Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Residivis Pembobol ATM Lintas Provinsi Dibekuk di Makassar

- Apahabar.com Sabtu, 29 Februari 2020 - 23:12 WIB

Residivis Pembobol ATM Lintas Provinsi Dibekuk di Makassar

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Kombes Pol Didik Agung Widjanarko saat rilis pengungkapan kasus pembobolan ATM di lima provinsi di Indonesia, Sabtu (29/02). Foto-Antara/Muh Hasanuddin

apahabar.com, MAKASSAR – Tim Resmob Polda Sulawesi Selatan berhasil membekuk pelaku pembobol anjungan tunai mandiri (ATM) lintas provinsi yang juga seorang residivis setelah banyaknya laporan yang diterima polisi.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Kombes Pol Didik Agung Widjanarko, mengatakan penangkapan pelaku pembobol ATM itu setelah banyaknya laporan serta adanya rekaman kamera pengintai (CCTV) dari beberapa ATM.

“Awalnya tindak kejahatan pembobolan ATM terjadi diberbagai tempat di Sulawesi Selatan kemudian setelah diinterogasi dan didalami ternyata pelaku beraksi juga dibanyak provinsi,” ujarnya, seperti dilansir Antara, Sabtu (29/02).

Ia mengatakan pelaku pembobol ATM yang juga seorang residivis di kasus yang sama itu yakni Alberandi alias Randi (26) warga Perumnas Antang Makassar.

Ibrahim Tompo menjelaskan modus yang dilakukan oleh pelaku dalam membobol ATM yakni dengan mengganjal card reader dengan menggunakan alat perekat seperti double tip.

Pelaku Randi juga mengganti nomor telepon pusat layanan (call center) yang ada pada mesin ATM dengan nomor telepon pribadinya.

“Nah ketika aksinya ini berhasil, korban kan pasti menghubungi nomor call center yang ada di mesin ATM. Ketika korban atau nasabah ini menelepon, disitulah pelaku meminta nomor PIN korbannya dan setelah itu, pelaku datang dan mengambil ATM kemudian menguras isinya,” ungkapnya.

Kombes Pol Ibrahim Tompo ini menyatakan jika aksi yang dilakukan pelaku ini semuanya terekam kamera pengintai atau CCTV dan dari hasil itu pelaku bisa diamankan.

Dari hasil interogasi juga diketahui jika pelaku ini telah beraksi sejak lama diberbagai provinsi di Indonesia di antaranya, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Bali, Kalimantan Timur (Kaltim) dan Sulsel.

Hasil koordinasi dari berbagai Polda di Indonesia itu menyebutkan jika pelaku memiliki banyak laporan polisi di Polres masing-masing daerah.

Bahkan beberapa anggota Resmob dari Polda Sulawesi Utara sudah berada di Makassar untuk koordinasi langsung sekaligus memroses setiap laporan pidana tersebut.

Untuk di Makassar sendiri itu beberapa laporan juga telah diterima oleh polres masing-masing daerah dan tidak kurang dari 19 lokasi kejadian atau tempat kejadian perkara (TKP) di antaranya di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros, Bantaeng, Parepare dan Palopo.

“Khusus di Sulsel saja itu ada 19 TKP dan pelaku ini sudah menggasak ratusan juta rupiah selama aksinya tersebut,” ucap Kombes Pol Ibrahim Tompo.(Ant)

Baca Juga: Ditangkap, WN Malaysia Pembobol ATM Pinta Kuasa Hukum

Baca Juga: Terkuak, Modus WN Malaysia Bobol ATM di Banjarmasin

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Terungkap, Motif Penusukan di Kafe Arwana Banjarmasin
apahabar.com

Hukum

Aniaya Dipo Latief, Nikita Mirzani Divonis Hukuman Percobaan
apahabar.com

Hukum

Polda Kalsel Turun Tangan Usut Kematian Pekerja Korea di Tabalong
apahabar.com

Hukum

Habib Bahar bin Smith Ditangkap Polisi Lagi, Simak Penyebabnya
apahabar.com

Hukum

Sebelum Ditangkap, Sandy Pamit Istri Mau ke Rumah Orangtuanya
apahabar.com

Hukum

Masuk Penjara Lagi, Pengacara Nilai Habib Bahar Tidak Melanggar Hukum
apahabar.com

Hukum

Pekan Ini, Kasus Pembunuhan Guru Teweh Dilimpahkan ke HSU
apahabar.com

Hukum

Tak Kapok, Dua Residivis Narkoba Bersiap Terima Tuntutan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com