Duh, Harga Minyak Anjlok Terpapar Krisis Covid-19 India Wah, AS Mulai Tak Wajibkan Warganya Pakai Masker & Jaga Jarak Update Saham Spanyol, Indeks IBEX 35 Tergelincir 0,46 Persen Update Saham Inggris, Indeks FTSE 100 Tergerus 0,59 Persen Update Saham Jerman, Indeks DAX 30 Naik 49,46 poin

Paman Birin Singgung Kalsel Tak Jadi Ibu Kota, Ini Kata Jokowi

- Apahabar.com Sabtu, 8 Februari 2020 - 10:28 WIB

Paman Birin Singgung Kalsel Tak Jadi Ibu Kota, Ini Kata Jokowi

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin (kanan) mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam rankaian Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Sabtu (8/2). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menyinggung pupusnya keinginan besar Bumi Lambung Mangkurat ditunjuk menjadi ibu kota negara baru.

Itu dikatakan Paman Birin sapaan akrabnya, di depan Presiden RI Joko Widodo dan para menteri saat memberikan sambutan pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di halaman kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (8/2) pagi.

Paman Birin mengutarakan, bahwa Kalsel saat itu berharap sekali Kalsel dapat ditunjuk menjadi ibu kota negara. Walau akhirnya Presiden menunjuk Provinsi tetangga, Kalimantan Timur menjadi ibu kota negara baru.

Baca Juga: Kapok Lantaran Pernah Tak Hadir di HPN, Jokowi: Saya Pergi yang Ngejar Pers

Baca Juga: Ribuan Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Kabupaten Tabalong

“Kita saat itu ingin Kalsel menjadi Ibu Kota, tapi karena masyarakat kita agamis, maka kita jadi gerbang ibu kota negara tak apa,” ungkap orang nomor satu di Kalsel.

Paman Birin mengatakan, meski tidak menjadi ibu kota, ia menilai jadi gerbang ibu kota juga pas untuk Kalsel. Ia menyebutkan, jika dulu Kalimantan itu hanya dikenal Kalimantan Selatan.

“Dahulu Kalimantan itu cuma ada satu wilayah. Belum ada Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah. Cuma ada satu pusatnya, yaitu di Kalsel. Jadi sekarang kalau Kalsel jadi gerbang IKN, itu dirasa pas, karena dulu pun Kalsel menjadi gerbangnya Kalimantan,” jelas Paman Birin.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menerangkan, pemindahan ibu kota negara RI tidak lah mudah. Namun tegasnya, pemerintah sangat serius dalam langkah percepatan pemindahan ibu kota.

Sementara itu, Jokowi menghendaki jika Kalsel menjadi gerbang IKN dan pemerintah pusat menyiapkan segala bentuk pembangunan yang menunjang Kalsel sebagai gerbang IKN.

“Pak Gubernur, berapa sih jarak dari sini ke Kotabaru? Saya baru tahu Batulicin dan Kotabaru bermepetan dengan Penajam-Paser. Kalau saya kirakan ya pak, dari sini ke Batulicin kalau dibangun jalan tol cuma 1,5 jam menggunakan tol,” jelasnya.

Jokowi pun mengungkap, jika pemerintah akan membangun fasilitas penunjang di sekitar ibu kota, seperti di Kalsel, pemerintah akan membangun jalan tol.

“Pemerintah Kalsel menyiapkan 300 ribu hektare tanah dan 17 juta pohon untuk menunjang ibu kota negara baru,” pungkasnya.

Baca Juga: Resmikan Hutan Pers, Jokowi Tanam Pohon Raksasa di HPN 2020

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

SK PPPK

Pemprov Kalsel

Gubernur Kalsel Serahkan 42 SK PPPK untuk Guru dan Penyuluh Pertanian
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Haul Guru Sekumpul, Waspada Darah Tinggi Mengintai Jemaah
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Berolahraga dengan Gembira, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Futsal
ternak mati

Pemprov Kalsel

Puluhan Ribu Ternak Mati Akibat Banjir, Pemprov Kalsel Gencar Lakukan Pemulihan

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Siap Terapkan Aplikasi e-Perda

Pemprov Kalsel

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Kalsel Masih Tinggi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Aksi Peduli Lingkungan, DLH Kalsel Turun Ke Jalan Bagikan Peralatan Kebersihan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Serahkan Penghargaan WCD, Paman Birin Harap Banjarbaru Jadi Pemantik Pengelolaan Lingkungan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com