Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri PM Mahathir

- Apahabar.com Selasa, 25 Februari 2020 - 10:15 WIB

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri PM Mahathir

PM Malaysia Mahathir Mohamad. Foto-Reuters/Issei Kato

apahabar.com, KUALA LUMPUR – Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, telah menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad sebagai sebagai Perdana Menteri Malaysia.

“Namun Raja telah menyetujui Dr Mahathir untuk terus menjalankan negara sebagai Perdana Menteri sementara sambil menunggu perdana menteri baru akan ditunjuk,” ujar Kepala Sekretaris Pemerintah, Datuk Seri Mohd Zuki Ali di Putrajaya, Senin.

“Selama periode ini, Dr Mahathir akan memimpin sampai perdana menteri baru diangkat dan sebuah kabinet baru dibentuk,” katanya dalam sebuah pernyataan pers.

Mahathir melakukan pertemuan dengan Raja Al Sultan di Istana Negara setelah ia mengumumkan mundur sebagai perdana menteri.

Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, meminta Mahathir Mohammad sebagai perdana menteri sementara sampai pemerintahan baru dibentuk.

Mahathir Mohamad secara tak terduga mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Senin (24/02), meninggalkan negara Asia Tenggara itu dalam kekacauan politik.

Pengunduran diri membuat koalisi Mahathir Mohammad (94) dengan Anwar Ibrahim (72) retak.

Padahal koalisi tersebut mencetak kemenangan mengejutkan pada pemilihan umum pada 2018.

Raja Malaysia menerima surat pengunduran diri Mahathir Mohammad setelah bertemu dengannya, ujar Kepala Sekretaris Mohd Zuki Ali dalam sebuah pernyataan.

“Namun, Yang Mulia telah memberikan persetujuannya untuk menunjuk Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri sementara, sambil menunggu penunjukan perdana menteri baru. Oleh karena itu sampai pemerintahan baru dibentuk, (Mahathir) akan mengelola urusan negara sampai seorang perdana menteri dan kabinet baru ditunjuk,”Kata Mohd Zuki.

Mahathir Mohammad mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Malaysia menyusul tuduhan bahwa dia akan membentuk kemitraan dengan partai-partai oposisi yang dikalahkannya saat Pemilu dua tahun lalu.

“Dia berpikir bahwa dia seharusnya tidak diperlakukan seperti itu, bahwa ia bekerja sama dengan orang-orang yang kami yakini korup,” ujar Anwar Ibrahim setelah bertemu Mahathir Mohammad Senin pagi.

“Ia menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak akan bekerja sama dengan orang-orang yang berhubungan dengan rezim lampau,” ujar Presiden Partai Keadilan Rakyat itu.

Tetapi tidak jelas apakah pengunduran diri itu mengakhiri posisi Mahathir Mohammad sebagai perdana menteri Malaysia sepenuhnya, karena setidaknya tiga pihak dalam koalisinya meminta Mahathir untuk tetap menjabat. Beberapa oposisi juga setuju untuk mendukungnya.

“Jika dia kembali sebagai PM, dia memiliki kebebasan untuk memilih mitranya atau yang dia ingin menjadi bagian dari kabinetnya,” kata Ibrahim Suffian, direktur jajak pendapat Merdeka.

Usai mundur dari Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad mundur dari Partai Bersatu yang ia bentuk sesaat sebelum Pemilu.(Ant)

Baca Juga: Baru Nikahi Miss Moscow, Raja Malaysia Mengundurkan Diri

Baca Juga: Perdana dalam Sejarah, Raja Malaysia Turun Takhta

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sebelum Tinjau Karhutla di Riau, Presiden Jokowi Salat Minta Hujan
apahabar.com

Nasional

KPU: Tuntutan Link Berita yang Dijadikan Alat Bukti Prabowo Tidak Berdasar
apahabar.com

Nasional

Ditolak Tetangga, Tim Medis Covid-19 Jakarta Sudah Dapat ‘Rumah’
apahabar.com

Nasional

Gubernur Papua Dievakuasi ke Jakarta, Ada Apa?
apahabar.com

Nasional

Jenguk Wiranto, Ryamizard Doakan Cepat Sembuh
apahabar.com

Nasional

Diusulkan Masuk PSN, Kalsel Jadi Pusat Pengembangan Bajakah?
apahabar.com

Nasional

Sempat Berlinang Air Mata, Anjing ‘Saksi’ Pembunuhan Keji di Bekasi Kini Diamankan
apahabar.com

Nasional

Atasi Covid-19, Pengadaan Ventilator Diperbanyak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com