Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Petani Kalbar Optimistis B30 Buat Harga Sawit Menanjak

- Apahabar.com Kamis, 20 Februari 2020 - 15:10 WIB

Petani Kalbar Optimistis B30 Buat Harga Sawit Menanjak

Ilustrasi petani sawit. Foto: Istimewa

apahabar.com, PONTIANAK – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kalimantan Barat optimistis program Biodisel 30 persen (B30) yang dikeluarkan Presiden Jokowi membuat harga sawit terus menanjak.

“Dengan kebijakan B30 saat ini sudah terbukti harga sawit tertinggi di tahun 2020 ini tembus Rp2.000 per kilogram untuk tandan buah segar (TBS),” ujar Ketua Apkasindo Kalbar Samuel dilansir apahabar.com dari Antara, Kamis (20/2).

Bahkan ia memastikan dengan kebijakan tersebut yang dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri, harga sawit tidak akan anjlok lagi.

“Apalagi mulai tahun depan ditingkatkan lagi menjadi B40. Jadi petani sawit jangan khawatir, harga sawit akan tidak anjlok,” jelas dia.

Ia menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu harga TBS sempat anjlok di bawah Rp1.000 per kilogram.

“Kalau saat ini kan harga masih di atas Rp1.700. Kalau harga di bawah Rp1.000 itu tentu berat di ongkos atau biaya perawatan dan panen. Namun di atas Rp1.500 per kilogram TBS petani baru bisa untung,” sebut dia.

Sebelumnya, harga crude palm oil (CPO) di Kalbar berdasarkan hasil rapat penetapan indeks K untuk periode I Februari 2020 mencapai Rp8.878,72 per kilogram.

“Harga CPO atau minyak mentah sawit pada periode I Februari 2020 sedikit mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. Pada Periode II Januari 2020 harga CPO sebesar Rp9.475.16 per kilogram,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero.

Harga Palm Kernel (PK) sebesar Rp4.564,87 per kilogram. Harga PK atau inti sawit yang ada tersebut juga turut turun dibandingkan dengan periode sebelumnya.

“Pada Periode II Januari 2020 harga PK sebesar hanya sebesar Rp5.432, 85 per kilogram,” kata dia.

Penurun harga selain CPO dan PK juga terjadi pada TBS sawit. Pada periode I Februari 2020 ini harga rata – rata TBS sawit Rp1.841,15 per kilogram atau turun sebesar 6, 01 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Baca Juga: Gapki dan Disbunnak Kalsel Soroti Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Baca Juga: Cak Imin Lobi Kroasia untuk Bantu 16 Juta Buruh Kelapa Sawit Indonesia

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Ini Provinsi Terbesar Pengekspor Sarang Burung Walet
apahabar.com

Ekbis

Bulog Jual Daging Beku, Pedagang Pasar Antasari Protes
apahabar.com

Ekbis

Hiswana Kalsel: Perusda Penyalur Elpiji Bukan Solusi
Aset Berisiko, Rupiah Melemah

Ekbis

Aset Berisiko, Rupiah Melemah
apahabar.com

Ekbis

Omnibus Law, Jubir Jokowi Pede Kerek Ekonomi ke 6%
apahabar.com

Ekbis

Demo Berhenti, Rupiah Langsung Menguat
apahabar.com

Ekbis

Uniknya Pasar Tungging, Pasar Rakyat Khas Warga Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Banjarmasin Alami Inflasi 0,12 Persen, Intip Penyebabnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com