Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu 7 Lagi Korban Sriwijaya Air SJ-182 Teridentifikasi Banjir di HSU Mulai Meluas, Polres Tingkatkan Patroli

Puluhan Pasutri di Tanbu Ikuti Sidang Isbat Nikah

- Apahabar.com Sabtu, 8 Februari 2020 - 07:38 WIB

Puluhan Pasutri di Tanbu Ikuti Sidang Isbat Nikah

Puluhan pasutri di Tanbu mengikuti sidang isbat nikah. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – 30 pasangan suami istri di Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti sidang isbat nikah di Ruang Rapat Setda, Gunung Tinggi, Jumat (07/02) kemarin.

Sidang isbat merupakan program kerja sama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu, Pengadilan Agama Batulicin dan Kementerian Agama (Kemenag).

“30 pasangan yang mengikuti sidang isbat nikah berasal dari enam kecamatan,” ujar Kepala Disdukpencapil Tanbu, Eka Saprudin, kepada apahabar.com.

Dengan pelaksanaan sidang isbat ini, Eka Saprudin berharap dapat membantu masyarakat khususnya pasangan yang tidak tercatat nikahnya untuk mendapatkan kepemilikan administrasi kependudukan.

“Ini pasti sangat membantu mereka, sehingga dapat memperlancar urusan yang memerlukan data-data kependudukan,” terangnya.

Baca Juga: Sidang Keliling Isbat Nikah di Batola, Intip Jadwal dan Syaratnya

Peserta sidang isbat adalah pasutri yang sudah melakukan akad nikah secara siri pada 2010 ke atas, tetapi belum mendapatkan atau memiliki buku nikah.

Adapun jumlah 30 pasangan dari enam kecamatan, yakni dari Kecamatan Satui sebanyak 12 pasangan, Sungai Loban 8 pasangan, Kusan Hilir 2 pasangan, Batulicin 1 pasangan, Simpang Empat 6 pasangan dan Mantewe 1 pasangan.

Atas nama pemerintah, Bupati Sudian Noor menyambut baik dan turut berbahagia dengan dilaksanakannya kegiatan nikah terpadu itu.

Karena menurutnya, sidang isbat tersebut untuk mengesahkan pasutri yang belum mencatat pernikahannya, dan disahkan di hadapan majelis hakim pengadilan agama.

Bupati juga berharap sidang isbat nikah tidak saja membantu bagi pasangan yang belum menikah secara resmi, tetapi setelah menjadi suami istri sah secara hukum juga dapat mengurus administrasi kependudukannya, terutama dalam hal pembuatan akta kelahiran anak dan surat-surat lainnya.

“Kepada seluruh pasangan yang telah sah menjadi suami istri, kiranya dapat menciptakan kehidupan keluarga bahagia dan harmonis, karena hubungan yang harmoni dan didasari dengan rasa penuh kasih sayang, insyaallah mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT, atau terwujudnya keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah,” pungkasnya.

Baca Juga: Sudah Ribuan Pasutri di Tanbu Ikuti Sidang Isbat Nikah

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemkab Tanah Bumbu

HKN ke 56, Sudian Noor Sebut Kesehatan Gratis Masih Berjalan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tiba-tiba Bersihkan Sampah, Aksi Komunitas Sepeda Bikin Kaget Warga
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Responsif Tangani Karhutla, Sudian Noor Dapat Penghargaan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tingkatkan SDM, Puluhan Pelaku Usaha Mikro Diberikan Pelatihan Pemanfaatan IT
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Haul Haji Maming Ke 3, Ini Rute Menuju Lokasi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Menuju Tanah Bumbu Hebat (3), Infrastruktur Lebih Baik, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat 
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

5 Desa di Tanbu Sudah Bisa Layani Pembuatan KK dan Adminduk Lainnya
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dorong Pemanfaatan Sampah Organik, DLH Tanbu Inisiasi Pengadaan Biodigester ke Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com