UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Nasihat Ustaz Das’ad Latif di Haul Haji Maming ke-4

- Apahabar.com Minggu, 9 Februari 2020 - 10:40 WIB

Nasihat Ustaz Das’ad Latif di Haul Haji Maming ke-4

Suasana Haul Haji Maming yang dihadiri Habib Syech dan Ustaz Das'ad Latif. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Ustaz Das’ad Latif menyampaikan banyak nasihat kepada umat muslim pada Haul Haji Maming bin Rahing ke-4 yang digelar di Cappa Padang Batulicin, Sabtu (08/02) malam.

Ustaz asal Makassar, Sulawesi Selatan itu banyak berbicara soal persoalan rumah tangga, hubungan antara suami dan istri, dan persaudaraan antar sesama manusia.

Dengan gayanya yang kocak, Ustaz Das’ad berhasil menyampaikan pesan religius sambil membuat banyak jemaah tertawa lepas. Sesekali ia menyinggung soal seorang istri yang terlalu galak kepada suami.

“Bukan salah suami kalau dia ingin poligami, karena istrinya di rumah galak sekali,” kata Ustaz Das’ad yang disambut tawa ribuan jemaah.

Pembicaraan soal poligami oleh Ustaz Das’ad disambut riuh oleh jemaah pria yang didominasi bapak-bapak dan jemaah ibu-ibu. Mardani H. Maming dan Syafruddin H. Maming tak jarang ikut tertawa setelah mendengar kata-kata yang terlontar dari Ustaz Das’ad.

Ustaz Das’ad juga menyampaikan pesan serius kepada para jemaah ibu-ibu. Dia menyampaikan ada beberapa sebab wanita menjadi penghuni neraka : suka membentak suami, membebani suami di luar kemampuannya, tidak menjaga aurat, dan tidak mendirikan salat.

Tadi malam, Ustaz Das’ad juga menyinggung fenomena hari ini di media sosial. Dia melihat ada banyak oknum yang sering memotong ceramah para ulama. Karenanya, ia sendiri tidak mau ceramahnya disalahpahami oleh masyarakat.

“Tolong hp-nya disimpan saja. Tidak usah siaran langsung, karena sekarang ada orang-orang yang suka memotong video ulama,” katanya sembari memberikan contoh seperti Ustaz Abdul Somad yang ceramahnya disalahpahami karena videonya dipotong tanpa melihat konteks pembicaraan.

Hal lain yang disampaikan Ustaz Das’ad adalah perkara pentingnya bersedekah. Dia mencontohkan figur Haji Maming adalah contoh nyata orang yang suka bersedekah dan akhirnya menurun ke anak-anaknya. Ia menyampaikan tak ada orang yang usahanya bangkrut karena sedekah.

“Jangan lewatkan satu hari untuk bersedekah. Sedekah itu tolak bala dan bisa memperpanjang umur. Almarhum (Haji Maming) itu rajin sedekah dan menurun ke anak-anak beliau,” katanya.

Dalam kondisinya yang kurang sehat, Ustaz Das’ad masih mampu memberikan siraman rohani kurang lebih satu jam. Hal itu pun mendapat pujian dari Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

“Beliau sedang kurang sehat, tapi masih bisa ceramah sampai satu jam,” kata Habib Syech memuji.

Ketua Yayasan Haji Maming, Syafruddin H. Maming, menyampaikan ucapan terimakasih kepada puluhan ribu jemaah yang hadir pada acara tersebut.

“Ini malam yang sangat membahagiakan. Alhamdulillah kita diberikan umur panjang sehingga bisa bertemu lagi di haul ke-4 ini. Beliau, ayah kami, adalah sosok pekerja keras. Itu yang diajarkan kepada anak-anaknya,” kata Syafruddin H. Maming.

Syafruddin pun memohon doa kepada para jemaah agar bisa menjalankan amanah sebagai anggota DPR RI dan bisa mewakili aspirasi masyarakat Kalsel di Senayan.

“Mohon doa. Mudah-mudahan saya bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai anggota DPR RI,” katanya.

Saat itu, Syafruddin yang populer dipanggil Cuncung meminta masyarakat untuk bersatu kembali usai pelaksanaan Pilpres beberapa waktu lalu yang menguras banyak energi.

“Tak ada lagi 01 atau 02. Yang ada 03 yaitu persatuan Indonesia,” tandasnya.

apahabar.com

Haul Haji Maming ke-4 dihadiri puluhan ribu jemaah dari banyak wilayah di Kalsel. Foto-Istimewa

Baca Juga: Haul Haji Maming, Cuncung dan Habib Syech Kompak Pakai Baju Hijau

Baca Juga: HPN 2020, Menkominfo: Produksi Hoaks Menguras Energi!

Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Wakili PKK HST, Desa Bangkal Dapat Dukungan DLHP
apahabar.com

Kalsel

Sempat Tutup, KPP Pratama Tanjung Tabalong Kembali Layani Wajib Pajak Secara Tatap Muka
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Kelayan Timur, Ibnu Sina Beri Perhatian pada Budaya Banjar
apahabar.com

Kalsel

PUPR Banjarmasin Segera Lanjutkan Proyek Siring Muara Kelayan
Update Kondisi Pengidap Covid-19 di Kalsel 5 April, Simak Rinciannya

Kalsel

Update Kondisi Pengidap Covid-19 di Kalsel 5 April, Simak Rinciannya
Mutasi Polisi

Kalsel

Mutasi Lagi, Perwira Intel Polres Tanah Bumbu Digeser
apahabar.com

Kalsel

Cegah dan Turunkan Stunting, Dinkes Tabalong Programkan Pemberian Makanan Bayi dan Anak
Covid-19

Kalsel

Positif Covid-19 di Tabalong Meningkat Tajam, Kini Tembus 519 Kasus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com