UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Pengobatan Ala Nabi Muhammad: Manfaat Henna

- Apahabar.com Rabu, 5 Februari 2020 - 06:15 WIB

Pengobatan Ala Nabi Muhammad: Manfaat Henna

Tanaman henna memiliki khasiat untuk pengobatan sejumlah penyakit. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Sebelum ada obat kimia, Rasulullah SAW telah menggunakan obat-obatan tradisional untuk penyembuhan berbagai penyakit yang diderita dalam hadisnya.

Di antara tanaman tersebut adalah henna (secara ilmiah dikenal sebagai lawsonia inermis) telah lama dikenal di dunia Muslim. Tumbuhan ini banyak ditanam di India dan Sudan, dan digunakan untuk keperluan kosmetik.

Dilansir di aboutislam.net tak banyak yang mengetahui, tanaman ini salah satu tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan di masa Rasulullah.

Ummu Salma Rafi ‘, maula Rasulullah SAW berkata: “Tidaklah Rasulullah SAW menderita lukaluka bernanah dan tidak pula terkena duri, melainkan beliau meletakkan inai padanya.” (HR Ibnu Majah 3502).

Tanaman ini kadang-kadang disebut tanaman ajaib karena memiliki efek penyembuhan yang hebat, mengandung banyak zat penyembuhan seperti tanin dan memiliki efek anti-mikroba dan anti-virus. Paling penting obat ini berbahan alami, murah, dan tidak memiliki efek samping ketika diminum.

Henna dapat digunakan untuk obat luka bakar tingkat pertama dan kedua. Selain itu henna dapat mengurangi rasa sakit dan risiko infeksi.

Henna juga dapat digunakan untuk penyembuhan luka, terutama luka kronis, dan bisul. Penyebab utama hal ini tidak diketahui, tetapi mungkin efek dan sifat anti-mikrobanya.

Henna juga dapat menghentikan pendarahan. Henna telah terbukti dalam mengurangi perdarahan hidung (epistaksis), memberikan penyembuhan jangka panjang. Satu dosis umumnya cukup.

Ini lebih berhasil daripada kauterisasi, yang biasanya harus diulang dan tidak dapat menjamin bahwa tidak akan terjadi perdarahan berulang.

Satu-satunya efek samping dari henna di sini adalah dapat menyebabkan sedikit bersin. Henna dapat digunakan di tempat lain seperti ulkus duodenum yang berdarah atau varises esofagus, tanpa efek samping. Efek anti-perdarahannya mungkin karena koagulasinya.

Henna juga memiliki efek anti-virus. Ini terbukti dalam pengobatan kutil (terutama yang resisten terhadap pengobatan nitrogen cair), herpes simplex (diterapkan sebagai bubuk, mengeringkan vesikel di lesi, mencegah ulserasi dan pembentukan kerak, dan mencegah infeksi sekunder).

Manfaat tumbuhan pacar yang di kenal di Indonesia ini sangat menjanjikan dan harus dieksplorasi lebih lanjut, penelitian juga pernah menyebut henna digunakan untuk mengobati AIDS. (rep)

Baca Juga: Imam Ibnu Hajar Diprotes Non Muslim Karena Kekayaannya

Baca Juga: Dosa-Dosa Diakibatkan Lidah yang Tak Bertulang

Baca Juga: Jintan Hitam dan Pembuktian Medis Sabda Nabi Muhammad SAW

Baca Juga: Sejarah Bertaburan Muslimah Cerdik Pandai, Fatimah Contohnya

Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Rasulullah SAW Ungkap Manfaat Wudu Selain Bersuci
apahabar.com

Hikmah

Viral Bule Cantik Ateis Anggap Islam Teroris Mendadak Mualaf
Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Hikmah

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab
apahabar.com

Hikmah

Alasan Mengapa Doa Orang Tua untuk Anak Sangat Manjur
apahabar.com

Hikmah

Berikut Amalan Sederhana Agar Bisa Ikhlas Lapang Dada Hadapi Cobaan
apahabar.com

Hikmah

Dengki, Faktor Penolakan Iblis Tunduk kepada Allah SWT
apahabar.com

Hikmah

Muslim Dunia Memulai Ramadan dengan Suasana Lockdown
apahabar.com

Hikmah

Kecerdasan Imam Ali bin Abi Thalib RA, Memecahkan dengan Mudah Persoalan yang Rumit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com