Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Peringati Hubungan Diplomatik, Kedubes Australia Luncurkan Situs Web “70 Tahun, 70 Cerita”

- Apahabar.com     Rabu, 12 Februari 2020 - 16:39 WITA

Peringati Hubungan Diplomatik, Kedubes Australia Luncurkan Situs Web “70 Tahun, 70 Cerita”

Perdana Menteri Australia Scott Morrison bersama dengan Presiden Joko Widodo saat di Parlemen Australia. Foto-Dok. Kedubes Australia

apahabar.com, JAKARTA – Untuk merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik, serta melanjutkan finalisasi IA-CEPA dan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia, Kedutaan Besar Australia Jakarta meluncurkan situs web ‘70 Tahun, 70 Cerita’.

Situs web ’70 Tahun, 70 Cerita’ (www.70yearsIndonesiaAustralia.com) merayakan tokoh-tokoh Australia dan Indonesia yang telah berkontribusi dalam pertalian bertahun-tahun ini serta peran dalam banyak kebijakan dan program yang telah membantu membentuk hubungan ini, berdasarkan keterangan tertulis dari Kedubes Australia di Jakarta, Rabu (12/02).

Dari hubungan antara para pedagang Bugis dari Sulawesi dan komunitas Penduduk Asli Australia bagian utara yang bermula 400 tahun lalu, hingga dukungan Australia bagi kemerdekaan Indonesia setelah Perang Dunia ke-2, serta pidato Presiden Jokowi di parlemen nasional Australia awal pekan ini, Australia dan Indonesia telah berbagi ikatan yang unik sebagai tetangga dan sahabat.

“Sebagai tetangga, Indonesia dan Australia memiliki sejarah bersama yang panjang yang tidak diketahui secara luas sebagai mana mestinya,” kata Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Allaster Cox.

Situs web tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, menyajikan informasi tentang sejarah-sejarah maupun acara-acara yang sedang diselenggarakan, dan menjadi sumber informasi perpustakaan multimedia yang kaya akan foto dan video, termasuk di dalamnya film dokumenter Indonesia Calling dan Batavia 1945.

Banyak juga foto dari Arsip Nasional Australia dan Perpustakaan Nasional Australia.

Situs web ini menyajikan cerita dari tokoh-tokoh terkemuka Indonesia: mulai dari Duta Besar Indonesia pertama untuk Australia, Dr Raden Usman Sastroamidjojo, yang mengunjungi Australia di tahun 1947, hingga alumni Australia yang juga Presiden Direktur Blue Bird Group, Noni Purnomo, pemenang penghargaan Alumni of the Year tahun 2019 dari Pemerintah Australia.

Ini merupakan portal yang sempurna bagi masyarakat Australia dan Indonesia yang ingin memiliki pemahaman lebih dalam dan luas mengenai hubungan bilateral kedua negara.

“Saya mengundang semua orang untuk meluangkan waktu dan menjelajah situs ini, untuk mengetahui lebih dalam faktor-faktor yang membawa kita menjadi lebih dekat sebagai tetangga dan juga sebagai sahabat,” ujar Allaster Cox.(Ant)

Baca Juga: Rutan Kabanjahe Rusuh, Polda Sumut: Tidak Ada Napi Kabur

Baca Juga: Polisi Ungkap Identitas Asli Lucinta Luna: Di KTP Dia Wanita…

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Masuk Daftar Capres Perempuan Favorit, Risma: Aku Nggak Punya Duit
apahabar.com

Nasional

Trending Twitter Gilang dan Bungkus, Fetish Kain Jarik Berkedok Riset
apahabar.com

Nasional

Taruh Uang di Bawah Jok, Rp 20 Juta Raib
apahabar.com

Nasional

Aktivis Lingkungan dan Masyarakat Pesisir Sepakat Tolak Raperda RZWP3K Kaltim

Nasional

Warga Geger Awan Mirip UFO Melayang di Atas Gunung Arjuno, BMKG : Bahayakan Penerbangan!
apahabar.com

Nasional

Heboh Pernikahan Sedarah Warga Bulukumba di Balikpapan

Nasional

KPK Dalami Nama Fahri Hamzah & Azis Syamsuddin di Kasus Benur

Nasional

Presiden Jokowi: Peningkatan Ekspor Pertanian Turut Dongkrak Kesejahteraan Petani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com