Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel Akhir Februari Seluruh Nakes di Kalteng Sudah Divaksin Covid-19 Puluhan Personel Polda Kalsel Amankan Distribusi Vaksin ke Setiap Daerah Kadinkes Banjarmasin Covid-19, Sekretaris Gantikan Lurah Pemurus

Pejuang Banjar, Pangeran Hidayatullah Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

- Apahabar.com Sabtu, 8 Februari 2020 - 14:19 WIB

Pejuang Banjar, Pangeran Hidayatullah Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pejuang Banjar, Kalimantan Selatan Gusti Andarun atau Pangeran Hidayatullah II. Foto-dunia-fortal.blogspot.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Salah satu pejuang Kalimantan Selatan (Kalsel) Gusti Andarun atau Pangeran Hidayatullah (II) diusulkan jadi pahlawan nasional. Usulan itu dikemukakan pemerintah provinsi berdasarkan kajian ilmiah dan didukung rekomendasi kuat.

Pemprov Kalsel sendiri telah berkali-kali mengusulkan Pangeran Hidayatullah menjadi Pahlawan Nasional. Akan tetapi usaha tersebut selalu gagal dikarenakan kurangnya data riwayat hidup, serta perolehan jasa-jasa semasa hidup yang dinilai pemerintah pusat belum lengkap secara terperinci.

Namun kini, Pemprov telah mengumpulkan bukti-bukti sebagai syarat mendapat gelar pahlawan nasional tersebut.

“Sudah kita lakukan kajian ilmiahnya dan rekomendasi yang kita buat memenuhi syarat untuk diajukan Pangeran Hidayatullah sebagai pahlawan nasional,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalsel, Muhammad Amin seperti dikutip apahabar.com dari Antara, Sabtu (8/2).

Pihaknya, terang Amin, telah melakukan 20 kajian dan penelitian terkait dengan gelar pahlawan nasional itu. Meski 2019 lalu sudah pernah diusulkan, namun dia berharap tahun ini, Pangeran Hidayatullah dapat bergelar pahlawan nasional, seperti Pangeran Antasari dan Hasan Basry.

“Data-data pengkajiannya lengkap, baik dari data sejarah, di mana penelitiannya juga tidak hanya ahli di Balitbangda, tapi dari akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin,” kata dia.

Pengajuan usulan itu, sendiri dilakukan melalui Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalsel kepada Kementerian Sosial RI di Jakarta.

Pangeran Hidayatullah II sendiri merupakan salah seorang pemimpin Perang Banjar. Berkat jasanya di era penjajahan, pemerintah Republik Indonesia telah menganugerahkan Bintang Mahaputera Utama, 1999 silam.

Dikutip dari wikipedia, Pangeran Hidayatullah juga digelari Sultan Hidayatullah Halil illah (bin Pangeran Ratu Sultan Muda Abdurrahman) atau disebut juga Hidayatullah II.

Ia lahir di Martapura pada 1822, meninggal dunia di Cianjur, Jawa Barat, 24 November 1904 pada umur 82 tahun.

Ia salah seorang pemimpin Perang Banjar dan berkat jasa-jasa kepada bangsa dan negara, pada 1999 pemerintah Republik Indonesia memberikan anugerah Bintang Mahaputera Utama.(ant)

Baca Juga: Mualaf Dosmauli S, Dulu Benci Islam Kini Pejuang Agama

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan Siang hingga Sore Hari Sebagian Kalsel Hujan Lokal
apahabar.com

Kalsel

Langit Berpayung Awan, BMKG Prakirakan Tak Ada Hujan
apahabar.com

Kalsel

GTPP Covid-19 Kalsel Identifikasi Data dan Permasalahan Covid-19 di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Raih WTP Lima Kali Berturut-turut
apahabar.com

Kalsel

Harga Ayam di Marabahan Tak Terimbas Penurunan
apahabar.com

Kalsel

Duh, Belasan Warga di Banjarbaru Terserang DBD
apahabar.com

Kalsel

Kubah Dingin Luluh Lantak Diterjang Api, Kerugian Capai Miliaran
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kotabaru: 1 Lagi Meninggal dan 3 Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com