Tabrakan Horor di Teweh, Pemotor Meninggal di Tempat Banjarmasin Zona Merah, Pasien Corona Mestinya Dirujuk ke RS BREAKING NEWS! Update Covid-19 di Kalsel, 1 PDP Meninggal Dunia Update 3 April: 2 Kecamatan di Banjarmasin Paling Rentan Covid-19 Jumatan Libur, Hanya Satu Masjid yang Ramai di Kotabaru




Home Nasional

Jumat, 14 Februari 2020 - 10:42 WIB

Polisi Soal ABK Kotabaru Negatif Corona: Diobservasi 3 Hari

Abel Nafis - Apahabar.com

Salah satu ABK kapal China diantar menuju IGS RSUD Kotabaru sebeluma dibawa ke ruang perawatan khusus, Kamis (13/2) sore. Tampak petugas medis RS menggunakan alat pelindung khusus. Foto-Istimewa

Salah satu ABK kapal China diantar menuju IGS RSUD Kotabaru sebeluma dibawa ke ruang perawatan khusus, Kamis (13/2) sore. Tampak petugas medis RS menggunakan alat pelindung khusus. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel memastikan tidak ada pasien terjangkit corona atau novel coronavirus (2019-nCoV) di RSUD Kota baru.

Sebelumnya, beredar kabar rumah sakit itu merawat pasien terindikasi corona. Pasien yang dimaksud mengeluh demam, sakit kepala dan batuk berdahak. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, didiagnosis ISPA.

“Selanjutnya mereka mendapatkan perawatan dan observasi selama 3 hari ke depan di RS Jaya Sumitra Kotabaru dan apabila tidak sembuh akan dirujuk ke Rumah Sakit ulin Banjarmasin,” ucap Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalsel Kombes Pol Erwin dr Zainul Hakim kepada apahabar.com dikonfirmasi melalui gawainya,  Jumat (14/2) dini hari.

Menurut dr Erwin, pasien yang mendapat observasi di RS Jaya Sumitra Kotabaru itu berinisial RW (24) asal Rembang Jawa Tengah dan AB (47) asal Tegal, Jawa Tengah.

Baca juga :  Virus Cacar Monyet Bikin Geger Singapura, Berikut Gejalanya

Keduanya anak buah kapal (ABK) kapal KM Vega Rose berbendera Panama dengan jumlah ABK 23 orang.

“Sedangkan pasien berinisial AMA (19) asal Tanah Bumbu (Tanbu) Kalsel,  pekerjaan sebagai koki kapal yang sempat diduga terjangkit corona rupanya negatif corona. Saat ini dia sudah dipulangkan ke Tanbu dan masih diawasi oleh KKP Dinkes Tanbu,” tandasnya.

Namun demikian, guna menghindara hal-hal yang tidak diinginkan,  dr Erwin akan selalu berkoordinasi dengan Kapolres Kota Baru, AKBP Andi Adnan dan Direktur RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kota Baru, drg Cipta.

“Serta dengan pihak kesehatan pelabuhan dan Dinas Kesehatan Kota Baru,” pungkasnya.

Karena sudah dinyatakan negatif, DPRD Kalsel meminta masyarakat untuk tenang.

Baca juga :  KPU Banjarmasin Gerak Cepat Ganti Kotak Suara Rusak

“Kita meminta masyarakat tetap tenang, karena pemerintah sudah melakukan upaya pencegahan dan penanganan bila ditemukan ada pengidap virus corona,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Muhammad Lutfi Saifuddin, Kamis (13/2) malam.

Sejak awal, pemerintah daerah sudah melaksanakan berbagai upaya antisipasi jika virus mematikan itu mulai menyebar di Indonesia.

Salah satu upayaya, Pemprov melalui RSUD Ulin Banjarmasin, telah menyiapkan ruangan khusus jika ada warga yang terinfeksi.

“RSUD Pemprov juga sudah disiapkan bila memang ditemukan penderita corona ini,” sambung politikus Gerindra ini.

Baca Juga: Dinkes Sebut Dua ABK di Kotabaru Negatif Corona

Baca Juga: Senator Kalsel Tolak ABK Terindikasi Corona Dirawat di RSUD Ulin

Reporter: Eddy Andriyanto/Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Diundang Raja Salman ke Arab Saudi, Jokowi Sempatkan Ibadah Umrah di Tanah Suci
apahabar.com

Nasional

Hotline Informasi Covid-19 via WhatsApp, Ini Nomor Resminya
apahabar.com

Nasional

Laskar Merah Putih Jakbar Bulat Dukung Jokowi-Ma’ruf
apahabar.com

Nasional

Afsel Konfirmasi Satu Penularan Lokal Covid-19
apahabar.com

Nasional

Warna Merah Identik dengan Perayaan Tahun Baru Imlek, Mengapa?
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Segera Buka Akses ke Daerah Terisolir di Sukajaya Bogor
apahabar.com

Nasional

Tanggapan Huawei Indonesia Soal Kabar Karyawannya Terserang Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Yuliandre, Komisioner KPI Pusat Masuk Bursa Menteri Milenial