Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Pertama di Indonesia, Halal Center Ada di…

- Apahabar.com     Senin, 17 Februari 2020 - 06:30 WITA

Pertama di Indonesia, Halal Center Ada di…

Ilustrasi. Foto-apahabar.com/net

apahabar.com, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga bakal menjadi yang pertama di Indonesia memiliki lembaga Halal Center. Hal ini menyusul rencana Pemkab untuk membentuk lembaga halal center.

”Keberadaan Halal Center akan pionir di jajaran pemerintahan daerah di Indonesia. Rencana ini merupakan niat baik dari Pemkab Purbalingga dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Tujuannya agar produk UMKM Purbalingga bisa lebih bersaing dengan produk UMKM daerah lain,” ucap Direktur BPRS Buana Mitra Perwira, Sri Apriliawati Maftukhah, dalam Sosialisasi Jaminan Produk Halal bagi para pelaku UMKM.

Dia menyebutkan, keberadaan lembaga Halal Center ini nantinya memiliki berbagai fungsi. Antara lain, menfasilitasi pengurusan label halal bagi produk tertentu yang dihasilkan UMKM Purbalingga, dan juga menjadi pusat edukasi produk halal dari kalangan UMKM Purbalingga.

Dia berharap, keberadaan halal center ini bisa memicu kalangan pelaku UMKM untuk memproduksi produk halal. Meski pun produk yang dihasilkan belum memiliki sertifikasi halal.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Purbalingga, Agus Winarno, dalam kesempatan itu menekankan tentang pentingnya produk halal. Menurutnya, tuntutan mengenai produk halal sedang mengalami tren sejak sepuluh tahun terakhir.

”Bukan hanya di negara-negara muslim, melainkan juga di negara non muslim,” jelasnya.

Menurut dia, kalangan UMKM di Purbalingga juga harus berorientasi pada masalah halal dalam produknya. ”Dengan memperhatikan masalah halal, secara tidak langsung produk yang dihasilkan juga menjadi lebih berkualitas. Hal ini mengingat suatu produk disebut halal, bukan hanya karena masalah kandungan produknya saja. Melainkan juga masalah proses produksi,” jelasnya. (rep)

Baca Juga: Resmi Diubah, Ma’ruf Amin Ingatkan KNEKS Perkuat Industri Halal

Baca Juga: Ririen Serahkan Sertifikat Halal di Acara Launching Rumah Produksi Limau Kuit

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Sopir di Banjarmasin Setop Logistik ke Palangka Raya, Ada Apa?
apahabar.com

Ekbis

Minyak Goreng ‘Alif’ Siap Dipasarkan
apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak Dunia Anjlok, Peluang Impor LNG Makin Terbuka
apahabar.com

Ekbis

Ribuan Agen dan Pangkalan LPG Tetap Beroperasi Saat Libur Lebaran
apahabar.com

Ekbis

Berkah Pedagang Kurma Jelang Ramadhan
apahabar.com

Ekbis

Percepatan Pembangunan Pabrik Karet Kalsel Terus Dinanti
Telkomsel

Ekbis

Berkah Iduladha, Telkomsel Kurbankan Ratusan Hewan ke Penjuru Negeri
QMI Kotabaru

Ekbis

Kabar Baru Tambang Bawah Tanah Kotabaru: Sosialisasi Terbatas tapi Sudah Eksplorasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com