Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Perbaikan Pasar Wangkang Marabahan Realistis Dilakukan Mulai 2021

- Apahabar.com Senin, 17 Februari 2020 - 17:42 WIB

Perbaikan Pasar Wangkang Marabahan Realistis Dilakukan Mulai 2021

Akibat fasilitas kurang memadai, banyak pedagang Pasar Wangkang lebih memilih berjualan di jalan. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Kendati masih berpeluang di pertengahan 2020, perbaikan Pasar Wangkang di Jalan Kamboja Marabahan paling realistis dilakukan mulai 2021.

Kondisi Pasar Wangkang memang tidak lagi ideal. Selain atap yang mulai bocor, sistem drainase juga tersendat-sendat. Keterbatasan tempat juga membuat pedagang lebih banyak berjualan di pinggir jalan.

Untuk melakukan perbaikan, PemkabBatola tak memiliki ketersediaan dana memadai. Solusinya adalah meminta bantuan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik.

Sebelumnya Kemendag pula yang membantu Batolamerevitalisasi Pasar Ikan Wangkang dan pembangunan Pasar Marabahan Timur melalui anggaran Tugas Pembantuan (TP).

Lantas Wakil Bupati Batola, Rahmadian Noor, langsung mengantarkan proposal usulan biaya dan Detail Engineering Design (DED) kepada Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kemendag, Sihard H Pohan di Jakarta, Jumat (14/2).

Dalam proposal itu, Pasar Wangkangdirevitalisasi menjadi tipe D dengan besaran biaya Rp4,5 miliar. Peningkatan pun tinggal dikerjakan, karena lahan sudah memiliki sertifikat.

“Peningkatan Pasar Wangkang sebenarnya sudah siap dilaksanakan dalam tahun anggaran 2020, karena sertifikat lahan dan DED sudah lengkap. Sesuai visi kami, revitalisasi pasar merupakan bagian dari penataan kota,” papar Rahmadi.

Namun harapan Batola harus tertunda, karena pembagian pos anggaran di Kemendag sudah selesai.

Untungnya usulan tersebut tetap diterima Direktorat Sarana Distribusi dan Logistik Kemendag. Batola juga dijanjikan prioritas bantuan dalam tahun anggaran 2021.

Bahkan bisa saja bantuan itu dapat sesuai keinginan Batola, seandainya terjadi penundaan penggunaan anggaran untuk pos lain sebelum penyusunan anggaran perubahan Kemendag.

“Kami berharap pembangunan dapat sesuai rencana. Tapi kalau tidak memungkinkan, berarti harus menunggu sampai 2021,” timpalPurkan, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Batola.

“Pasar Wangkangdirevitaliasi karena sudah tak sesuai dengan kebutuhan. Desain bangunan juga tak cocok dengan karakteristik pedagang yang membuat mereka banyak yang berjualan ke pinggir jalan,” tandasnya.

Baca Juga: Akhirnya, Anggur Karya Maju Marabahan Mulai Berbuah

Baca Juga: Razia Dalam Sel, Petugas Rutan Marabahan Temukan Benda Terlarang

Reporter: Bastian Alkaf

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Semarakkan HUT RI ke-74, Warga Banjarmasin Diajak Ambil Bagian di Merdeka Fun Run
apahabar.com

Kalsel

Banyak yang Pensiun, Batola Cari 257 CPNS
apahabar.com

Kalsel

Serba-Serbi Gemerlap Festival Durian di Kiram: Mulai Luka-Luka Hingga Anak Hilang
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar 3 Kali Terima Penghargaan SAKIP

Kalsel

Sikapi Kasus Banjarhits, AJI: Polisi Harus Taat Putusan Dewan Pers
apahabar.com

Kalsel

Terindikasi Indisipliner, Ferdinand Tindak Tegas 11 Notaris di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Termasuk Pasien Awal, 18 Warga Batola Sembuh Dari Covid-19
Persiapan Kejurprov 2020 dan Porprov 2021, Drum Band Tanbu Mulai Latihan

Kalsel

Persiapan Kejurprov 2020 dan Porprov 2021, Drum Band Tanbu Mulai Latihan  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com