat adalah ruh yang mampu membangkitkan semangat hidup.

Khalid Ahmad Syantut memberikan beberapa tips agar ruh kita sehat dan kuat: (1) Tekun beribadah, seperti shalat, puasa, zakat dan sebagainya. Setiap ritual ibadah memiliki manfaat yang sangat besar dalam memelihara kesehatan ruh.

(2) Membaca Alquran. Alquran adalah pembersih hati. Rasul bersabda, “Sesungguhnya hati akan berkarat seperti halnya besi. Sahabat bertanya “Wahai Rasulullah, apa pembersihnya?” Rasulullah menjawab, “Membaca Alquran dan ingat mati” (HR Baihaqi). (3) Zikir atau mengingat Allah. Menurut para ulama, dzikir yang kontinyu bisa memperbaiki kualitas hati.

Kedua, akal. Dengan akal manusia menjadi mulia. Sehingga, dalam banyak ayat Allah memotivasi manusia untuk mengoptimalkan kemampuan akalnya. Bahkan seseorang tidak boleh mengikuti sesuatu kalau ia tidak memiliki pengetahuan tentangnya (QS al-Isra [17]: 36).

Agar akal kita sehat, maka kita harus memberinya makan dengan ilmu. Kita pun harus menghindari makanan atau minuman yang melemahkan akal, seperti minuman keras.

Ketiga, fisik. Islam tidak pernah melupakan fisik. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya jasadmu memiliki hak yang harus engkau tunaikan” (HR Muslim). Ada beberapa tips untuk memelihara kesehatan fisik, yaitu menjaga keseimbangan (tidak lebih atau kurang) dalam hal makan, minum dan tidur.

Kita pun dianjurkan untuk menjaga diri dri penyakit. Dan seandainya sakit, kita diwajibkan untuk berobat. Tips lainnya adalah berolahraga. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk olahraga. Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Abu Dawud mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW pun berlomba lari dengan ‘Aisyah, suatu waktu beliau kalah dan di lain waktu kalah. (rep)

Baca Juga: Pengobatan Ala Nabi Muhammad: Manfaat Henna

Baca Juga: Imam Ibnu Hajar Diprotes Non Muslim Karena Kekayaannya

Baca Juga: Dosa-Dosa Diakibatkan Lidah yang Tak Bertulang

Baca Juga: Jintan Hitam dan Pembuktian Medis Sabda Nabi Muhammad SAW

Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Simak Kisah Perlombaan Sedekah Umar Bin Khattab dan Abu Bakar
apahabar.com

Hikmah

Penghuni Surga Kelak Akan Saling Jenguk dan Tanya Kabar
apahabar.com

Hikmah

Catat, Ini 7 Larangan ketika Muslimah Sedang Haid atau Nifas
apahabar.com

Hikmah

Menyambut Kehadiran Anak, Begini Adabnya Menurut Islam
apahabar.com

Hikmah

Imam Al Ghazali Sebut 7 Anggota Badan yang Harus Dijaga
apahabar.com

Hikmah

Mengapa Pemakaman Disertai dengan Azan, Begini Alasannya
apahabar.com

Hikmah

Umar bin Khattab Tak Bebani Orang yang Penghasilannya Kecil
apahabar.com

Hikmah

Viral Bule Cantik Ateis Anggap Islam Teroris Mendadak Mualaf
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com