Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Rangkaian HPN 2020, Wartawan Dapat Ilmu Berbisnis Dari BNI

- Apahabar.com Kamis, 6 Februari 2020 - 14:22 WIB

Rangkaian HPN 2020, Wartawan Dapat Ilmu Berbisnis Dari BNI

Pelatihan Kewirausahaan Wartawan 2020. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Puluhan wartawan dari berbagai media di Kalimantan Selatan berkesempatan menjalani Pelatihan Kewirausahaan Wartawan Rumah Kreatif BUMN Tahun 2020 di PLUT KUMKM Banjarbaru & RKB Banjarbaru, Kamis (6/2) pagi. Pelatihan ini diinisiasi oleh Panitia Hari Pers Nasional 2020 yang bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

“Tadinya kami bergerak untuk pelaku ekonomi. Kebetulan ini momennya pas sedang hari Pers. Pers juga salah satu mitranya bank, makanya kita undang,” ucap Head of Network and Service BNI wilayah Banjarmasin, Untung Rahmat Basuki kepada awak media.

Mengubah mindset bahwa wartawan selamanya hanya bekerja di lapangan sebagai penyampai informasi saja. BNI yang juga mendapat dukungan dari pemerintah Kota Banjarbaru tergerak untuk memberikan ilmu dan pengalaman di sesi sharing bersama tiga narasumber pelaku ekonomi dari Rumah Kreatif BUMN (RKB). Mereka adalah Bobby (Abba Cokelat), Narwanto (Rumah Pengarang), Nisa (Sasirangan NDF Sasirangan Bordir Hj.imay).

“Mulai saja dulu. Dengan niatan seperti inilah, kami coba kumpulkan. Tidak saja pelaku UMKM, tapi wartawan kalau sedang tidak meliput bisa coba sebagai pengusaha,” lanjut dia.

Selama ini BNI memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 6 persen. Namun menurut dia, permodalan tidak terlalu penting. Wartawan yang ingin memulai usaha disarankannya untuk fokus pada kreativitas, standarisasi dan pemasaran produk atau jasa.

Baca Juga: Momen HPN 2020, Wartawan Bakal Jajal Bus Baru Kalsel

“Yang penting prosesnya dulu. Orang akan mengulang kembali kalau ada experience yang bagus,” bebernya

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru yang diwakilkan oleh Asisten II Pemko Banjarbaru, Puspa Kencana menyambut baik pelatihan ini. Peluang usaha baru lewat UMKM diprediksinya terus muncul. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Media massa mendukung mitra kerja UMKM,” ujar Puspa.

Lewat pelatihan ini, Pemko Banjarbaru akan memfasilitasi sebagai bentuk tindak lanjut dalam sektor pembinaan. Ke depan dia berkata akan diadakan kembali forum-forum diskusi seperti hari ini.

“Nanti ada pembinaan lebih lanjut dari pemko,” tutup dia.

Baca Juga: Meriahkan Momentum HPN 2020, Disdukcapil Kalsel Layani Pembuatan KTP Elektronik

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Hipmikindo Banjarbaru Gelar Pelatihan Sasirangan di Argo Edu Park Bumi Tangi
apahabar.com

Ekbis

Indonesia Incar Pasar Australia untuk Ekspor Mobil Listrik

Ekbis

Gara-Gara Stimulus AS, Rupiah Susah Menguat

Ekbis

Ekonomi AS Picu Pelemahan Rupiah Pagi Ini
apahabar.com

Ekbis

Imbas Covid-19, Jumlah Kunjungan ke Pasar di Banjarmasin Menurun Drastis
apahabar.com

Ekbis

Klaim Keberhasilan 90 Persen, TRGD Kalsel Siap Bangun 2 Sumur Bor Tower
apahabar.com

Ekbis

Empat Jawara Dunia Games Campus League Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Asuransi Barang Milik Negara, Peluang Industri Syariah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com