Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga

Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat di Martapura Resmi Dibuka

- Apahabar.com Selasa, 25 Februari 2020 - 21:02 WIB

Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat di Martapura Resmi Dibuka

Bupati Banjar KH Khalillurrahman melihat salah satu benda peninggalan bersejarah di pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat di Gedung Serbaguna, Indrasari, Martapura, Selasa (25/2) sore. Foto-apahabar.com/Hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Pameran Artefak Rasulullah SAW dan para sahabat yang digelar di Gedung Serbaguna, Indrasari, Martapura, resmi dibuka, Selasa (25/2) sore.

Terdapat 30 artefak atau benda pusaka yang dipamerkan, mulai dari peninggalan Rasulullah SAW hingga para Sahabat.

Pameran digelar dari tanggal 25 Februari hingga 15 Maret. Namun akan ditutup selama dua hari selama kegiatan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul, yakni 29 Februari dan 1 Maret.

Ketua PCNU Kabupaten Banjar Nuryadi menjelaskan, pameran artefak ini merupakan agenda Jelajah Nusantara yang digelar PBNU bekerjasama dengan Galeri Warisan MAR sebagai pemilik artefak. Sementara Pemerintah Kabupaten Banjar sebagai fasilitator.

“Puncak pameran artefak jelajah nusantara ini saat Muktamar PBNU pada Oktober nanti di Lampung,” jelas Nuryadi.

Sementara pemilik Galeri Warisan MAR, Prof Dr Abdul Manan bin Embong menjelaskan, Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat ini sangat tepat digelar di Martapura.

Ia menjelaskan, dari 30 artefak tidak semua dari peninggalan Rasulullah dan Sahabat, namun ada juga benda-benda bersejarah Islam lainnya.

“Martapura merupakan kota yang banyak melahirkan para ulama-ulama. Jadi sangat tepat pameran ini berada di sini untuk lebih mendekatkan masyarakat dan lebih mengenal dengan Rasulullah dan para Sahabat melalui benda-benda milik Raslullah,” tutur Prof Abdul Manan.

Sementara Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan dirinya sangat bersyukur Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat ini digelar di Martapura.

“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya agenda Jelajah Nusantara, ini menjadi sebuah kehormatan dan kebahaiaan bagi kami dan masyarakat Kabupaten Banjar yang dipercaya melaksanakan Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat,” kata Bupati Banjar.

“Saya pun baru pertama kali ini melihat secara langsung benda-benda peninggalan Rasulullah dan Sahabat, bahkan baru pertama kali didatangkan ke Martapura,” ungkap bupati kerap disapa Guru Khalil.

Menurutnya, melihat secara langsung benda-benda peninggalan Rasulullah dan Sahabat, merupakan salah satu bukti cinta.

“Misal anak muda mencintai perempuan, melihat celananya saja dia cinta. Makanya, rugi kalau tidak melihat langsung Artefak Rasulullah ini bagi yang merasa cinta,” turur Guru Khalil.

Guru Khalil menilai, masyarakat tidak perlu mendebat: apakah artefak ini asli atau tidak. Pasalnya sang pemilik artefak sudah mempunyai bukti-bukti keasliannya, yang bersertifikat melalui uji keaslian dari lembaga-lembaga kelas dunia.

“Jadi tidak usah berpendapat kalau kalian enggak ada buktinya. Mereka sudah punya sertifikatnya. Jadi kita terima saja. Kalau punya bukti-bukti, silakan debat, tapi kalau tidak, terima saja,” tutur Bupati Banjar.

Bupati berterimakasih kepada pemilik Galeri Warisan MAR dan BPNU yang mempercayakan Kabupaten Banjar digelar Pameran Artefak.

“Saya berharap melalui pameran ini bisa menjadi pengingat, pembelajar, dan inspirasi umat Islam di Kabupaten Banjar, untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah dan Sahabat,” kata Bupati Banjar

Pada pembukaan Pameran Artefak Rasulullah dan Sahabat tadi, selain dihadiri pendiri Galeri Warisan MAR dari Malaysia Prof Dr Abdul Manan Embong, juga hadir unsur pimpinan Forkopimda, Ketua DPRD Banjar, Dandim 1006/Mtp, perwakilan Polres Banjar dan Kejari, Kemenag Banjar, SKPD Lingkup Banjar, dan jajaran Pemkab Banjar lainnya serta para tamu undangan.

apahabar.com

Bupati Banjar bersama Forkopimda dan jajaran berfoto bersama dengan Prof Abdul Manan Embong di depan Kiswah Kakbah, di Gedung Serbaguna, Indrasari, Martapura, Selasa (25/2). Foto-apahabar.com/hendra

Baca Juga: Warga Punya Masalah, Bhabinkamtibmas Basirih Selatan Turun Tangan

Baca Juga: Karena Sawit, Pemuda di Kotabaru Habisi Nyawa Ibunya

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

1 PDP Meninggal Dunia, Simak Perkembangan Kondisi Pasien Covid-19 di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Berikan Edukasi Safety Riding, Dirlantas: Tidak Ada Kata Bosan
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Terbuka Jokowi di Kalsel, Bawaslu Imbau Hindari Isu SARA 
apahabar.com

Kalsel

HUT Bhayangkara ke-74, Batalyon A Pelopor Batulicin Berbagi Sembako
apahabar.com

Kalsel

Pimpinan Rumah Banjar Absen Saat Audiensi, Buruh: Senangnya Omnibus Law
apahabar.com

Kalsel

Swab Keluar, Staf hingga Kabid di Pemkot Banjarmasin Positif Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Gagal Nanjak, Truk Pengangkut Ikan Asin di Kotabaru Terguling
apahabar.com

Kalsel

KLHK: Tata Kelola Hutan di Kalteng Tak Hambat Pembangunan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com