Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

Pemkab Tala Serius Kembangkan Peternakan di Lahan Pasca-Tambang

- Apahabar.com Rabu, 26 Februari 2020 - 19:41 WIB

Pemkab Tala Serius Kembangkan Peternakan di Lahan Pasca-Tambang

Ilustrasi. Foto-pertanian.go.id

apahabar.com, PELAIHARI – Pemkab Tanah Laut menunjukkan keseriusannya menggarap lahan pasca-tambang untuk usaha peternakan.

Ekspos terkait hal itu pun dilakukan dengan Kementerian Kehutanan di ruang Rapat Kantor Apkasi, Sudirman Sahid Centre, Jakarta, Selasa (25/02).

Bupati Tanah Laut, Sukamta, mengatakan pihaknya berencana memanfaatkan lahan pasca-tambang dari PT. Arutmin site Kintap di Desa Sumber Jaya.

Di sana, pihaknya akan memperluas lahan penggembalaan ternak yang masih terbatas melalui pemanfaatan lahan pasca-tambang, sehingga diharapkan akan meningkatkan produksi ternak dan mewujudkan Tanah Laut menjadi sentra ternak di Kalimantan.

“Apabila pilot project ini berhasil akan menjadikan Tanah Laut menjadi sentra ternak sapi di Kalimantan, dan seluruh masyarakat bisa ikut serta berusaha beternak sesuai dengan motto yang ingin kami bawa ‘Sapi Untuk Semua’,” ucap Kamta.

Melalui motto “Sapi Untuk Semua” ia menargetkan makin banyak masyarakat ikut serta dalam dunia peternakan.

Lahan pasca-tambang yang berada di Desa Sumber Jaya memiliki area yang cukup luas yakni 251,48. Tidak hanya luas, vegetasi dan kondisi geografisnya sangat cocok untuk dijadikan lahan penggembalaan ternak.

Sukamta pun mengatakan selain lahan sudah 100 persen direklamasi dan dalam proses mengurus syarat-syarat perizinan, salah satu keseriusan Pemkab Tanah Laut dalam program ini adalah dengan menggandeng akademisi yakni pihak Universitas Lambung Mangkurat untuk membuat kajian kelayakan peternakan serta merancang area peternakan.

“Rancangan penggembalaan sudah ada. Apabila ini bisa terwujud secepatnya kami rasa akan besar sekali manfaatnya bagi masyarakat tidak hanya usaha penggembalaan, tapi jadi tempat penelitian dan pembelajaran” ujar Kamta.

Senada dengan pihak eksekutif, pihak legislatif yang diwakili Ketua DPRD Tanah Laut, Muslimin, mendukung penuh perluasan lahan penggembalaan dari lahan pasca-tambang.

“Kita akan mengawal dan mendukung agar program ini bisa terwujud karena sangat berpotensi baik bagi perekonomian dan pembangunan di Tanah Laut,” katanya.

Sementara Ditjen Planologi Kehutanan dan Tata lingkungan, Kurniawan Budhi Santoso, menilai rencana itu akan mendapat dukungan dari Kementerian Kehutanan.

Namun, tentu saja dukungan akan diberikan apabila persyaratan yang ada dipenuhi dengan baik seperti lahan sudah di reklamasi dan dinilai proses reklamasinya berhasil. Lalu, lahannya diserahkan dari pihak perusahaan ke pihak kementrian.

“Hingga kemudian Pemkab Tala baru bisa mengajukan untuk pemanfaatan lahan,”katanya.

Baca Juga: Jajanan Sekolah Disorot, Dahnial: Lindungi Anak dari Makanan Berbahaya

Baca Juga: Penyaluran Dana Transfer APBN Lambat, Sukamta Mengeluh

Baca Juga: Sukamta Ingin Pagar Nusa Jadi Benteng Pencegahan Narkoba

Baca Juga: Hadir di Tanah Laut, Habib Luthfi Minta Umat Islam Cintai Tanah Air

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Musrenbang di Penyipatan, Abdi Minta Pembangunan Perhatikan Skala Prioritas
Sukamta Pastikan Pasar Rakyat di Tala Tetap Buka

Kab. Tanah Laut

Sukamta Pastikan Pasar Rakyat di Tala Tetap Buka
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Bappeda Tala Gelar Forum RKPD
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Tala Upayakan Tingkatkan Populasi Sapi Lokal
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Ingin Pagar Nusa Jadi Benteng Pencegahan Narkoba
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Tangani Jenazah Covid-19, Relawan Kampung Tangguh Banua Ikut Pelatihan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Cegah Hoaks, Abdi Rahman Minta Bantuan Ulama dan Habaib
Pembangunan PLTBG di Tala Terancam Tertunda Sampai 2021

Kab. Tanah Laut

Pembangunan PLTBG di Tala Terancam Tertunda Sampai 2021
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com