Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Pemkab Tala Perjuangkan Jalan Warga Milik PTPN XIII Dibebaskan

- Apahabar.com Senin, 3 Februari 2020 - 17:57 WIB

Pemkab Tala Perjuangkan Jalan Warga Milik PTPN XIII Dibebaskan

Para pemangku kebijakan di Tala menggelar rapat terkait akses jalan warga Desa Tebing Siring yang melewati kawasan PTPN XIII, Senin (3/2).apahabar.com/candra

apahabar.com, PELAIHARI – Keluhan warga Desa Tebing Siring telah masuk meja DPRD Kabupaten Tanah Laut (Tala), terkait akses jalan mereka di kawasan HGU PT Perkebunan Nasional (PTPN) XIII.

Dalam rapat bersama di Aula Paripurna DPRD, Senin (3/2), dewan mengajak pimpinan PTPN XIII, Wakil Bupati Tala, kepala SKPD, perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta perwakilan warga Desa Tebing Siring. Rapat yang digelar untuk dengar pendapat ini di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Tala, Muslimin SE.

Ketua Komisi III DPRD Tala H Arkani mengakui permasalahan ini bukan rahasi umum lagi, mengingat selama 28 tahun warga tidak memiliki akses jalan ke Desa Tebing Siring. Terpaksa mereka menggunakan jalan di atas lahan PTPN XIII.

Tak ayal, warga tidak bisa menikmati jalan dengan mulus beraspal seperti ke desa lainnya.

“Selama ini warga yang ingin ke Desa Tebing Siring harus melalui jalan HGU milik PTPN XIII, jalannya pun rusak karena fungsinya memang jalan untuk angkutan kelapa sawit,” ujar Arkani.

Politisi Demokrat itu menambahkan, Pemkab Tala pun tidak dapat berbuat apa-apa. Karena jalan tersebut bukan milik Pemkab, sehingga tidak bisa dilakukan pemeliharaan maupun pengaspalan.

Terkait keluhan itu, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman bertekad melakukan segala upaya untuk melakukan pembebasan lahan tersebut.

“Kami bersama Bupati Tala berkomitmen untuk pembebasan lahan ini, apapun caranya akan kami tempuh. Baik itu lewat skema tukar guling maupun kita membeli lahan mereka. Asal sesuai dengan peraturan yang ada,” tekad Abdi.

Ini menurutnya merupakan langkah serius Pemkab Tala untuk memperjuangkan adanya jalan yang layak untuk masyarakat Desa Tebing Siring.

Menyikapi keinginan itu, General Manager PTPN XIII Ryan Haryanto mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab dan DPRD Tala.

“Nanti Kamis (5/2), kita akan bertemu dengan Bupati Tala serta pihak terkait lainnya untuk membahas ini. Panjang jalan sepanjang 5,7 kilometer dan lebar jalan 10 meter. Kami berjanji akan mensupport pembebasan lahan ini,” timpalnya.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan yang Baik Berdampak Meningkatnya Kesejahteraan Rakyat

Baca Juga: Jumadi, Pria yang Mengaku Nabi Isa di Balangan Diduga Gangguan Mental

Reporter:Ahc14
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Jokowi

Dinas PUPR Kalsel

Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024
apahabar.com

Kalsel

Jamin Keamanan Pilkada Serentak 2020, Pangdam VI/Mulawarman Siap Bantu Seluruh Proses
apahabar.com

Kalsel

HKSN 2019 di Kalsel, 2 Rekor MURI Terpecahkan Sekaligus!
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Pelajar Kotabaru Gelar Doa Tolak Bala
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Pemukiman di Belakang Pasar Hanyar, Api Diduga Datang dari Kontrakan Empat Pintu
apahabar.com

Kalsel

Ketika Pos Pam Terpadu Polres Banjar Menjadi Posko Kesehatan Dadakan
apahabar.com

Kalsel

PPNI Kalsel: 148 Perawat Terinfeksi Covid-19, 5 Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Polsek Kuripan Polres Batola Bagi Sembako pada Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com