Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Pertama di Indonesia, Halal Center Ada di…

- Apahabar.com Senin, 17 Februari 2020 - 06:30 WIB

Pertama di Indonesia, Halal Center Ada di…

Ilustrasi. Foto-apahabar.com/net

apahabar.com, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga bakal menjadi yang pertama di Indonesia memiliki lembaga Halal Center. Hal ini menyusul rencana Pemkab untuk membentuk lembaga halal center.

”Keberadaan Halal Center akan pionir di jajaran pemerintahan daerah di Indonesia. Rencana ini merupakan niat baik dari Pemkab Purbalingga dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Tujuannya agar produk UMKM Purbalingga bisa lebih bersaing dengan produk UMKM daerah lain,” ucap Direktur BPRS Buana Mitra Perwira, Sri Apriliawati Maftukhah, dalam Sosialisasi Jaminan Produk Halal bagi para pelaku UMKM.

Dia menyebutkan, keberadaan lembaga Halal Center ini nantinya memiliki berbagai fungsi. Antara lain, menfasilitasi pengurusan label halal bagi produk tertentu yang dihasilkan UMKM Purbalingga, dan juga menjadi pusat edukasi produk halal dari kalangan UMKM Purbalingga.

Dia berharap, keberadaan halal center ini bisa memicu kalangan pelaku UMKM untuk memproduksi produk halal. Meski pun produk yang dihasilkan belum memiliki sertifikasi halal.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Purbalingga, Agus Winarno, dalam kesempatan itu menekankan tentang pentingnya produk halal. Menurutnya, tuntutan mengenai produk halal sedang mengalami tren sejak sepuluh tahun terakhir.

”Bukan hanya di negara-negara muslim, melainkan juga di negara non muslim,” jelasnya.

Menurut dia, kalangan UMKM di Purbalingga juga harus berorientasi pada masalah halal dalam produknya. ”Dengan memperhatikan masalah halal, secara tidak langsung produk yang dihasilkan juga menjadi lebih berkualitas. Hal ini mengingat suatu produk disebut halal, bukan hanya karena masalah kandungan produknya saja. Melainkan juga masalah proses produksi,” jelasnya. (rep)

Baca Juga: Resmi Diubah, Ma’ruf Amin Ingatkan KNEKS Perkuat Industri Halal

Baca Juga: Ririen Serahkan Sertifikat Halal di Acara Launching Rumah Produksi Limau Kuit

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Pertumbuhan Ekonomi China Picu Naiknya Nilai Ekspor Kalsel hingga 3,11 Persen
Harga Bawang Putih di Pontianak Mulai Melonjak

Ekbis

Harga Bawang Putih di Pontianak Mulai Melonjak
apahabar.com

Ekbis

Xiaomi Dikabarkan Kembangkan “Ponsel Pintar”
apahabar.com

Ekbis

Indonesia Masih Impor Ikan dari Cina, Kenapa?
apahabar.com

Ekbis

Tiga Bandara Dikerjasamakan, Menhub Berharap APBN Hemat Rp100 Miliar
apahabar.com

Ekbis

BI Pastikan Cadangan Devisa Cukup untuk Kawal Rupiah
apahabar.com

Ekbis

Telkomsel Pastikan Kenyamanan Momen Ramadan dan Idul Fitri 2020
Perdana, Pemerintah Terbitkan Obligasi Global Tenor 50 Tahun

Ekbis

Perdana, Pemerintah Terbitkan Obligasi Global Tenor 50 Tahun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com